... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS: Operasi Rusia di Suriah Masih Berlanjut

Foto: Militer Rusia

KIBLAT.NET, Washington – Seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat membenarkan bahwa mayoritas jet tempur Rusia telah meninggalkan Suriah. Namun, sejumlah tembakan arliteri dari tentara Moskow masih masif di Suriah, guna mendukung rezim Assad.

Kolonel Pat Ryder mengatakan kepada wartawan di Florida, pihaknya telah melihat bagaimana sejumlah jet tempur Rusia mulai meninggalkan Suriah, dan belum terlihat adanya serangan udara dari angkatan bersenjata Moskow di Suriah pada minggu terakhir ini.

“Kami telah melihat bagaimana mayoritas (tidak semua) pesawat tempur Rusia telah meninggalkan wilayah Suriah. Kami juga belum melihat adanya serangan udara Rusia pada minggu terakhir ini,” katanya melalui teleconference dari kantor pusat Centcom di Tempa.

Walau telah menarik beberapa jet tempur, rupanya Vladimir Putin masih menempatkan sejumlah helikopter dan pesawat transportasi di wilayah Suriah. Selain itu, tentara Rusia juga masih menembakkan arliteri mereka guna mendukung rezim Bashar al-Assad.

Sebelumnya, Vladimir Putin mengumumkan akan menarik sebagian pasukannya dari wilayah Suriah setelah melakukan perbincangan dengan Bashar al-Assad melalui telepon.

“Presiden Rusia mengumumkan bahwa tugas utama yang diperlukan angkatan bersenjata sudah selesai. Semua pihak setuju penarikan dalam jumlah besar pasukan udara Rusia,” ungkap pernyataan pemerintah Rusia.

Pernyataan serupa juga dikeluarkan oleh pemerintah Suriah. Dalam pernyataan itu, pemerintah Suriah mengumumkan bahwa pihaknya dan Rusia sepakat mengurangi keberadaan pasukan udara Rusia di Suriah.

BACA JUGA  Putin Kunjungi Assad di Tengah "Perang" AS-Iran

Selang sehari setelahnya, dua jet tempur Rusia (Tupolev 154 dan Sukhoi 34) mulai mengudara dan meninggalkan wilayah Suriah dari pangkalan udara Hmeimim yang terletak di Latakia.

“Masing-masing kelompok terdiri dari pemimpin, jet militer (Tupolev-154 dan Ilyusin-76) yang membawa personil teknik, aset material dan peralatan. Dan akan diikuti oleh berbagai jenis jet Rusia lainnya,” ungkap Kementerian Pertahanan Rusia.

Akan tetapi, pemerintahan Moskow masih mempertahankan sistem rudal S-400 di Suriah guna menjaga rezim Assad, termasuk bila ada serangan udara dari pihak musuh mereka di Suriah.

“Dalam rangka untuk menjamin keamanan yang ada, termasuk bila ada serangan udara. Sistem pertahanan udara yang paling canggih ini masih diperlukan,” papar Staf Kepala Pemerintahan Kremlin, Sergei Ivanov.

Guna melindungi rezim Assad di Suriah, Vladimir Putin memaparkan bahwa kementerian pertahanan Moskow telah menghabiskan dana 33 miliar rubel atau $484 juta untuk membiayai operasi militer di Suriah.

“Operasi militer di Suriah tentu saja memerlukan pengeluaran tertentu. Kementerian pertahanan mengeluarkan sekitar 33 miliar rubel, termasuk dalam anggaran kementerian tahun 2015 tentang latihan militer,” pungkasnya.

Sumber: dailysabah.com
Penulis: Dio Alifullah

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Umat Islam Surabaya Juga Desak Pembubaran Densus 88

KIBLAT.NET, Surabaya – Ratusan orang dari berbagai elemen umat Islam melakukan aksi unjuk rasa menuntut...

Jum'at, 18/03/2016 17:38 1

Indonesia

MUI Aktifkan Kembali Tim Penanggulangan Terorisme

KIBLAT.NET, Bandung – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengaktifkan kembali peran dari Tim Penanggulangan Terorisme (TPT)...

Jum'at, 18/03/2016 17:31 0

Indonesia

IPW: Kompolnas Harus Turun Tangan dalam Kasus Siyono

KIBLAT.NET, Jakarta – Kematian Siyono saat pemeriksaan oleh Densus 88 menjadi kontroversi. Pasalnya, Polri memberikan...

Jum'at, 18/03/2016 16:30 0

Rohah

Azan Bilal dan Air Mata Syam

KIBLAT.NET – Diriwayatkan bahwa Bilal  tidak pernah menjadi muazin untuk siapa pun setelah wafatnya Rasulullah....

Jum'at, 18/03/2016 15:29 0

Foto

Aksi Umat Islam Geruduk Mapolresta Surakarta Tuntut Pembubaran Densus 88 Diiringi Gerimis

KIBLAT.NET – Meskipun gerimis mengguyur kota Surakarta, ratusan umat Islam tetap menggelar aksi demonstrasi yang menuntut pembubaran...

Jum'at, 18/03/2016 15:00 0

Indonesia

Umat Islam Solo Kembali Turun ke Jalan Tuntut Pembubaran Densus 88

KIBLAT.NET, Solo – Ratusan umat islam se-Solo raya hari ini (Jumat, 18/03), kembali menggelar aksi...

Jum'at, 18/03/2016 14:34 0

Opini

Antara Siyono, Syiah dan PKI

KIBLAT.NET – Tragedi yang menimpa Siyono, belum lama ini, begitu mengharu biru rasa kemanusiaan kita....

Jum'at, 18/03/2016 14:16 0

Indonesia

Mahasiswa Yogyakarta Gelar Aksi Desak Pembubaran Densus 88

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Kasus pembunuhan terhadap Siyono, seorang warga Klaten dalam pemeriksaan Densus 88 beberapa hari yang...

Jum'at, 18/03/2016 14:15 0

Indonesia

Jenazah Ponda Akhirnya Pulang dan Dimakamkan di Solo

KIBLAT.NET, Solo – Jenazah Ponda alias Dodo alias Fonda Amar Salihin akhirnya telah dipulangkan dan dimakamkan hari...

Jum'at, 18/03/2016 13:55 1

Indonesia

KPAI Menilai Aksi Densus 88 di Depan Anak-Anak Menimbulkan Trauma

KIBLAT.NET, Jakarta – Semua aktivitas penegakan hukum harus mempertimbangkan seluruh aspek, termasuk aspek terbaik bagi...

Jum'at, 18/03/2016 11:30 0

Close