Amerika “Ngotot” Taliban Harus Ikut Perundingan Damai

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat pada hari Senin (07/03), menghimbau kepada Taliban untuk bergabung dalam perundingan damai untuk mencegah meningkatnya pertempuran pada musim semi kali ini.

Pekan lalu, Taliban mengatakan tidak akan mengambil bagian dalam pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan. Taliban mangajukan syarat bahwa pasukan asing harus meninggalkan Afghanistan terlebih dahulu.

Tetapi pejabat Afghanistan masih meragukan penolakan tersebut. Dan menyebut itu sebagai “taktik” awal yang dijalankan Taliban. Setelah itu, nantinya Taliban akan menyambut perundingan.

“Mereka memiliki pilihan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby.

“Katimbang melanjutkan untuk melawan sesama warga Afghanistan dan mendestabilisasi negara mereka, mereka harus terlibat dalam proses perdamaian dan akhirnya menjadi bagian sah dari sistem politik Afghanistan yang berdaulat,” lanjutnya

Kirby mengatakan, jika perundingan ini berjalan, akan ada nilai penting di dalamnya.

“Jika ada tidak ada proses perdamaian di negara itu… Kami dan pasukan keamanan Afghanistan harus mempersiapkan diri untuk menghadapi potensi peningkatan kekerasan di musim semi dan musim panas bulan,” katanya.

“Ini adalah musimnya pertempuran. Kita telah melihat hal ini sebelumnya, tatkala cuaca menghangat… Saya ingin menekankan bahwa kita tidak ingin melihat hal ini.” lanjut Kirby.

Sumber: World Bulletin
Penulis: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat