AS Bangun Dua Pangkalan Udara di Suriah Utara

KIBLAT.NET, Aleppo – Amerika Serikat tengah membangun dua pangkalan militer di Suriah Utara, yang dikontrol Kurdi. Pembangunan pangkalan pertama yang rencananya digunakan untuk kekuatan udara itu dilaporkan sudah selesai. Saat ini, AS dalam tahap pembangunan pangkalan kedua yang rencannya untuk tujuan militer dan sipil.

Laporan ini diungkap portal Kurdi, Basenyoz, pada Ahad (06/03), seperti dinukil harian online Al-Araby Al-Jadid. Portal yang berkantor di ibukota wilayah Kurdi, Erbil, itu melansir berita tersebut dari sumber militer koalisi milisi Kurdi.

“Sebagian besar pekerjaan membangun landasan pacu di kota Ramilan, Provinsi Hasakah, telah selesai. Di saat bersamaan, pembangunan pangkalan udara lainnya di tenggara Kobani yang terletak di perbatasan Suriah-Turki masih berlangsung,” kata sumber militer Koalisi Pasukan Demokratik Suriah, yang dipimpin Kurdi.

Sumber yang bekerja di koalisi Kurdi dukungan AS itu menjelaskan bahwa puluhan arsitek, ahli dan teknisi asal AS didatangkan untuk membangun dua pangkalan itu.

Beberapa waktu terakhir, sejumlah pejabat Suriah dari suku Kurdi berbicara bahwa helikopter AS menggunakan pangkalan udara di kota Ramilan untuk menyalurkan logistik dan armada angkut.

AS mengirim puluhan pauskan khusus ke Suriah Utara tahun kemarin untuk memberi dukungan milisi Kurdi menghadapi ISIS. AS juga memberikan amunisi dan senjata kepada oposisi Suriah yang bersedia bekerjasama dengannya.

Sejumlah pejabat AS mengatakan bahwa instruktur militer AS membantu oposisi yang dipimpin Kurdi merebut kembali daerah-daerah strategis dari ISIS. Namun, para instruktur itu tidak di front tempur.

Suku Kurdi yang mengontrol banyak wilayah di Suriah Utara menjadi sekutu utama AS di Suriah. Mereka bertempur melawan ISIS dan kerap terjadi gesekan dengan pejuang oposisi lainnya.

Sumber: Al-Araby Al-Jadid
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat