... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

11 Alasan Mengapa Muslim Harus Safar

Foto: Ilustrasi Bersafar

KIBLAT.NET – Safar atau bepergian adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat seorang mengadakan sebuah perjalanan, banyak hal yang bisa ia dapatkan. Berbeda halnya dengan mereka yang hanya diam tanpa mengenal dunia di sekitarnya.

Bagi seorang Muslim, safar tentunya memiliki hikmah-hikmah tersendiri. Berbagai hal pun dapat ia lakukan meskipun ketika berada dalam sebuah perjalanan. Buah dari safar itu sendiri sangat nyata, sebagaimana penuturan Rasulullah SAW, bahwa kondisi safar memungkinkan terkabulnya doa yang ia panjatkan.

Itu bisa saja hanya jadi satu hikmah yang didapatkan. Adapun hal-hal lain yang bisa diperoleh di antaranya berikut ini:

1. Ingat! Menunaikan haji atau umrah butuh bersafar

Tempat menunaikan ibadah haji atau umrah adalah di Mekkah. Seorang Muslim harus menyiapkan dirinya untuk melalui sebuah perjalanan demi menuju ke sana. Meskipun ada yang telah bermukim di kota itu, ia tetap harus melalui beberapa kota untuk memenuhi rukun-rukun haji. Jadi, menunaikan ibadah haji tidak bisa lepas dari bersafar atau melakukan sebuah perjalanan.

2. Nabi Muhammad SAW pun memberi contoh

Dakwah Islam yang diemban oleh Rasulullah SAW tidak bisa lepas dari adanya safar. Hijrah ke berbagai tempat untuk mencari perlindungan ataupun membangun sebuah masyarakat Madani seringkali dilakukan, termasuk saat menyebarkan dakwah ke seluruh penjuru negeri.

Saat momen Isra Mi’raj pun, Rasulullah SAW juga mengalami sebuah perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.

3. Safar sebagai sebuah tradisi

Ekspansi ideologi maupun wilayah tidak lain terikat oleh sebuah perjalanan. Belum lagi dengan usaha seseorang dalam menuntut ilmu. Para ulama terdahulu seringkali memberi contoh, melakukan safar ke berbagai daerah demi mendapatkan ilmu atau sebuah hadits. Imam Bukhari telah mengadakan perjalanan mencari hadits hingga wilayah Asia barat.

BACA JUGA  Menyikapi Corona: Antara Aqidah, Fiqih dan Adab

Demikian pula kisah perjalanan mencari maklumat yang diadakan oleh Nabi Musa bersama Nabi Khidir.

4. Safar untuk meningkatkan ruhiyah

Mengadakan sebuah perjalanan ke sebuah wilayah atau mengembara, membuat seorang Muslim mengetahui hakekat dari dunia yang fana. Ia dapat merasakan pengalaman-pengalaman yang berbeda dari saat ia hanya berdiam diri di tempatnya. Ia akan mengetahui dunia ini begitu luas, dengan segala hakekatnya. Hal tersebut dapat membuatnya ingat kepada Sang Pencipta, bahwa dunia ini tidak hadir dengan sendirinya. Dan, akan ada kehidupan lain dari dunia ini setelah semuanya sirna, yaitu kehidupan akhirat nan abadi.

5. Menambah kecintaan terhadap Allah SWT

Dengan melakukan safar, seorang Muslim dapat lebih mengenal Sang Maha Kuasa dengan segala ciptaan-Nya. Terlebih saat dirinya melakukan perjalanan ke tempat-tempat bernuansa alam, semisal gunung, laut, bukit, danau, gurun, dan semisalnya. Dari sini ia tentunya dapat senantiasa berucap “Subhanallah”, Maha Suci Allah yang telah menciptakan alam semesta ini.

6. Menambah Wawasan

Di zaman teknologi seperti saat ini, seseorang mungkin dapat melihat segala hal tanpa mendatanginya. Meski demikian, lain halnya jika seseorang secara langsung datang ke tempat yang dilihatnya selain melihatnya via gambar atau video.

Hal-hal baru pastinya akan ia temukan ketika ia melihat secara langsung. Pengetahuan terhadap sesuatu pastinya akan bertambah. Selain itu, memberi kesadaran bahwa pengetahuan kita atas apa yang kita lihat berbeda jauh dari apa yang terjadi sebenarnya.

7. Semakin mengenal diri sendiri

Cobalah bertanya kepada seseorang yang melakukan safar sendirian. Suatu saat pastinya ia akan mendapati dirinya merasa benar-benar berada dalam sebuah kesendirian.

Saat hal itu terjadi, ia akan merasakan bahwa di kehidupan kelak hal itu pasti akan menjadi kenyataan. Dimana ia akan mempertanggungjawabkan amal perbuatannya sendirian di hadapan Sang Ilahi. Tidak ada yang dapat menjamin dirinya kecuali dirinya sendiri beserta amal perbuatannya.

BACA JUGA  10 Pelajaran Hidup dari Wabah Covid-19

8. Mendapatkan pengalaman yang baru

Dunia adalah tempat yang luas dengan segala keistimewaannya. Saat seseorang berpetualang ke sebuah tempat, ia akan merasakan perbedaan dari apa yang sebelumnya ia bayangkan.

Saat berada di puncak gunung, ia akan mendapatkan sensasi menikmati sunset yang berkilauan. Ketika ia berlayar, ia akan merasakan secara langsung luas dan dalamnya lautan. Begitu pula saat ia merasakan tempat-tempat lainnya.

9. Menghargai apapun yang dimiliki dan bersyukur atasnya (qana’ah)

Sesuatu hal akan menjadi nikmat saat hilang dari hadapannya. Ketika melakukan sebuah perjalanan, kenikmatan yang ia dapatkan saat bermukim tentunya akan hilang sejenak.

Sepulang dari perjalanan, hal itu baru akan dapat ia nikmati kembali. Di situlah kenikmatan akan lebih terasa. Bahwa apa saja yang telah dimiliki sebelumnya, adalah sebuah kenikmatan luar biasa yang jarang disadari.

10. Meningkatkan rasa solidaritas terhadap sesama

Saat berkunjung ke wilayah-wilayah yang sedang tertimpa bencana, secara tidak langsung seseorang akan merasakan kepedihan penduduk yang berada dalam wilayah tersebut. Hal itu tentunya membuat diri seorang Muslim iba, terketuk hatinya untuk membantu sesama. Selain itu, menyadarkan dirinya bahwa mungkin saja musibah yang pernah ia terima, jauh lebih ringan dari apa yang dirasakan saudaranya.

11. Mengetahui sejarah peradaban Islam

Banyak sekali tempat-tempat bersejarah peninggalan masyarakat Muslim dahulu kala. Dengan berkunjung ke tempat-tempat itu, seseorang akan mendapati pengetahuan lebih tentang hal itu serta bisa merasakan hakekat yang ada di dalamnya. Hal tersebut menjadi sebuah pembelajaran bagi dirinya, selain menambah pengetahuan akan sejarah Islam di zamannya. Mengenang sejarah itu sendiri adalah bagian dari proses meningkatkan keimanan yang ada dalam jiwa seorang Muslim.

Sumber: Ilmfeed
Penulis: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

DPO Anggota Santoso Dihimbau Menyerahkan Diri, Begini Janji Polisi

KIBLAT.NET, Poso – Satuan Tugas Operasi Tinombala 2016 pada Jum’at (20/05) melalui Polres Poso menyebarkan maklumat...

Sabtu, 21/05/2016 12:31 0

Rohah

Gambaran Kengerian dalam Hati Orang Kafir

“(Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat, ‘Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang...

Sabtu, 21/05/2016 11:21 0

Indonesia

Cabut Ribuan Perda Miras, Pemerintah Ingin Miras Tak Dilarang Semuanya

KIBLAT.NET, Jakarta  – Kementerian Dalam Negeri akan mencabut 3.266 peraturan daerah yang dianggap menghambat investasi...

Sabtu, 21/05/2016 11:13 0

Indonesia

Aliran Sesat Resahkan Warga Depok, Begini Ajarannya

KIBLAT.NET, Depok – Warga Depok dihebohkan dengan ajaran sesat yang disebut dengan aliran Amanah Keagungan...

Sabtu, 21/05/2016 10:42 0

Konsultasi

Setelah Menjamak Taqdim Shalat Maghrib dan Isya’, Bolehkah Langsung Melaksanakan Shalat Sunnah Witir Setelahnya?

KIBLAT.NET – Para ulama berbeda pendapat tentang shalat witir apabila shalat maghrib dan isya dijamak...

Sabtu, 21/05/2016 10:01 0

Rusia

Rusia Ajak AS Serang Oposisi Suriah yang “Tidak Taat”

KIBLAT.NET, Moskow – Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, Jumat (20/05), menyampaikan bahwa negaranya mengajak koalisi...

Sabtu, 21/05/2016 09:30 0

Indonesia

Sidang MKD Ruhut Sitompol Akan Digelar Tertutup

KIBLAT.NET, JAKARTA – Ruhut Sitompul akan segera dihadapkan sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pada Selasa...

Sabtu, 21/05/2016 08:48 0

Suriah

Hasan Nasrallah Akan Tambah Pasukan di Suriah

KIBLAT.NET, Beirut – Pemimpin Organisasi Teroris Syiah Hizbullah Lebanon, Hasan Nasrallah, Jumat (20/05), kembali menegaskan...

Sabtu, 21/05/2016 07:50 0

Wilayah Lain

Bantu Korea Utara, Rusia Kirim 2.300 Ton Lebih Bahan Pangan

KIBLAT.NET, Pyongyang – Rusia mengumumkan bahwa pihaknya telah mengirimkan bantuan pangan ke Korea Utara. Terbaru,...

Jum'at, 20/05/2016 23:55 0

Wilayah Lain

Belasan Ledakan Guncang Pangkalan Militer AS di Korea Selatan

KIBLAT.NET, Seoul – Pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan diguncang sejumlah ledakan pada Kamis...

Jum'at, 20/05/2016 23:30 0

Close