... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Surga Tempat Tinggal Nabi Adam AS, Makna Sebenarnya ataukah Kiasan?

Foto: Surga

KIBLAT.NET – Dalam sebuah ayat, Allah ta’ala berfirman:

وَقُلْنَا يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلا مِنْهَا رَغَداً حَيْثُ شِئْتُمَا وَلا تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الظَّالِمِينَ

“Dan Kami berfirman kepada Adam, ‘Berdiamlah kamu dan istrimu di dalam surga, dan makanlah darinya dengan sebanyak-banyaknya dari apa saja yang kamu berdua sukai, tetapi jangan sekali-kali kamu mendekati pohon ini; karena (kalau kamu mendekatinya) kamu akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Baqarah: 35).

Membaca ayat di atas sebagian ulama ada yang berbeda pendapat tentang surga yang dimaksud ayat tersebut, apakah ia hanya bentuk kiasan yaitu berupa surga di dunia ataukah memang surga yang kekal di akhirat kelak?

Ibnul Qayyim serta ulama yang lainnya telah menyebutkan beberapa pendapat ulama mengenai surga yang ditempati oleh Nabi Adam dan istrinya, Hawa. Dalam hal ini, mayoritas ulama menyimpulkan bahwa pendapat yang benar bahwa surga yang ditempati Nabi Adam itu adalah surga yang kekal di akhirat kelak. Allah ta’ala menempatkannya di dalam surga yang abadi.

Para ahli tafsir berkata, “Adam AS merasakan keterasingan, karena dia tidak ditemani oleh seorang pun. Maka, dia duduk termenung seorang diri. Lalu dia menoleh, kalau saja ada orang yang bersedia duduk-duduk bersamanya, akan tetapi siapakah yang akan duduk bersamanya?!”

BACA JUGA  Memahami New Normal ala Pak Jokowi

Para malaikat mempunyai komunitas tersendiri. Bangsa jin juga mempunyai komunitas tersendiri. Sementara Adam menginginkan kalau teman duduknya itu adalah orang yang sebangsa dengannya. Ketika Adam merasakan keterasingan dirinya, Allah pun menidurkannya. Dan Allah mengambil Hawa dari tulang rusuknya yang sebelah kiri. Demikianlah penjelasan para ahli tafsir, yang di antaranya adalah Ibnu Katsir.

Allah ta’ala menciptakan Hawa. Dan setelah terbangun dari tidurnya, Adam AS menoleh kepadanya, maka dia melihat Hawa berada di sampingnya, lalu dia mengetahui bahwa dia adalah istrinya hingga dia merasa nyaman dan tenteram berada di sisinya. Allah ta’ala berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚإِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan Allah ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. Dan Dia menjadikan rasa kasih dan sayang di antara kamu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (Ar-Rûm: 21)

Pendapat ini dikuatkan juga oleh beberapa hadits dari Nabi SAW,  di antaranya adalah hadits shahih yang diriwayatkan oleh sahabat Hudzaifah radhiallahu ‘anhu, ia berkata:

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda, “Allah tabaraka wata’ala akan mengumpulkan manusia, kemudian ketika surga telah didekatkan, maka kaum mukminun akan bangkit, dan mendatangi Nabi Adam alaihissalam, kemudian mereka akan berkata kepadanya: ‘Wahai bapak kami, mohonlah agar surga segera dibukakan untuk kami.’ Maka beliau menjawab: ‘Tidaklah ada yang mengeluarkan kamu dari surga, melainkan kesalahan bapakmu Adam?” (HR. Muslim)

BACA JUGA  BPJS dan Model Pemiskinan Masyarakat

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa surga yang pernah ditempatkan Nabi Adam di dalamnya adalah surga yang kelak akan ditempati oleh orang-orang beriman. Wallahu a’lam bis shawab!

Penulis: Fahrudin


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

ICAF: Pemberitaan Terorisme Seringkali Dikaitkan dengan Aktivitas Keislaman

KIBLAT.NET, Jakarta – Diantara maklumat Dewan Pers terkait pemberitaan adalah tidak mengaitkan sebuah kejadian dengan agama...

Rabu, 23/03/2016 10:15 0

Amerika

10 Kata Kunci yang Sering Digunakan untuk Melihat Konflik Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Mesin pencari terbesar di dunia maya, Google, mengungkap kata kunci yang sering...

Rabu, 23/03/2016 10:00 0

Suriah

Rezim Assad Meningkatkan Blokade di Sejumlah Wilayah Suriah

KIBLAT.NET, Jenewa – Pihak oposisi Suriah mengabarkan bahwa rezim Assad kembali meluncurkan pengepungan baru di...

Rabu, 23/03/2016 09:30 0

Belanda

Eropa dan AS Panik Pasca Serangan di Brussels

KIBLAT.NET, Brussels – Pasca ledakan yang mengguncang ibukota Belgia, Brussels, Selasa (22/03), negara-negara Eropa dan...

Rabu, 23/03/2016 08:41 0

Indonesia

Pengamat: Program Deradikalisasi BNPT Justru Mendorong Radikalisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Koordinator Indonesian Crime Analyst Forum (ICAF) Mustofa B. Nahrawardaya melihat ada beberapa...

Rabu, 23/03/2016 08:00 1

Indonesia

Aturan Hate Speech Rawan Menimbulkan Ketidakadilan

KIBLAT.NET, Jakarta – Surat Edaran Hate Speech yang beberapa waktu lalu dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal...

Rabu, 23/03/2016 07:00 0

Yaman

Yahudi Yaman Barangsur-angsur Dipindahkan ke Israel

KIBLAT.NET, Sana’a – Pemerintah Israel rupanya diam-diam telah melakukan imigrasi Yahudi dari beberapa negara di...

Rabu, 23/03/2016 06:30 0

Suriah

Delegasi Suriah Enggan Bicarakan Nasib Assad di Jenewa, Oposisi Geram

KIBLAT.NET, Jenewa –  Perundingan Jenewa yang sudah berlangsung sepekan lebih, delegasi Pemerintah Suriah tetap bersikeras...

Selasa, 22/03/2016 20:00 0

Eropa

3 Ledakan Guncang Ibukota Belgia, Sedikitnya 13 Tewas

KIBLAT.NET, Jakarta – Tiga buah ledakan mengguncang ibukota Belgia, Brussels, Selasa (22/03). Kantor berita milik...

Selasa, 22/03/2016 19:45 0

Indonesia

MIUMI: Densus 88 Seringkali Melewati Batas, Lebih Baik Bubarkan Saja

KIBLAT.NET, Jakarta – Desakan pembubaran Densus 88 muncul di berbagai daerah menyusul meninggalnya Siyono saat...

Selasa, 22/03/2016 19:30 0

Close