... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dinilai Sering Beropini tentang Kasus Siyono, Anggota Komisi III: Kadiv Humas Seharusnya Dipecat

Foto: Aboe Bakar Al-Habsyi

KIBLAT.NET, Jakarta – Terkait kasus kematian Siyono, Komisi III DPR RI pada Selasa siang (12/04) mengadakan sidang tertutup dengan mengundang PP Muhammadiyah, Komnas HAM dan KontraS. Sejumlah hal terkait kasus Siyono dan yang serupa diutarakan oleh masing-masing lembaga kepada Komisi III DPR. Mulai dari alur penangkapan, kematiannya yang ganjil, autopsi hingga pernyataan yang dikeluarkan Kadiv Humas Polri

Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak di hadapan anggota Komisi III menyayangkan pernyataan Kadiv Humas Irjen Pol Anton Charliyan yang dinilai sering beropini di hadapan publik. Padahal Kadiv Humas sendiri dengan keras melarang siapa pun beropini tentang kasus kematian Almarhum Siyono.

“Kami menyayangkan opini macam-macam yang muncul dari Kadiv Humas. Misalnya kami mencatat ‘Siapa pun yang membela teroris berarti ia pro-teroris’. Itu dialamatkan kepada pembela Siyono oleh Kadiv Humas,” tuturnya.

Dahnil melanjutkan, “Padahal sejak awal Kadiv Humas mengatakan jangan beropini. Tetapi beliau sendiri itu justru beropini.”

Selain itu, Dahnil juga menyinggung pernyataannya yang mengatakan bahwa “ada yang menunggangi Muhammdiyah dan ada yang mengadu domba Muhammadiyah”. Ia mengaku sedih mendengar statement seperti itu. Padahal selama ini ia mengaku hanya berusaha mencari keadilan untuk Suratmi isteri almarhum Siyono.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III Habib Aboe Bakar Al-Habsy dalam sidang tersebut mengingat jangan mudah termakan isu yang disampaikan oleh Kadiv Humas Polri. Bahkan dengan nada yang tinggi anggota dari faksi PKS tersebut mengusulkan kepada Desmon J Mahesa selaku pimpinan sidang agar Kadiv Humas Irjen Pol Anton Charliyan dipecat.

BACA JUGA  Kemenag: Diperlukan Khutbah Jumat yang Relevan dengan Perkembangan Zaman

“Saya usulkan kepada pak Desmon, agar BNPT menceritakan apa yang terjadi sebenarnya. Supaya kita ini tidak gelap. Jangan hanya dimakan isu. Kalau model Kadiv Humas seperti itu, seharusnya dipecat,” tegasnya.

Menurut Habib, sangat ambigu apabila seorang yang menjabat sebagai Kadiv Humas Polri tidak mempunyai kosa kata yang bagus di hadapan publik.

“Tidak pantas jadi Kadiv Humas kayak gitu, bintang dua lagi. Tidak mempunyai kosa kata yang bagus. Cara membahasakannya ke publik saja sudah salah,” tegasnya.

Al-Habsy juga melihat statement Kadiv Humas ini terlalu dibesar-besarkan di depan publik. Sementara itu menurutnya, isu seperti ini akan melahirkan pengertian secara umum bahwa semua yang ikut membela kasus seperti Siyono akan diklaim sebagai teroris.

“Saya telah melihat hal-hal semacam ini, dan jangan dibesar-besarkan ke luar. Nanti kita justru akan melihat KontraS dibilang sebagai teroris, Komnas HAM juga teroris, semuanya teroris, bahkan Komisi III juga jadi teroris. Lucu dong,” tandasnya.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Anak Telantar, Korban Kemiskinan Sistemik

KIBLAT.NET – Kasus kemiskinan ternyata tak hanya memberikan kontribusi dalam bertambahnya angka pengangguran dan kasus...

Selasa, 12/04/2016 17:30 0

Philipina

Buru Kelompok Abu Sayyaf, Filipina Kerahkan Regu Elite Tambahan 

KIBLAT.NET, Manila – Angkatan Bersenjata Filipina kembali mengerahkan pasukan anti-teror tambahan untuk memburu kelompok Abu...

Selasa, 12/04/2016 17:00 0

Munaqosyah

Ulil Amri yang Wajib Ditaati

KIBLAT.NET – Belakangan ini, tema ulil amri kembali hangat diperbincangkan di sosial media. Meski sudah...

Selasa, 12/04/2016 16:30 5

Suriah

Suriah dan Rusia Rencanakan Pertempuran Besar di Aleppo

KIBLAT.NET, Damaskus – Perdana Menteri Suriah Wail Al-Halqi, Ahad lalu (10/04), mengatakan bahwa militernya dan...

Selasa, 12/04/2016 13:30 0

Rusia

Rusia: Jabhah Nusrah Kerahkan Puluhan Ribu Pasukan ke Aleppo

KIBLAT.NET, Damaskus – Kepala Staf Umum Militer Rusia, Letnan Jenderal Sergei Rudskoy, mengatakan bahwa Jabhah...

Selasa, 12/04/2016 13:00 0

Iran

Iran Terima Sistem Rudal Jarak Jauh S-300 dari Rusia

KIBLAT.NET, Teheran – Kementerian Luar Negeri Iran mengkonfirmasikan bahwa pihaknya telah menerima sistem rudal jarak...

Selasa, 12/04/2016 12:00 0

Irak

PBB: Darurat Pangan Landa Warga Sipil di Falujah

KIBLAT.NET, Anbar – Program Pangan Dunia PBB mengkhawatirkan nasib 60.000 warga sipil di Fallujah. Sejak...

Selasa, 12/04/2016 11:30 0

Palestina

HRW: Kekerasan Polisi Israel terhadap Anak-Anak Palestina Meningkat

KIBLAT.NET, Yerusalem – Kelompok Hak Asasi Manusia terkemuka menyatakan bahwa polisi Israel kini serang kali...

Selasa, 12/04/2016 11:00 0

Afrika

Somalia Eksekusi Mantan Wartawan Al-Shabab

KIBLAT.NET, Mogadishu – Pemerintah Somalia mengeksekusi seorang mantan wartawan Gerakan Al-Shabab Mujahidin. Dia divonis mati...

Selasa, 12/04/2016 10:00 0

Rusia

Bom Guncang Pinggiran Rusia

KIBLAT.NET, Moskow – Tiga pelaku pembom bunuh diri melancarkan aksinya di sebuah desa di wilayah...

Selasa, 12/04/2016 09:30 0

Close
CLOSE
CLOSE