Ribuan Warga Poso Ikuti Shalat Gerhana di Sejumlah Masjid

KIBLAT.NET, Poso – Ribuan warga Poso pada Rabu, (09/03) mengadakan shalat gerhana secara serentak di beberapa masjid di Kecamatan Poso Kota dan Kecamatan Poso Pesisir. Masjid-masjid yang digunakan untuk salat gerhana tersebut adalah Masjid Baiturrahman (Masjid Raya) Poso Kota, Masjid Baitul Makmur Poso Kota dan Masjid Nurul Iman Desa Kalora Kecamatan Poso Pesisir.

Di Poso Pesisir, sekitar 300 jamaah membanjiri Masjid Nurul Iman Desa Kalora Poso Pesisir Utara. Sejak pukul 06.00 pagi warga mulai berdatangan ke Masjid Nurul Iman Desa Kalora hal ini dikarenakan warga khawatir karena kondisi jalan akan ramai dipadati pengunjung Festival Kawaninya di Lapangan Desa Kalora.

Sholat Gerhana ini diadakan oleh Yayasan Wakaf Amanatul Ummah, bertindak sebagai Imam adalah Ustadz Afif Asy-Syuhada, M.Pd.i sedangkan Khotib adalah Ustadz Muh. Ansori,Lc.

Tepat pada pukul 07.30 Wita, salat diselenggarakan setelah panitia dan imam telah melihat dengan menggunakan menggunakan kacamata gerhana, bahwa matahari sudah mulai menutupi sinar mentari pagi bertanda gerhana sudah terjadi.

Setelah melaksanakan shalat gerhana, khotib naik kemimbar dengan diawali doa pembuka dan pesan taqwa, Ustadz Ansori,Lc kemudian menyampaikan khutbahnya dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT. Karena sampai saat ini masih diberi nikmat menyaksikan tanda-tanda kebesaran –Nya dan khotib juga bermohon perlindungan dari bencana dan azab Allah SWT.

5ff3609e-d250-4948-b1ef-f536d166c0cf

“Kami bermohon semoga kami dari umat-Mu yang sedikit ini dapat menjadi penyeimbang dan kami mohon kepada-Mu lindungilah wilayah dan negeri kami dari bencana dan azab-Mu dimana pada saat ini pula berapa banyak hamba-hambaMu yang lalai berzikir bahkan tidak sedikit yang bermaksiat kepada-Mu ya Allah,” ujarnya.

BACA JUGA  Komnas HAM Diminta Tak Jadi Humas Pelaku Pelanggaran HAM

Khutbah berakhir sekitar pukul 08.30 Wita. Beberapa saat setelah khutbah sekitar pukul 08.38 Wita, matahari telah tertutup secara keseluruhan oleh bulan pertanda gerhana matahari total telah terjadi. Seketika itu hari menjadi gelap, para jamaah langsung berhamburan keluar dengan memekikkan takbir dan adapula yang menangis terharu.

Sementara itu, antusias warga juga terlihat di Masjid Baitul Makmur Gebang rejo Poso Kota, sekitar 500 jamaah memenuhi masjid terbesar di kelurahan gebangrejo tersebut, bahkan tumpah ruah keluar masjid sampai dijalanan depan masjid.

 

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat