... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AQAP Gelar Aksi Damai Pertemuan Umum di Mukalla Yaman

KIBLAT.NET – Sebuah kelompok media yang dikelola mujahidin AQAP merilis puluhan foto terbaru dari kota Mukalla, ibukota propinsi Hadramaut di bagian timur Yaman. Kota Mukalla jatuh ke tangan AQAP pada awal bulan April 2015 yang lalu. Foto-foto yang dirilis menunjukkan para jihadis mengorganisir sebuah pertemuan umum atau demo besar-besaran yang mereka manfaatkan sebagai ajang rekrutmen.

Seperti dalam laporan TLWJ sebelumnya, AQAP membuka akun Twitter baru untuk agen berita Al Ather pada bulan Januari. Melalui akun ini AQAP mempromosikan model pemerintahan yang diselenggarakan oleh Ansharus Syariah, penerapan dan penegakan hukum (Syariat Islam), serta berbagai aktifitas lainnya di wilayah yang telah dikuasai kelompok jihadis itu sejak setahun yang lalu.

Ansharus Syariah merupakan sebuah nama generik yang digunakan AQAP untuk sosialisasi visi dan tujuan-tujuan organisasi cabang al-Qaidah tersebut kepada khalayak warga lokal. Dengan mencitrakan diri mereka sebagai pembela hukum Syariah, para pemimpin AQAP beserta anggota-anggotanya berharap akan bisa menarik lebih banyak Muslim untuk bergabung dan berjuang bersama mereka.

Pada tanggal 23 Januari, agen berita Al Ather mulai mempublikasikan foto-foto dan video berbagai program & agenda positif Ansharus Syariah. Sejak itu pula, sayap propaganda AQAP ini terus memproduksi konten yang secara teknis berkualitas tinggi, termasuk dokumentasi kegiatan perkumpulan massa di Mukalla.

Dalam foto terlihat kota Mukallah yang seolah tidak mencerminkan sebuah kota di negara termiskin yang dilanda perang, seperti Yaman. Gedung-gedung masih terlihat bagus lengkap dengan sistem penerangan termasuk lampu-lampu kota di sepanjang sungai yang membelah kota Mukallah, tidak kalah dengan sungai Seine di Paris maupun sungai Ontores di Hatay. Sebuah panggung tertata apik dengan pencahayaan dan dekorasi yang baik, termasuk penggunaan sarana sistem pengeras suara, layar lebar dan peralatan digital lainnya.

BACA JUGA  Bentrok Bersenjata Meletus di Dekat Istana Presiden Yaman

Para warga yang mayoritas pemuda dan remaja terlihat antusias mengikuti jalannya acara. Sebagian atau mayoritas mengenakan pakaian tradisional sejenis sarung dan membaur dengan warga lainnya menghadap ke arah panggung yang juga menyediakan stand-stand dakwah dan juga doorprize.

Yang menarik, sebuah entitas politik biasanya menawarkan janji-janji kesejahteraan, investasi asing, maupun pembangunan infrastruktur kepada para konstituen mereka. Namun, di Mukalla AQAP menawarkan “janji” pembebasan Al Aqsa yang notabene berkonskuensi pengorbanan daripada kenyamanan hidup. Namun itulah barangkali perbedaannya antara generasi Muslim yang hidup dan bebas dari hegemoni Amerika dengan mereka yang hidup di negara-negara di bawah pengaruh Amerika.

Selama ini banyak yang menganggap al-Qaidah sebagai sebuah organisasi teroris yang secara sempit hanya memfokuskan diri pada serangan-serangan terhadap target berprofil tinggi di negara-negara Barat. Tetapi, sebagaimana ISIS juga, al-Qaidah ternyata lebih dari sekedar kelompok teroris. Cabang-cabang regional al-Qaidah diketahui juga banyak memfokuskan aktifitas mereka dengan melancarkan insurjensi/pemberontakan berbasis dukungan masyarakat di Afrika dan Timur Tengah. Dan mereka perlu membangun dukungan masyarakat luas untuk bisa meraih tujuan-tujuan tersebut.

Foto-foto yang dirilis seperti yang di Mukallah tersebut saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Acara dan kegiatan sejenis sudah sering diselenggarakan di Libya, Suriah, dan banyak tempat lainnya. Tujuan al-Qaidah adalah menanamkan ideologi Islamis-Jihadis di tengah-tengah masyarakat luas. Mereka memanfaatkan berbagai kesempatan seperti yang terjadi di Mukallah itu untuk meyakinkan dan memberikan pencerahan kepada sebuah generasi baru Muslim yang merepresentasikan diri mereka sendiri sebagai Muslim dan Islam.

BACA JUGA  Bentrokan Bersenjata di Ibukota Darurat Yaman Meluas

Tentu saja, mayoritas Muslim yang hidup di negara-negara di bawah hegemoni Amerika banyak yang tidak setuju. Namun AQAP sebagai salah satu pioneer agen perubahan sedang bereksperimen memanfaatkan model embrio negara barunya di selatan Yaman untuk membangkitkan satu generasi baru pejuang mujahidin yang akan mendukung perjuangan mereka (al-Qaidah). Inilah satu alasan mengapa Barat dan negara-negara sekutunya terlibat dalam sebuah perang yang panjang, yang mereka sendiri sering gagal memahaminya.

Agen berita Al Ather merilis 30 foto/gambar dokumentasi acara di Mukallah yang berlangsung selama 2 hari di awal bulan ini. Dua foto di antaranya memperlihatkan seorang veteran al-Qaidah yang baru saja bebas dari penjara Yaman setahun yang lalu, yaitu Khalid al-Batarfi. Al-Batarfi tampil sebagai narasumber dan terlihat dirinya berbicara di depan publik melalui layar lebar. Sejumlah spanduk termasuk spanduk yang dipasang di panggung utama terlihat bertuliskan “Yaa Aqsa, Kami datang”, merujuk kepada Yerussalem di Palestina. Dan memang, di antara visi utama kelompok-kelompok jihadis seluruh dunia bermuara pada pembebasan Masjidil Aqsa di Yerussalem, Palestina.

 

Penulis: Yasin Muslim
Sumber: The Long War Journal

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dinilai Tak Jelas, ICT Watch Usul Pasal Pencemaran Nama Baik Dihapus

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Eksekutif  Information and Communication Technology (ICT) Watch, Donny B.U, menilai pasal...

Selasa, 22/03/2016 15:58 0

Indonesia

MIUMI Kutuk Tindakan Densus Hilangkan Nyawa Siyono

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) mengutuk tindakan yang dilakukan Densus...

Selasa, 22/03/2016 15:13 0

Rohah

Hanyutnya 50.000 Hadits

KIBLAT.NET – Para ulama salaf memang terkenal dengan kewara’annya. Mereka enggan memasukkan barang-barang syubhat atau...

Selasa, 22/03/2016 14:59 0

Indonesia

Komnas HAM Investigasi Kasus Terbunuhnya Siyono

KIBLAT.NET, Jakarta – Tim Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI kini tengah melakukan...

Selasa, 22/03/2016 14:30 0

Wilayah Lain

Kuwait Usir Simpatisan Organisasi Teroris Hizbullah Lebanon

KIBLAT.NET, Kuwait – Pihak berwenang Kuwait mendeportasi sebanyak 11 warga asing yang menetap di negaranya...

Selasa, 22/03/2016 13:41 1

Video Kajian

Tabligh: Kenapa Kita Harus Menuntut Ilmu? [Ust. Akhlis Marzuki, S.Pd.I]

KIBLAT.NET- Sungguh kebahagiaan bagi seseorang yang berilmu, karena Rosulullah SAW telah mengingatkan : “Barang siapa...

Selasa, 22/03/2016 08:45 0

Indonesia

Keluarga Ungkap Kejanggalan-Kejanggalan dalam Proses Penahanan Kuswanto

KIBLAT.NET, Pamulang – Korban salah tangkap oleh Densus 88 di Pamulang mengalami proses penangkapan yang...

Senin, 21/03/2016 18:30 0

Indonesia

Walikota Banjar: LSM yang Didanai Asing untuk Kampanye LGBT Akan Saya Tindak Tegas

KIBLAT.NET, Banjar – “Kalau sampai ditemukan bukti ada LSM yang didanai asing untuk kampanye LGBT...

Senin, 21/03/2016 18:00 0

Turki

Erdogan Tuntut Agar Bashar Assad Diadili

KIBLAT.NET, Ankara – Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan menyerukan pihak internasional untuk mengadili Bashar Assad...

Senin, 21/03/2016 17:30 0

Indonesia

Kapolda Sulteng: Ketigabelas Korban Heli Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

KIBLAT.NET, Poso – Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriyadi dalam konferensi persnya di Bandara Kasiguncu Poso...

Senin, 21/03/2016 17:17 0

Close