Hari Pertama KTT OKI Hasilkan Dua Draf Ini

KIBLAT.NET, Jakarta – Hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah menghasilkan draf dua dokumen penting. Rumusan resolusi dan Deklarasi jakarta telah disiapkan untuk diajukan ke tingkat KTT.

“Hari ini digelar dua pertemuan dimana dibahas dua dokumen yang akan dihasilkan dalam pertemuan KTT besok,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat konferensi pers Ahad (06/03) siang di Arena KTT Luar Biasa OKI JCC Jakarta.

Retno menjelaskan bahwa pertemuan pertama diikuti oleh pejabat senior (SOM) perwakilan negara-negara peserta KTT, yang digelar Ahad pagi. Siang harinya dilaksanakan pertemuan tingkat menteri yang dipimpin oleh Menlu RI, untuk membicarakan hasil pertemuan tingkat pejabat senior.

Kedua pertemuan tersebut membahas draf dokumen yang akan dihasilkan dalam KTT kali ini. Draf pertama merupakan resolusi KTT Luar Biasa yang berisi prisnsip-prinsip dasar dalam memperjuangkan nasib Palestina.

“Yang kedua adalah Deklarasi Jakarta yang berisikan hal yang sifatnya konkrit bagi Palestina,” imbuh Retno.

Kedua draf tersebut, lanjut Retno, telah disepakati sampai tingkat menteri luar negeri. Rancangan dokumen itu akan disampaikan ke tingkat KTT yang akan dilaksanakan pada Senin pagi, dan diikuti para pemimpin-pemimpin negara.

Menlu menyatakan bahwa dia tak dapat membocorkan isi dari rancangan dokumen tersebut. Pasalnya dokumen itu merupakan hasil dari KTT, dan baru akan ditetapkan esok hari. Menurutnya sangat jelas solidaritas dan kemitmen negara-negara OKI untuk mendukung Palestina dalam pembahasan kedua draf tersebut.

BACA JUGA  Hidayat Nur Wahid Kritik Pembukaan Layanan Visa Bagi Israel

Reporter: Imam S.
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat