... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rumahnya Diobrak-abrik Orang Tak Dikenal, Warga Tamanjeka Dihantui Teror

Foto: Gubuk warga yang dirusak orang tak dikenal di Tamanjeka, Poso Pesisir.

KIBLAT.NET, Poso – Warga Dusun Tamanjeka Desa Ratalemba Kecamatan Poso Pesisir kini kembali dihantui teror dan rasaketakutan. Pasalnya, sejak beberapa hari yang lalu pondok dan rumah warga yang berada di area perkebunan dirusak oleh orang tidak dikenal.

Padahal sejak Operasi Camar Maleo I digelar, belum pernah ada kejadian pengrusakan rumah dan pondok milik warga yang berada di kebun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kiblat.net pada Jumat (25/12) ada sejumlah orang warga dusun Tamanjeka yang menuntut dan merasa dirugikan. Rumah dan pondok mereka diobrak-abrik oleh orang tidak dikenal.

Salah satu korban bernama Saparuddin mengaku geram dan jengkel atas kejadian pengrusakan rumahnya. Pria yang akrab disapa Papa Farid ini mengatakan kejadian pengrusakan rumahnya terjadi pada hari Sabtu, (19/12).

“Kejadian itu hari Sabtu mas, waktu itu saya turun bermalam di kampung. Paginya saat naik ke kebun saya lihat rumah saya sudah dibongkar orang tidak dikenal. Atapnya dicungkel pake kayu, ada 10 lembar atap seng yang dilepas, dindingnya dijebol, bahkan kopi dan garam dihambur di atas kasur tempat tidur. Sementara beras dibuang di luar rumah” ungkap Papa Farid saat ditemui Kiblat.net di rumahnya.

Istri Saparuddin juga menyampaikan keberatannya, karena kejadian seperti ini baru kali ini mereka alami. “Barang paling berharga itu parang suami saya hilang, mas. Sudah tiga kali di atas diambil. Bagaimana mi kita mau kerja kalau parang diambil terus,” kata istri Saparuddin yang enggan menyebutkan namanya.

BACA JUGA  Menolak Pengungsi Rohingya Sama dengan Legalkan Pelanggaran HAM

Sementara itu, Mustakim, warga Dusun Tamanjeka yang mengalami hal serupa menyatakan bahwa kalau kejadian ini dilakukan aparat TNI-Polri sesuai prosedur Operasi Camar Maleo, mereka akan menerima begitu saja. Namun, sampai saat ini, tak pernah ada larangan ataupun pemberitahuan.

“Kalau cara seperti ini kami tidak terima, Pak! Rumah kita di kebun tiba-tiba dirusak, ini sangat merugikan. Itu juga tidak ada himbauan kepada kami sebelumnya, pondok saya dirusak atap sengnya disobek-sobek pake sangkur, pintu depan dan tangganya dilepas dan saya melihat banyak bekas sepatu lars di lantai gubuk saya,” ungkap Mustakim.

Dampak Buruk di Tengah Masyarakat

Kepala Dusun Tamanjeka Muhammad Sambara mengatakan kejadian ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena akan menimbulkan dampak buruk di masyarakat. Menurutnya, jika tak ada kejelasan, masyarakat akan menilai aparat tidak dapat memberi rasa aman.

“Saya sudah laporkan ke Babinsa, kalau seperti ini kemana lagi kita mau berlindung. Warga kalau lihat loreng saja sudah takut apalagi mau melapor. Kalau ini berlarut-larut suatu saat masyarakat akan menuntut,” kata Sambara.

Sambara juga menyampaikan aparat harus lebih komunikatif dan melakukan pendekatan kepada masyarakat Tamanjeka agar hal-hal seperti ini tidak terjadi.

“Masyarakat di sini aktifitasnya ya berkebun. Tidak ada hal-hal lain yang melanggar. Nah, aparat harus melakukan pendekatan. Dari itu mungkin mereka bisa koordinasi dengan masyarakat dan menyampaikan apakah ada hal-hal yang dicurigai secara komunikatif bukan seperti ini. Main rusak. Walaupun kita tidak melihat, tapi masyarakat sudah menemukan tanda-tandanya di lapangan,” ujar dia.

BACA JUGA  Buang-buang Energi, Pakar Hukum Minta RUU HIP Dibatalkan

Sampai saat ini, Kepala Dusun Tamanjeka baru melaporkan kejadian ini secara langsung kepada pihak Babinsa Tamanjeka. Babinsa Tamanjeka pun merespon dengan turun langsung meninjau gubuk milik warga yang dirusak.

 

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Tembak Sopir Wartawan Turki di Jalur Gaza

KIBLAT.NET, Yerusalem – Seorang sopir wartawan kantor berita Turki “Anadolu Agency” terluka akibat timah panas...

Sabtu, 26/12/2015 16:30 0

Suriah

Jet Rusia Hancurkan Dua Rumah Sakit di Aleppo, 6 Warga Sipil Tewas

KIBLAT.NET, Aleppo – Sedikitnya enam warga sipil terbunuh dan puluhan luka-luka dalam serangan udara yang dilakukan...

Sabtu, 26/12/2015 16:00 0

Turki

Turki Tewaskan 180 Milisi PKK Sejak Pertengahan Desember

KIBLAT.NET, Ankara – Sejak 15 Desember, sebanyak 180 milisi PKK telah tewas dalam operasi anti-teror...

Sabtu, 26/12/2015 15:00 0

Eropa

25 Kota di Spanyol Dukung Aksi Boikot terhadap Israel

KIBLAT.NET, Madrid – Beberapa kota di Spanyol mendukung pemboikotan terhadap pemerintahan zionis Israel. Dikutip dari...

Sabtu, 26/12/2015 13:30 0

Video News

Konferensi Pers Amir Jabhah Nusrah [Subtitle Bahasa Indonesia]

KIBLAT.NET – Orient News, media yang aktif di lapangan meliput pergolakan bersenjata di Suriah, Sabtu,...

Sabtu, 26/12/2015 13:28 0

News

Hacker Anonymous Deklarasikan Perang Siber Melawan Turki

KIBLAT.NET, Ankara – Kelompok hacker Anonymous mengumumkan bahwa mereka bertanggung jawab atas serangan peretasan yang...

Sabtu, 26/12/2015 13:00 0

Suriah

Jet Rusia Bombardir Masjid Saat Jamaah Khusyuk Mengerjakan Shalat Jum’at

KIBLAT.NET, Damaskus – Lima orang tewas dan 10 lainnya luka-luka setelah jet tempur Rusia membombardir...

Sabtu, 26/12/2015 12:15 0

Turki

Turki: Andai Kesepakatan Tercapai, Israel Takkan Halangi Kita ke Gaza

KIBLAT.NET, Ankara – Turki mengatakan bahwa, Israel akan mengizinkan masuknya bantuan materi dari Turki ke...

Sabtu, 26/12/2015 11:45 0

Suriah

Ali Al-Buwaidhani Diangkat sebagai Komandan Baru Jaisyul Islam

KIBLAT.NET, Damaskus – Pasca serangan rudal Rusia pada Kamis malam (24/12) yang menewaskan Komandan Senior Jaisyul...

Sabtu, 26/12/2015 11:15 0

Suriah

Komandan Jaisyul Islam, Zahran Alloush Dilaporkan Gugur dalam Serangan Rusia

KIBLAT.NET, Damaskus – Komandan senior kelompok oposisi Suriah Jaisyul Islam, Zahran Alloush dikabarkan gugur dalam serangan...

Sabtu, 26/12/2015 09:42 0

Close