Panggil Kapolri Pekan Depan, Komisi III Harapkan Kadensus juga Dihadirkan

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi III DPR akan memanggil dan meminta penjelasan dari Kapolri terkait kematian Siyono. Kepala Detasemen Khusus Antiteror (Densus) 88 diminta turut hadir dalam acara tersebut.

“Saudara Kapolri pada hari Rabu atau Kamis minggu depan harus menghadirkan juga pihak Kadensus,” kata anggota Komisi III DPR RI Junimart Girsang di Gedung Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (06/04).

“Supaya Kadensus juga bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana sebenarnya fakta yang ada di lapangan,” imbuhnya.

Menurut politisi PDIP itu penjelasan Kapolri dan Densus 88 sangat diperlukan. Pasalnya berita terkait kematian Siyono saat diperksa Densus 88 telah tersebar kemana-mana.

Junimart menambahkan bahwa kematian pria asal Klaten itu menjadi bahan berita yang tidak mengenakkan. “Bahkan media itu setiap hari memuat berita tentang Siyono ini,” ujarnya.

“Saudara Kapolri berikut Kadensus memberikan penjelasan sekaligus klarifikasi agar masyarakat juga tahu,” tandasnya.

Seperti diketahui, Siyono ditangkap oleh Densus 88 dalam keadaan sehat wal afiat sebagai terduga teroris. Selang tiga hari kemudian pria asal Klaten itu dipulangkan dalam kondisi tak bernyawa.

Tim independen dari Komnas HAM dan Muhammadiyah telah melakukan autopsi terhadap jasad Siyono. Proses pemeriksaan hasil autopsi diperkirakan memakan waktu 7 sampai 10 hari.

Reporter: Imam S.
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat