... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Isu Muazin Dibacok Umat Kristiani di Riau Hanya Hoax, Begini Kronologis Sebenarnya!

KIBLAT.NET, Rokan Hilir – Beberapa waktu lalu tersiar kabar pembunuhan seorang muazin masjid di Rokan Hilir, Riau. Bersamaan dengan menyebarnya berita tersebut, beredar isu bahwa pelaku pembunuhan itu adalah umat Kristiani. Hasil penelusuran Kiblat.net menemukan fakta bahwa isu tersebut tidak benar.

Setelah beredar informasi pembunuhan seorang nazir (pengurus) masjid di Rokan Hilir, Kiblat.net mencoba menelusuri kabar tersebut, dan berhasil menghubungi Rifai Siregar (55 tahun). Rifai merupakan satu-satunya saksi peristiwa pembacokan terhadap nazir (pengurus) Masjid Nurul Yakin, Darwin Lubis.

Menurut keterangan Rifai, selama ini Darwin tinggal di kompleks masjid yang terletak di Jalan Lintas Sumatra Riau Km 28, Balam Sempurna, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir. Sementara, rumah Rifai sendiri berada tepat di sebelah masjid itu.

Rifai menuturkan bahwa kejadian bermula saat memasuki waktu shalat subuh, Rabu (16/12). Tak lama setelah terdengar kumandang adzan dari Masjid Nurul Yakin, dia mendengar suara serak-serak minta tolong dari dalam masjid. Dia pun seketika berlari menuju ke arah datangnya suara, dan menemukan tubuh Darwin tergeletak di dekat pintu masjid.

“Saya jumpai dia sudah terkapar di situ bersimbah darah,” ungkap Rifai kepada Kiblat.net, Selasa (22/12).

Saat itu dia tak menemukan siapa pun selain Darwin yang bersimbah darah akibat luka bacok di bagian rahang. Seketika dia memanggil seorang tetangganya dan melarikan korban ke rumah sakit umum Rantau Prapat. Saat itu Darwin masih sadarkan diri.

BACA JUGA  Momen Hari Bhayangkara, KontraS: 287 Warga Tewas Ditembak Dalam Setahun

Sesampainya di rumah sakit dan mendapatkan perawatan, lanjut Rifai, Darwin pun sempat menceritakan peristiwa yang dialaminya kepada keluarganya. Dengan menggunakan bahasa isyarat di mengungkapkan bahwa setelah mengumandangkan adzan dia segera melakukan shalat sunnah. Saat sedang shalat itulah dia kemudian dibacok dari belakang.

Setelah peristiwa itu warga pun melaporkan kejadian yang yang menimpa Darwin ke Polsek Bagan Sinembah. Pihak berwajib pun segera melakukan penyelidikan dan menetapkan tersangkanya. “Sekarang pelakunya sudah dapat, namanya Irwanto,” ujar Rifai.

Rumah Irwanto sendiri, terang Rifai, berada tak jauh dari masjid Nurul Yakin. Dia memberikan patokan jarak antara masjid dengan rumah tersangka hanya berjarak tiga tiang listrik.

Bersama masyarakat pihak kepolisian kemudian melakukan pencarian terhadap tersangka. Rifai menuturkan bahwa pengejaran dilakukan hingga ke kawasan kebun kelapa sawit yang banyak terdapat di daerah itu. Namun, upaya mereka tak membuahkan hasil.

Keesokan harinya, tersangka justru kembali kerumah dengan sendirinya. Ternyata dia kembali karena kelaparan. Saat itulah, Kamis (17/12) siang, dia kemudian diamankan oleh pihak berwajib. “Karena dia lapar terus di kasih makan sama keluarganya, terus ditangkap,” terang Rifai.

Tak diketahui apa motif tersangka melakukan aksinya. Warga dan polisi pun kesulitan menggali informasi darinya. “Kata keluarganya dia gangguan jiwa,” ujar Rifai.

Rifai juga mengungkapkan bahwa pelaku beragama Islam. Hal itu mematahkan informasi yang beredar di media sosial selama ini yang menyebut bahwa aksi pembacokan dilakukan oleh umat kristiani.

BACA JUGA  Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji, Tapi Dibatasi

Informasi yang diperoleh Rifai menyebutkan bahwa tersangka akhirnya dibawa ke Pekanbaru pada keesokan harinya. Sementara kasus tersebut saat ini tengah ditangani oleh pihak Polres Rokan Hilir. Rifai mengungkapkan bahwa dia telah diperiksa untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Sementara, Darwin Lubis pun mendapatkan perawatan intensif setelah berada di rumah sakit. Berdasarkan informasi yang didapatkan Rifai dari keluarga Darwin, dokter menerangkan bahwa sedikitnya ada lima luka pada tubuh korban. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa rahang korban pun pecah.

Darwin pun dikabarkan sempat menjalani operasi. Namun, upaya itu tak berhasil menyelamatkan nyawanya. “Dia menghembuskan nafas terakhir jam 10 hari Jumat,” kata Rifai.

 

Reporter: Imam S.
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Isu Muazin Dibacok Umat Kristiani di Riau Hanya Hoax, Begini Kronologis Sebenarnya!”

  1. orang sakit jiwa rupanya.

  2. ternyata wong gendeng bin sableng. ha..ha..ha..

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Tadzkirah: Menumbuhkan Sifat Shidiq (Vocal by Ust. Taqiyyudin, Lc)

KIBLAT.NET-  Rosulullah SAW bersabda : عَلَيْكُمْبِالصِّدْقِ،فَإِنَّالصِّدْقَيَهْدِيإِلَىالْبِرِّ،وَإِنَّالْبِرَّيَهْدِيإِلَىالْجَنَّةِ Yang artinya, “hendaklah kalian berlaku jujurkarena kejujuran itu akan...

Rabu, 23/12/2015 09:08 0

Irak

Koalisi AS: PM Iraq Setujui Pengiriman Tentara AS

KIBLAT.NET, Mosul- Juru Bicara Koalisi Internasional Steve Warren baru-baru ini menyatakan persetujuan Perdana Menteri Iraq...

Rabu, 23/12/2015 08:53 0

Palestina

Universitas Aljazair Beri Beasiswa Gratis Mahasiswa Pascasarjana Asal Palestina

KIBLAT.NET, Constantine – Sebuah universitas Islam di wilayah Aljazair telah menyatakan, akan memberikan beasiswa gratis kepada...

Rabu, 23/12/2015 06:00 0

Afrika

Dua Orang Ini Ditahan atas Kasus Bom Palsu di Pesawat Air France

KIBLAT.NET, Mombasa – Polisi Perancis telah menahan dua penumpang yang berada di pesawat Air France. Kepolisian...

Rabu, 23/12/2015 05:14 0

Amerika

Kecam Pelarangan Muslim, Para Pengunjuk Rasa Datangi Kantor Donald Trump

KIBLAT.NET, New York – Puluhan pengunjuk rasa memadati kantor Donald Trump di New York dan...

Selasa, 22/12/2015 22:29 0

Palestina

PLO Akan Akhiri Hubungan Diplomatik dengan Israel

KIBLAT.NET, Jerusalem – Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat mengatakan bahwa hubungan diplomatik...

Selasa, 22/12/2015 21:33 0

Opini

Ancaman Syiah di Nigeria, Realitiskah?

KIBLAT.NET – Bentrokan berdarah antara pasukan Nigeria dengan elemen gerakan Syiah 13 Desember lalu masih...

Selasa, 22/12/2015 20:30 0

News

Syiah Hizbullah Tawarkan Gaji Besar bagi Pemuda yang Berangkat ke Suriah

KIBLAT.NET, Lebanon – Di Selatan negara Lebanon banyak terdapat pos-pos pertahanan militan Syiah milik Hizbullah...

Selasa, 22/12/2015 19:30 0

Artikel

7 Jam Berenang dari Turki ke Yunani, Begini Cerita Pengungsi Suriah Amir Mukhtar

KIBLAT.NET – Para pengungsi Suriah yang putus asa telah membuktikan segenap upayanya pada dunia bahwa bertahan...

Selasa, 22/12/2015 18:58 0

Artikel

Yang Lain Boleh Berganti, Islam Harga Mati

KIBLAT.NET – Demi menyelamatkan keislamannya, Suhaib bin Sinan bermaksud hijrah dari Mekkah ke Madinah. Namun,...

Selasa, 22/12/2015 18:00 0

Close