... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kompilasi Operasi Militer Mujahidin Taliban di Afghanistan

Foto: Operasi di Helmand

KIBLAT.NET, Afghanistan – Media resmi Imarah Islam Afghanistan merilis operasi serangan di beberapa wilayah Afghanistan. Operasi tersebut setidaknya menghasilkan beberapa pencapaian dan kemenangan. Berikut ini rinciannya:

Serangan Fajar di Helmand

Pada hari Kamis (17/12) sekitar pukul satu dini hari waktu setempat, Mujahidin Imarah Islam (Taliban) melancarkan sejumlah serangan terkoordinasi terhadap sebuah markas musuh yang strategis dan juga menargetkan 4 lokasi pos pemeriksaan di daerah Denzo dan Gorazan yang dekat dengan pusat distrik Washir.

Serangan fajar tersebut berlangsung hingga jam lima pagi menewaskan 15 anggota pasukan boneka Afghanistan, sementara puluhan lainnya luka-luka, dan sisanya kabur melarikan diri. Empat pos checkpoint dan sebuah markas militer yang strategis berhasil diambil alih mujahidin.

Operasi di Zumbuli - Helmand

Operasi di Zumbuli – Helmand

Sejumlah ghanimah berhasil diambil mujahidin di antaranya: 1 unit mobil pick-up SUV, 2 set mortir, 2 senapan mesin berat Dashaka, 1 unit anti-pesawat ZPU, sebuah senjata artileri SPG-9, 5 senapan mesin buatan Amerika, 7 senapan serbu, 1 senapan sniper, amunisi dan peralatan lainnya dalam jumlah sangat besar. Di pihak pejuang Taliban, 3 orang mujahidin terluka dan 4 lainnya gugur (semoga Allah SWT menerimanya sebagai syuhada).

Serangan dan Clearing-Up di Zumbuli-Helmand

Laporan dari distrik Gerishk menyebutkan bahwa operasi militer yang dilancarkan oleh Mujahidin sejak hari Rabu (16/12) dengan menargetkan sejumlah posisi musuh di lokasi yang berdekatan dengan pusat distrik masih terus berlangsung hingga hari Jumat (18/12) kemarin.

BACA JUGA  Waktunya Tiba, Taliban-Afghanistan Mulai Berunding di Qatar

Lima pos pemeriksaan musuh di lokasi yang strategis telah berhasil dikuasai Mujahidin termasuk wilayah Zumbuli yang sangat luas juga telah dibersihkan dari sisa-sisa elemen musuh. Operasi militer tersebut menyebabkan banyak korban luka-luka di pihak musuh, sementara fasilitas dan peralatan militer berhasil diambil sebagai ghanimah.

Sementara di lokasi lain, para pejuang Mujahidin sedang melancarkan serangan menargetkan sebuah pos checkpoint tentara boneka di daerah perbukitan Kharh Neika dekat dengan wilayah Zumbuli.

Ambush terhadap Konvoi Musuh di Paktika

Pada hari Kamis (17/12) Mujahidin Imarah Islam (Taliban) melancarkan serangan dadakan dengan menggunakan taktik ambush terhadap konvoi militer pasukan musuh di distrik Wazi Khwa propinsi Paktika. Operasi penyergapan yang menghantam iring-iringan sejumlah  tank dan kendaraan lapis baja musuh itu berhasil menewaskan 5 orang tentara dan melukai 8 lainnya. Dua unit kendaraan lapis baja pengangkut personal dan sebuah kendaraan tempur lapis baja lainnya berhasil dihancurkan oleh tembakan roket Mujahidin.

 

Serangan Malam di Wardak

Media resmi Mujahidin Taliban, Al-Emarah News melaporkan pada hari Jumat (18/12), sedikitnya 8 polisi militer musuh tewas saat Mujahidin melancarkan operasi serangan malam pada hari Kamis (17/12) yang menargetkan pos musuh di distrik Syed Abad di propinsi WARDAK.

Penyerbuan tersebut dilaksanakan pada pukul 10 malam waktu setempat dan berakhir tidak lebih dari satu jam untuk mengambil alih pos perlindungan musuh tersebut. Dilaporkan 8 antek musuh berhasil dibunuh di tempat persembunyian mereka. Sejumlah ghanimah di antaranya berbagai jenis senjata dan amunisi beserta sebuah kendaraan tempur lapis baja kini menjadi milik mujahidin.

Wardak

Operasi di Wardak

Di tempat terpisah, dilaporkan 2 tentara musuh tewas dan seorang lainnya luka-luka saat kendaraan yang mereka kendarai dihantam oleh bom pinggir jalan (IED) di distrik Syed Abad pada hari Jumat (18/12).

BACA JUGA  Waktunya Tiba, Taliban-Afghanistan Mulai Berunding di Qatar

Delapan Tentara Boneka Tewas di Ghazni

Sedikitnya 8 anggota pasukan musuh dipastikan tewas sementara puluhan lainnya luka-luka menyusul serangan Mujahidin terhadap salah satu pos musuh di distrik Shalgar propinsi Ghazni seperti yang dilaporkan oleh Al-Emarah News.

Serangan itu terjadi pada hari Kamis (17/12) malam saat Mujahidin menyerbu titik pos musuh kemudian meratakannya dengan tanah setelah sempat terjadi baku tembak sengit antara mujahidin Taliban dengan tentara boneka.

Ghanimah yang diperoleh di antaranya: 8 senapan serbu Kalashnikov, 2 senapan mesin PK Rusia, meriam anti pesawat, 1 unit RPG, dan berbagai macam amunisi lainnya. Sebelumnya dilaporkan seorang komandan pos checkpoint musuh tewas pada hari yang sama akibat serangan bom yang diledakkan dengan remote-kontrol di ibukota propinsi Ghazni.

Sumber: Shahamat-English
Penulis: Yasin Muslim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ingatkan Pemuda, Jejak Islam Gelar Diskusi Mengenang M. Natsir

KIBLAT.NET, Jakarta – Komunitas pecinta sejarah Islam, Jejak Islam untuk Bangsa, menggelar diskusi dengan tema...

Sabtu, 19/12/2015 21:00 0

Indonesia

Irfan Idris: Monopoli Tafsir Timbulkan Radikalisme Baru

KIBLAT.NET, Bogor – Dalam seminar bertajuk “Pengungsi Suriah dan Menangkal Bahaya ISIS di Indonesia” di ponpes...

Sabtu, 19/12/2015 20:30 0

Indonesia

BNPT: Indonesia Tepat Tidak Masuk Koalisi Militer Islam

KIBLAT.NET, Bogor – Direktur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Irfan Idris berpendapat langkah Indonesia yang...

Sabtu, 19/12/2015 19:00 1

Manhaj

Untaian Nasehat Syaikh Al-Maqdisi (1) : Jihad bukan Sekedar Menyerang Musuh

KIBLAT.NET – Ditinjau dari hakikatnya, para ulama membagi jihad menjadi dua macam, jihad difa’i (defensif) dan...

Sabtu, 19/12/2015 14:00 0

Wilayah Lain

Intelijen Jerman Jalin Kerjasama dengan Dinas Rahasia Suriah

KIBLAT.NET, Berlin – Dinas intelijen luar negeri Jerman, BND telah melanjutkan kerjasama dengan dinas rahasia...

Sabtu, 19/12/2015 12:29 0

Indonesia

Setelah Bersaksi di MKD, Luhut Ogah Bicara Freeport Lagi

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kesaksian...

Sabtu, 19/12/2015 10:00 0

Rohah

Sesuatu yang Paling Mahal di Dunia ini

KIBLAT.NET – Betapa mahalnya waktu menurut para salaf. Mereka, para pendahulu kita benar-benar memperhatikan setiap...

Sabtu, 19/12/2015 09:04 0

Artikel

Menjawab Igauan tentang Nabi yang Kriminal; Oleh-Oleh dari Dakwah Semarang

KIBLAT.NET – Pada hari Senin, 14 Desember 2015, saya menjadi salah satu narasumber dalam seminar...

Sabtu, 19/12/2015 08:17 0

Indonesia

Sekjen PBNU Bantah Isu Rois Aam Larang Ucapan Selamat Natal

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ahmad Helmy Faishal Zaini membantah...

Jum'at, 18/12/2015 21:05 0

Turki

Turki-Israel Berencana Perbaiki Hubungan Diplomatik

KIBLAT.NET, Israel – Turki dan Israel telah mencapai kesepakatan untuk meredam panasnya hubungan di antara keduanya setelah...

Jum'at, 18/12/2015 19:00 0

Close