Gerhana Matahari Total Jadi Momen Perdamaian di Poso

KIBLAT.NET, Poso – Poso merupakan salahsatu daerah di Indonesia yang menjadi titik pantau gerhana matahari total. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Pariwisata akan mengadakan acara Festival Adat Kawaninya dalam rangka menyambut Gerhana Matahari Total yang akan digelar mulai besok, 08-09 Maret 2016 di Desa Kalora Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Acara ini diadakan atas kerjasama dan dukungan dari Observatorium Boscha ITB, Mosintuwu Institute, Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, dan LSM yang bermarkas di Bali “Rumah Ke Lima”.

Beberapa kegiatan yang akan diadakan dalam festival ini adalah Tari-tarian adat Poso, Pameran Kuliner, Pasar Desa (Kandepe).

“Kita akan mengadakan festival dalam rangka menyambut gerhana matahari total yang nantinya di festival ini akan ada kegiatan atau acara adat Poso,” ujar Putera Botilangi, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Poso kepada Kiblat.net, kemarin (06/03).

Dinas Pariwisata Kabupaten Poso pun menyatakan kesiapannya dalam rangka acara Festival menyambut gerhana matahari total tersebut.

“Kami sudah siap, hotel-hotel dan rumah warga dijadikan home stay bagi para pengunjung dan tamu yang datang ke Poso sekitar ribuan orang, kita sudah siap menerima mereka” ungkap Putera Botilangi , Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Poso.

Sementara itu Festival Adat Kawaninya untuk menyambut gerhana matahari total ini juga akan dijadikan momentum perdamaian warga Poso. Hal ini disampaikan oleh Lian, aktivis LSM perempuan Poso dari Mosintuwu Institut.

BACA JUGA  Polri Masih Cari Dugaan Pidana Kerumunan di Petamburan

Menurutnya, dengan adanya gerhana matahari di Poso, khususnya Desa Kalora akan dijadikan momen bahwa masyarakat poso bisa bersatu merayakan festival ini.

“Bagi Mosintuwu Institut, gerhana matahari total yang terjadi itu bagian dari sebuah momen yang seharusnya dirayakan bersama oleh masyarakat Kabupaten Poso, untuk menunjukkan bahwa masyarakat Poso itu bisa bersatu, sekaligus juga bagian dari kampanye kita kepada dunia nasional dan internasional bahwa Poso aman untuk dikunjungi,” pungkasnya.

 

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat