... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Sampai Batas Apa Pelaku Lesbi Ditegakkan Hukum?

Foto: No LGBT

KIBLAT.NET – Belakangan ini, isu LGBT masih hangat diperbincangkan di media massa. Salah satu penyimpangan seksual yang mendapat tempat dalam komunitas LGBT adalah para pelaku lesbi. Propaganda yang dimainkan pun kian mengkhawatirkan.

Para pendukung lesbi tidak malu-malu lagi mengungkapkan identitasnya di hadapan publik. Lewat media sosial, tanpa merasa bersalah, mereka aktif mengkampanyekan kegiatan yang mereka lakukan selama ini. Tentu hal ini merupakan penyakit sosial yang harus mendapatkan perhatian serius dari masyarakat dan pemerintah.

Dalam kajian Islam, istilah lesbi disebut dengan as-sihaq, yaitu perempuan yang menyetubuhi perempuan lain layaknya hubungan suami istri. As-sihaq adalah perbuatan haram. Para ulama menggolongkannya ke dalam katagori dosa-dosa besar. (Lihat: Az-Zawajir ‘an Iqtifil Kabair, dosa no: 362)

Namun begitu, para ulama sepakat bahwa pelaku lesbi tidak divonis hukum had (ketetapan hukum yang telah ditentukan oleh syariat), karena lesbi bukan bagian dari perbuatan zina. Hukuman bagi pelaku lesbi hanya diberi ta’zir (hukuman yang ditentukan oleh imam), dimana pemerintah berhak menentukan hukuman yang paling tepat, sehingga bisa memberikan efek jera bagi pelaku perbuatan haram ini.

Dalam Ensiklopedi Fiqh disebutkan bahwa para ulama sepakat bahwa tidak ada hukuman had terhadap pelaku lesbi. Karena lesbi bukan zina. Namun wajib dihukum ta’zir, karena perbuatan ini termasuk maksiat. (Mausu’ah Fiqhiyah, 24/252).

Ibnu Qudamah mengatakan, “Jika ada dua wanita yang saling menempelkan badannya maka keduanya berzina dan dilaknat. Berdasarkan riwayat dari Nabi SAW, bahwa beliau bersabda, “Apabila ada wanita yang menyetubuhi wanita lain maka keduanya berzina.” Tidak ada hukuman had untuk pelakunya, karena lesbi tidak mengandung jima’, namun hanya sebatas saling bercumbu. Karena itu keduanya wajib dihukum ta’zir.” (Al-Mughni, 9/59). Hanya saja hadis di atas adalah hadis lemah (dhaif). Sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Dhaif al-Jami’, no: 282.

BACA JUGA  Jejak 'Dakwah Bahasa' Para Ulama

Imam Asy-Syaukani juga menyebutkan bahwa dalam sanad hadis tersebut ada perawi bernama Muhammad Bin Abdurrahman, dimana menurut Abu Hatim ia adalah pendusta. Sementara Al-Baihaqi sendiri berkata, “Saya tidak tahu tentangnya,” dengan demikian hadis yang bersumber dari jalur Muhammad Bin Abdurrahman statusnya mungkar.

Oleh karena itu, lesbi tidak disamakan dengan zina. As-Sarkhasi menjelaskan, “Andaikan hadis itu sahih, tentu maknanya adalah keduanya melakukan dosa sebagai orang yang berbuat zina, namun tidak dihukum sebagaimana orang yang melakukan zina.” (lihat Al-Mabsuth, 9/78)

Dalam kitab Tuhfatul Muhtaj, 9/105 Al-Haitsami berkata, “Tidak ada hukuman had bagi seorang perempuan yang menggagahi perempuan, akan tetapi dia hanya dijatuhi hukuman ta’zir.”

Pendapat ini juga disebutkan oleh Ibnu Hammam dalam kitab Fathul Qadir, 5/262, Ibnu Abdil Bar dalam kitab Al-Kafi Fi Fiqhi Ahli Madinah, 2/1073, Zakariya Al-Anshari Asy-Syafi’i dalam kitab Asna Mathalib, 4/126 dan Al-Kharsyi Al-Maliki dalam kitab Syarh Mukhtashar Khalil, 8/78.

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa lesbian tidak sama dengan zina, karena tidak ada unsur jima’ di dalamnya. Namun begitu, bahaya yang ditimbulkan lebih besar dari zina itu sendiri.

Sehingga para ulama berpendapat jika seorang perempuan mendatangi perempuan lain layaknya orang bersetubuh maka dia wajib diberi ta’zir dan dididik agar terhindari dari hal-hal yang menjerumuskannya kepada perbuatan lesbi. Tentang bagaimana teknis penerapannya, semua itu dikembalikan kepada kebijakan hakim melihat maslahat yang tepat bagi pelaku maupun orang yang berada di sekitarnya. Wallahu a’lam bis shawab!

Penulis : Fakhruddin
Disadur dari https://islamqa.info/ar/21058


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Komisi I dan Komisi III DPR Gelar Rapat Gabungan Bahas Terorisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi I dan Komisi III DPR menggelar rapat gabungan bersama sejumlah menteri...

Senin, 15/02/2016 12:22 0

Indonesia

PBB Danai Program LGBT di Indonesia, MUI: Agama dan Budaya Sengaja Dirusak

KIBLAT.NET, Jakarta – Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain menilai, adanya dana dari United Nations...

Senin, 15/02/2016 12:00 0

Turki

Militer Turki Bombardir Wilayah PYD di Aleppo, 29 Milisi Kurdi Tewas

KIBLT.NET, Aleppo – Pemerintah Turki telah melakukan penyerangan ke wilayah milisi Kurdi PYD di pedesaan...

Senin, 15/02/2016 11:30 0

Arab Saudi

Bersama 20 Negara, Saudi Gelar Latihan Militer Besar-besaran

KIBLAT.NET, Riyadh – Rombongan pasukan sejumlah negara, Ahad (14/02), tiba di Arab Saudi untuk berpartisipasi...

Senin, 15/02/2016 11:06 0

Arab Saudi

Puluhan Jet Tempur Saudi Telah Berada di Incirlik, Turki

KIBLAT.NET, Riyadh – Penasihat Kementerian Pertahanan Arab Saudi, Ahad malam (14/02), menegaskan bahwa Riyadh mengirim...

Senin, 15/02/2016 10:15 0

Rohah

Oh… Maksudnya Nyamuk di Masjidil Haram?

KIBLAT.NET – Dalam sebuah majelis, Syaikh Utsaimin pernah ditanya oleh seorang jamaahnya. Entah karena grogi...

Senin, 15/02/2016 10:00 0

Afghanistan

Sibuk Hadapi Dua Pasukan, Pejuang Taliban Ditarget Drone AS

KIBLAT.NET, Paktika – Petinggi mujahidin Imarah Islam Afghanistan di distrik Gomal melaporkan, setidaknya 13 pasukannya...

Senin, 15/02/2016 09:40 0

Turki

Turki: Saudi Akan Kirim Jet ke Bandara Incirlik untuk Misi di Suriah

KIBLAT.NET, Antalya – Menteri Luar Negeri Turki menyatakan bahwa jet tempur Arab Saudi juga akan...

Senin, 15/02/2016 09:10 0

Suriah

Dihujani Misil Jet Rusia, Pejuang Mundur Dari Desa Strategis di Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Bombardir yang dilakukan jet tempur Rusia ke desa Al-Tamoura di Aleppo memaksa...

Senin, 15/02/2016 08:40 0

Suriah

Lebanon Serang Wilayah Kontrol Jabhah Nusrah

KIBLAT.NET, Beirut – Tentara Lebanon menyerang wilayah yang dikendalikan oleh pejuang Suriah, Jabha Nushra di...

Senin, 15/02/2016 08:17 0

Close