Rusia Serang Idlib di Tengah Gencatan Senjata, 6 Orang Tewas

KIBLAT.NET, Damaskus – Sedikitnya sudah terdata 6 orang tewas dan 8 lainnya luka-luka akibat serangan jet tempur Rusia, di dua desa yang dikontrol oleh oposisi moderat, di kota Jisr Syugur, Provinsi Idlib. Sebagaimana yang dikutip dari Anadolu pada Selasa (01/03).

Pejabat pertahanan sipil mengatakan bahwa jet Rusia telah melepaskan serangan ke desa Kanada dan Za’imiah. Bangunan dan fasilitas umum dikabarkan rusak berat. Sedangkan belum diketahui pasti, berapa jumlah korban jiwa maupun luka-luka akibat serangan itu.

Di sisi lain, koresponden Anadolu juga melaporkan telah terjadi kontak senjata antara Oposisi dan pasukan rezim Suriah. Menyusul serangan rezim baru-baru ini ke sejumlah daerah di Jabal Akrod, Latakia utara.

Menurut keterangan media lokal, pasukan rezim mengawali penyerangan ke sejumlah titik wilayah tersebut. Lalu diiringi jet-jet tempur Rusia yang menyerang desa Najiah dan Kabinah. Serangan ini akhirnya, memicu balasan dari pihak oposisi yang berujung pada baku tembak hebat dikedua belah pihak.

Setidaknya telah 97 faksi oposisi yang menyatakan siap untuk melakukan gencatan senjata. Namun, Moskow masih tetap saja melepaskan serangan, meski gencatan senjata sudah diberlakukan sejak 27 Februari, dan dicanangkan akan berlangsung dalam dua minggu kedepan.

Turki, Amerika Serikat, uni Eropa dan Negara Teluk Arab sepakat, bahwa keberhasilan gencatan senjata di Suriah, tergantung pada penghentian serangan Rusia terhdap sipil dan basis-basis oposisi moderat.

Sumber: Anadolu
Penulis: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat