Soal Kemerdekaan Palestina, Jokowi Wacanakan Solusi Dua Negara

KIBLAT.NET, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia konsisten memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Palestina. Menurutnya, hal itu tak boleh ditunda-tunda melalui Solusi Dua Negara.

Mengutip pernyataan Mantan Presiden Soekarno, Jokowi menyatakan bahwa selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel. Sampai hari ini, dia menegaskan Indonesia masih konsisten dengan janji tersebut.

“Hari ini, Indonesia berdiri bersama dengan negara-negara OKI untuk meneruskan perjuangan yang belum selesai itu,” kata Jokowi saat pembukaan acara puncak KTT Luar Biasa Organisasi Konferensi Islam (OKI) di JCC Senayan Jakarta, Senin (07/03).

Dia menambahkan batas toleransi masyarakat internasional terhadap penjajahan Israel terhadap wilayah Palestina telah lama berakhir. Zionis, lanjut Jokowi, harus segera menghentikan aktivitas dan kebijakan ilegalnya di wilayah pendudukan.

Menurut Jokowi, Indonesia dan dunia Islam siap melakukan langkah-langkah konkrit untuk mendesak Israel mengakhiri penjajahan di Palestina dan kesewenang-wenangan di Al Quds Al Sharif. Dukungan dari PBB pun dibutuhkan sesuai peran dan tanggung jawabnya.

“Dunia Islam kembali menyerukan agar proses perdamaian jangan ditunda-tunda lagi untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina melalui Solusi Dua Negara,” ungkapnya.

Wacana Solusi Dua Negara telah lama beredar dalam rangka menciptakan perdamaian dan kemerdekaan Palestina. Dengan solusi itu artinya akan ada dua negara yang diakui, yaitu Palestina dan Israel yang selama ini melakukan penjajahan.

BACA JUGA  Tak Masuk Kepengurusan MUI, Din: Saya Memang Mau Berhenti

KTT Luar Biasa OKI digelar di Jakarta pada 6-7 Maret 2016 dengan mengusung tema United For A Just Solution. Acara yang melibatkan 605 delegasi ini diharapkan akan dapat menemukan solusi konkrit bagi kemerdekaan Palestina.

Reporter: Imam S.
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat