PBB Kutuk Pelanggaran HAM di Iran dan Korut

KIBLAT.NET, New York – Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi mengutuk pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Korea Utara dan Iran. Mayoritas anggota yang terdiri dari 193 orang menyetujui resolusi tersebut.

Dilansir dari Reuters Arabic, Kamis (17/12), terkait resolusi mengutuk pelanggaran HAM di Korea Utara, sebanyak 119 anggota menyetujui. Anggota yang menolak sebanyak 19 orang, sementara anggota yang tidak memberikan suara sebanyak 48 orang.

Kutukan terhadap Iran disetujui oleh 81 anggota. Setidaknya 37 lainnya menolak dan 67 sisanya memilih diam.

Resolusi khusus ini menilai Korut telah melakukan pelanggaran sistematis dan terus menerus. Sementara Dewan Keamanan PBB masih mempertimbangkan untuk diajukan ke Mahkamah Internasional.

Sementara untuk Iran, laporan itu menyebut negara berideologi Syiah itu menggulirkan kampanye penangkapan terhadap aktivis, jurnalis dan oposisi. Iran juga selalu mengeluarkan hukuman mati terhadap orang-orang yang dianggap membahayakan negara.

Majelis Umum PBB setiap tahun merilis negara-negara yang paling banyak melakukan pelanggaran HAM. Korea dan Iran selalu menjadi sorotan.

Kendati keputusan Majelis Umum PBB ini bidak mengikat, namun memiliki timbangan berat pada politik.

Sumber: Reuters Arabic
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat