... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ini Daftar Hubungan Buruk antara Iran dan Arab Saudi

KIBLAT.NET, Riyadh – Eksekusi Namr Baqir Amin Al-Namr dengan 47 tahanan terorisme lainnya pada Sabtu lalu menjadi puncak kemarahan Iran terhadap Arab Saudi. Hubungan kedua negara semakin memanas pasca insiden pembakaran gedung kedubes Saudi di Teheran. Seiring dengan Arab Saudi yang memutuskan hubungan diplomatik terhadap Iran.

Semenjak berdirinya “pemerintahan sektarian di Iran” pasca revolusi yang terjadi pada tahun 1979, pemerintah Saudi mulai mewaspadai tumbuhnya pesaing baru di teluk Arab. Hubungan panas Saudi dan Iran bukan kali ini saja. Jauh sebelumnya, Arab Saudi juga pernah memutuskan hubungan dilpomatik dengan Iran. Berikut peristiwa yang memicu krisis hubugan Iran-Saudi :

1988
Tahun 1988 adalah pertama kalinya Kerajaan Saudi mendirikan Kedubes di Teheran, Iran. Namun, salah satu diplomat Saudi dibunuh di Iran pada saat itu. Hal ini menyebabkan Saudi untuk pertama kalinya memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran sampai tahun 1991.

2003
Amerika Serikat melakukan agresi terhadap pemerintahan Iraq pada tahun 2003. Serangan AS terhadap Iraq tersebut, dibantu oleh kelompok-kelompok Syiah pro-Iran di Iraq. Peristiwa ini menyebabkan meningkatnya kekhawatiran Saudi .

2006
Hizbullah Lebanon yang didukung Iran berhasil menghentikan blokade Israel terhadap Lebanon pada masa 2006. Ini membuktikan pengaruh politik Syiah meningkat di wilayah teluk.

2007
Pengaruh Iran berkembang pesat di Iraq pada tahun 2007. Sehingga menambah pengaruh politik kelompok minoritas Syiah di kawasan negera-negara teluk Arab. Hal ini menyebabkan kewaspadaan di negera-negara di kawasan tersebut.

BACA JUGA  Sepanjang 2019, Banyak WNA Dieksekusi oleh Kerajaan Arab Saudi

2008
Pada tahun 2008, Arab Saudi menyatakan bahwa Amerika Serikat telah memberi keleluasaan pada Iran untuk menyebar pengaruhnya di Irak.

2011
Arab Saudi mengutus pasukan militernya untuk menumpas demontrasi yang diluncurkan oleh gerakkan Syiah pro-Iran di Bahrain.

Di tahun 2011 juga, dua orang berkebangasaan Iran ditangkap. Setelah mencoba membunuh duta besar Saudi di Washington, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Saudi yaitu Adel Al-Jubeir.

Pemerintah Iran dan Hizbullah Lebanon memberi dukungan kepada rezim Suriah dalam konflik yang dimulai tahun 2011. Tidak hanya itu, Iran dan Hizbullah diketahui mengirim sejumlah pasukan guna pendukung Assad di Suriah. Sementera itu, Arab Saudi berada di pihak oposisi.

2015
Milisi Hutsi yang didukung oleh Iran, pada tahun 2015 berhasil menguasai sebagian besar wilayah Yaman. Presiden Yaman Abd Rabbi Mansour Hadi meminta suaka ke Riyadh. Arab Saudi membentuk bariasan koalisi dan memimpin serangan terhadap milisi Hutsi di Yaman.

Pada Juli 2015 Iran membuat kesepakatan tentang program nuklirnya dengan negara-negara (5+1) yaitu Amerika Serikat, Rusia, Cina, Perancis, Inggris, dan Jerman. Perjanjian ini merupakan sinyal kedekatan hubungan Iran dengan negara Barat, dan isyarat bahwa pengaruh Iran semakin meluas.

Pada musim haji 2015, Iran menuding Arab Saudi telah lalai dan menyembunyikan jumlah sebenarnya korban kemacetan di mina. Insiden ini, telah menyebabkan kematian sejumlah besar jamaah haji, termasuk ratusan warga Iran.

BACA JUGA  Putra Mahkota Saudi Dituding Retas Ponsel Pendiri Amazon

Pada Desember lalu, kedua negara yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri sepakat menjalin hubungan bilateral Saudi- Iran.

2016
Pada Sabtu kemarin, Arab Saudi mengeksekusi sejumlah tahanan terorisme. Termasuk “ulama” Syiah asal Saudi Namr Baqir Amin Al-Namr. Eksekusi ini memancing kemarahan Iran. Setelah eksekusi, gedung Kedubes Saudi di Iran dibakar massa.

Sumber: Anadolu
Penulis: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Terkait Seringnya Kasus Pelecehan Simbol Islam, Muhammadiyah: Ada Upaya Menciptakan Muslim Antagonis di Indonesia

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir menilai ada upaya menciptakan umat...

Rabu, 06/01/2016 14:00 0

Indonesia

Dibawa Densus 88 Sendirian Terpisahkan dari Suaminya, Muslimah Poso Ini Gemetar Ketakutan

Tulisan ini merupakan lanjutan dari halaman sebelumnya KIBLAT.NET – “Tidak ada pikiranku itu Densus, setelah...

Rabu, 06/01/2016 10:47 0

Indonesia

Muslimah Poso Dicegat Densus 88 di Pinggir Jalan, Lalu Diangkut Paksa ke Dalam Mobil

KIBLAT.NET, Poso – Faizah Lakawati, S.E (42 tahun), warga Desa Labuan Kecamatan Lage Kabupaten Poso,...

Rabu, 06/01/2016 10:40 0

Indonesia

Temui Jokowi, MUI Pusat Berpesan Agar Toleransi Dijaga Tanpa Terjebak Sinkretisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah permasalahan dibahas dalam agenda kunjungan sejumlah pengurus MUI Pusat ke istana. Menag...

Rabu, 06/01/2016 08:30 0

Indonesia

Kapolda Kalimantan Barat Himbau Masyarakat Waspadai Ajaran Sesat

KIBLAT.NET, Pontianak – Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Arief Sulistyanto, mengimbau masyarakat khususnya di Provinsi Kalbar...

Rabu, 06/01/2016 07:00 0

Wilayah Lain

Bahrain Juga Tutup Penerbangan Sipil dari dan ke Iran

KIBLAT.NET, Manama – Otoritas Penerbangan Sipil Bahrain mengumumkan menghentikan penerbangan dari dan ke Iran mulai...

Rabu, 06/01/2016 06:40 0

Rohah

Cara Unik Abdullah bin Mubarak Menegur Kesalahan Orang

KIBLAT.NET – Abdullah bin Mubarak adalah seorang mujtahid dan ahli ibadah. Selain itu, dia paham...

Selasa, 05/01/2016 16:00 0

Suara Pembaca

Nurul Husna, Anak Takmir Masjid Penderita Kanker Selama 9 Tahun

KIBLAT.NET – Nurul Husna (13 th) kini hanya bisa berbaring lemah disebabkan kanker di kepala...

Selasa, 05/01/2016 15:30 0

Indonesia

Selama 2015 terdapat 15 Candaan terkait Ancaman Bom di Pesawat

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mencatat terdapat 15 gurauan terkait ancaman...

Selasa, 05/01/2016 14:00 0

Indonesia

Komnas HAM Minta Kemenag Investigasi Kasus Sajadah untuk Alas Tari

KIBLAT.NET, Jakarta – Terkait sajadah yang digunakan sebagai alas tari di Hari Amal Bhakti (HAB)...

Selasa, 05/01/2016 13:22 0

Close