... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Ketahuilah, Islam Tetap Memberikan Hak bagi Manusia!

Foto: Islam

KIBLAT.NET – Islam bukan agama yang memaksa. Ia juga bukan ajaran yang mencabut hak-hak hidup manusia. Sebagian orang ada yang menganggap bahwa Islam banyak membatasi seseorang untuk melakukan sesuatu. Mungkin ada yang berpikir itu sebuah pemaksaan atau menghalangi manusia untuk bebas berkehendak. Tapi tahukah kita ternyata semua yang diatur dan ditetapkan dalam syariat islam bermuara kepada kemaslahatan umat manusia itu sendiri.  Lalu sebagian ada yang bertanya, lantas apa sebenarnya hak-hak yang diberikan Islam kepada Manusia?

Syariat Islam datang untuk memelihara lima perkara yang sangat mendasar dan penting. Semua perintah dan aturan Islam selalu bermuara pada aktualisasi dan pemeliharaan kelima perkara ini. Kelima perkara prinsipil yang dimaksudkan adalah:

  1. Syariat Islam memelihara agama

Syariat Islam memelihara hak prerogatif setiap orang untuk memilih agamanya tatkala syariat Islam memberikan ultimatum bahwa, ”Tidak ada paksaan untuk memeluk agama (Islam)….”(QS. Al-Baqarah: 256). Ayat ini turun seiringan dengan munculnya keprihatinan di kalangan kaum Anshar yang berkeinginan untuk memaksa anak-anak mereka yang beragama Yahudi untuk memeluk Islam.

Di antara mereka ada yang berdebat panjang dan berseteru keras mengenai masalah ini. Ada seseorang yang mengadu kepada Rasulullah, ”Ya Rasulullah, apakah sebagian dari diriku masuk ke dalam neraka, sementara aku sendiri melihatnya?” Sehubungan dengan masalah ini, turunlah ayat yang jelas dan tegas mengenai larangan untuk memaksa seseorang untuk memeluk agama Islam.

Hak ini tetap terpelihara sampai ketika syariat Islam memerintahkan untuk memerangi orang-orang yang berpaling dan menentang kebenaran (Islam). Pada saat itu, setiap orang tetap diberi peluang untuk memilih (agamanya) seperti yang ditegaskan dalam firman Allah:

“Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari kekafiran) maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.(Al-Anfal: 39).

  1. Syariat Islam memelihara jiwa manusia
BACA JUGA  Haluan Ekonomi Masyumi

Hal ini terlihat jelas manakala syariat melarang bertindak semena-mena terhadap jiwa. Untuk itu, syariat telah membuat garis besar hukuman dan risiko yang membuat jera. Larangan ini tidak dimulai sejak seseorang dilahirkan ke dunia, tetapi sejak manusia masih berada di alam rahim. Oleh karena itu, syariat mengharamkan aborsi dan mengancamnya dengan hukuman yang berat.

Perkara serupa juga tampak jelas ketika syariat Islam memberikan jaminan terhadap kebutuhan pokok manusia seperti makanan, pakaian, dan obat-obatan. Syariat menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari fardhu kifayah. Jika belum dilaksanakan secara benar maka seluruh umat Islam akan berdosa.

Pemeliharaan terhadap jiwa juga terlihat ketika syariat Islam mengharamkan bunuh diri. Orang yang bunuh diri akan kekal di dalam neraka. Masih banyak lagi hukuman dan aturan yang bertujuan untuk memelihara jiwa manusia.

  1. Syariat Islam memelihara harta

Hal ini terlihat manakala syariat menganjurkan untuk menginvestasikan harta serta melarang untuk menimbun dan menghambur-hamburkan harta. Syariat ini menegaskan bahwa seseorang tidak berhak mengambil harta saudaranya kecuali dengan keridhaan dan keikhlasannya.

Pemeliharaan terhadap harta tampak jelas ketika syariat memberikan hukuman yang berat bagi pencuri dan perampok, serta memberikan denda terhadap semua bentuk tindakan semena-mena terhadap harta. Masih banyak lagi hukuman dan aturan yang bertujuan untuk memelihara harta.

  1. Syariat Islam memelihara akal pikiran

Hal ini terbukti manakala syariat Islam mengharamkan khamer (arak) dan segala yang memabukkan serta menghilangkan pikiran, baik dengan membeli, menjual, maupun mengonsumsinya. Dalam perkara khamer, syariat Islam melaknat sepuluh orang yang terlibat. Syariat tidak hanya melaknat peminumnya saja, tetapi juga orang yang menjual, membeli, dan membawanya.

BACA JUGA  Haluan Ekonomi Masyumi

Pemberian sanksi yang berat tersebut bertujuan agar orang yang tidak dapat disadarkan dengan nilai-nilai agama, moral, dan harga diri, dapat disadarkan dengan kerasnya ancaman dan hukuman bagi mereka yang terlibat dalam perkara haram tersebut.

  1. Syariat memelihara kehormatan dan keturunan

Hal ini terbukti ketika Islam mengharamkan zina dan penyimpangan seksual dengan segala corak dan bentuknya. Syariat Islam juga melarang menuduh orang baik-baik berzina, dan melarang menyebarluaskan perbuatan zina di tengah-tengah masyarakat. Syariat Islam telah menentukan hukuman dan sanksi yang sangat berat bagi perbuatan ini.

Pemeliharaan syariat terhadap kehormatan juga terlihat ketika ia menutup semua celah dan pintu masuk menuju zina yaitu dengan pernikahan. Islam memberi kemudahan seseorang untuk menikah. Di samping itu, Islam melarang tabarruj, mempertontonkan aurat, campur-baur pria dan wanita, serta berkhalwat dengan perempuan yang bukan mahram. Dan masih banyak lagi aturan dan hukum Islam yang bertujuan untuk memelihara kehormatan dan keturunan.

Siapa yang menghayati seluruh rangkaian hukum dan aturan syariat dengan seksama, ia akan menyimpulkan bahwa pada dasarnya syariat ini bermaksud merealisasikan semua tujuan di atas. Tujuan tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam berijtihad dan mengambil keputusan. Apabila terdapat ijtihad parsial yang bertentangan dengan tujuan yang bersifat mutlak maka tujuan yang bersifat mutlak lebih diunggulkan daripada ijtihad yang bersifat parsial.

Syariat Islam tidak hanya menjadikan lima perkara prinsipil ini sebagai hak asasi manusia, tetapi disejajarkan dengan perkaraperkara yang wajib. Dengan demikian, tidak seorang pun diperkenankan bertindak semena-mena terhadap semua perkara ini.

Disadur dari buku “Mereka Bertanya, Islam Menjawab” karya Prof. Dr. Shalah Shawi, Penerbit Aqwam


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Inilah Barakah Negeri Syam dalam Perang Suriah

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerhati Pergerakan Islam, Ustadz Fuad Al-Hazimi mengatakan umat Islam di Suriah menghadapi...

Senin, 14/12/2015 21:00 0

Opini

Dilema Freeport antara Asing dan Aseng?

KIBLAT.NET – Ke mana bergulirnya arah isu #PapaMintaSaham semakin menarik untuk dicermati. Rekaman pembicaraan Setya Novanto (Ketua...

Senin, 14/12/2015 20:45 0

Indonesia

Jelang Perayaan Natal, Majelis Mujahidin Layangkan Surat Terbuka

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Menjelang datangnya perayaan natal dan tahun baru masehi, Majelis Mujahidin pada Ahad,...

Senin, 14/12/2015 20:25 1

Indonesia

Mantan Wali Kota Pekalongan Jadi Ketua Umum Perhimpunan Al Irsyad Periode 2015-2020

KIBLAT.NET, Tegal – Mantan Wali Kota Pekalongan Muhammad Basyir Ahmad Syawie menjadi Ketua Umum periode...

Senin, 14/12/2015 20:00 0

Indonesia

Duh, “Bungkusan Bom” Anggota DPRD Ini Hebohkan Satu Pesawat

KIBLAT.NET, Jakarta – Seluruh penumpang pesawat Batik Air dengan rute Jakarta-Makassar dibikin heboh dengan “bungkusan bom” milik...

Senin, 14/12/2015 19:30 0

Indonesia

Perhimpunan Al Irsyad Gelar Muktamar Kedua di Tegal

KIBLAT.NET, Tegal – Perhimpunan Al Irsyad mengadakan muktamar ke-2 di Kota Tegal pada Jumat (11/12/2015)...

Senin, 14/12/2015 19:00 0

Info Event

Masjid Darussalam Kota Wisata Adakan Khitanan Massal & Pengobatan Gratis

KIBLAT.NET – Masjid Darussalam Kota Wisata akan mengadakan Khitanan massal & Pengobatan Gratis yang insyaAllah akan...

Senin, 14/12/2015 18:32 0

Wilayah Lain

Ribuan Orang Montenegro Tolak Negaranya Ikut Keanggotaan NATO

KIBLAT.NET, Montenegro – Sekitar 3.000 orang berkumpul di Montenegro untuk menentang keanggotaan negaranya yang telah...

Senin, 14/12/2015 18:30 0

Eropa

Pengadilan Swiss Kembali Tolak Gugatan Sekolah yang Melarang Siswi Berjilbab

KIBLAT.NET, Swiss – Pengadilan Swiss kembali menolak gugatan sekolah yang melarang siswinya mengenakan jilbab di sekolah....

Senin, 14/12/2015 17:30 0

Pakistan

Bom Meledak di Desa Syiah Pakistan, 23 Orang Tewas

KIBLAT.NET, Pakistan – Sejumlah 23 orang dikabarkan tewas dan puluhan lainnya terluka setelah sebuah bom...

Senin, 14/12/2015 17:00 0

Close