... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Islam Melarang Penyembahan Patung, Kenapa Kaum Muslimin Sujud kepada Ka’bah?

Foto: Ka'bah di Mekkah

KIBLAT.NET – Mengagungkan berhala atau memuja-muja patung jelas terlarang di dalam Islam. Ia termasuk bagian dari perbuatan syirik yang dapat menghapus seluruh amal kebaikan. kejelasan hukum tersebut telah ditegaskan dalam banyak nash, baik dari Al-Qur’an maupun hadits Nabi SAW.

Namun, larangan ini seolah-olah sulit diterima oleh logika sebagian orang kafir. Pasalnya, pada satu sisi Islam menentang keras pemulian dan pengagungan terhadap benda mati atau patung. Akan tetapi di sisi yang lain, mereka mempertanyakan status umat Islam sendiri yang memuja-muja Ka’bah. Jika memang Islam menentang penyembahan terhadap patung atau berhala, mengapa kaum Muslimin sujud kepada Ka’bah?

Menjawab kebingungan logika tersebut, Dr. Zakir Abdul Karim Naik menjelaskan Ka’bah adalah kiblat, yaitu arah kaum Muslimin menghadap dalam shalat mereka. Perlu dicatat bahwa, walaupun kaum Muslimin menghadap Ka’bah dalam shalat, mereka tidak menyembah Ka’bah. Kaum Muslimin hanya menyembah dan bersujud kepada Allah. Disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 144:

 قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاء فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَ حَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهُ

“Sungguh, Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya….”

Dalam hal ini, ada beberapa alasan kenapa kaum Muslimin bersujud menghadap ke arah Ka’bah berada, yaitu:

Pertama: Islam menghendaki persatuan

Ketika kaum Muslimin hendak menunaikan shalat, bisa jadi ada sebagian orang yang ingin menghadap ke utara, sedangkan yang lainnya ingin menghadap ke selatan. Untuk menyatukan kaum Muslimin dalam beribadah kepada Allah, maka kaum Muslimin di mana pun berada diperintahkan hanya menghadap ke satu arah, yaitu Ka’bah. Kaum Muslimin yang tinggal di sebelah barat Ka’bah, mereka salat menghadap timur. Begitu pula yang tinggal di sebelah timur Ka’bah, mereka menghadap barat.

Kdua: Ka’bah adalah pusat peta dunia

Kaum Muslimin adalah umat pertama yang menggambar peta dunia. Mereka menggambar peta dengan selatan menunjuk ke atas dan utara ke bawah. Ka’bah berada di pusatnya. Kemudian, para kartografer (ahli membuat peta) Barat membuat peta terbalik dengan utara menghadap ke atas dan selatan ke bawah. Meski begitu, Alhamdulillah, Ka’bah terletak di tengah-tengah peta.

Ketiga: Tawaf keliling Ka’bah untuk menunjukkan keesaan Allah

Ketika kaum muslimin pergi ke Masjidil Haram di Mekah, mereka melakukan tawaf atau berkeliling Ka’bah. Perbuatan ini melambangkan keimanan dan peribadahan kepada satu Tuhan. Sama persis dengan lingkaran yang hanya punya satu pusat, maka hanya Allah saja yang berhak disembah.

Keempat: Hadits Umar bin Khathab

Mengenai batu hitam, Hajar Aswad, Umar bin Khathab berkata, “Aku tahu bahwa engkau hanyalah sebongkah batu yang tidak dapat mendatangkan mudarat maupun manfaat. Seandainya aku tidak melihat Rasulullah menciummu, niscaya aku tidak akan menciummu.”

Kelima: Orang berdiri di atas Ka’bah dan mengumandangkan azan

Pada zaman Nabi, orang bahkan berdiri di atas Ka’bah dan mengumandangkan azan. Bisa ditanyakan kepada mereka yang menuduh kaum Muslimin menyembah Ka’bah; penyembah berhala mana yang berdiri di atas berhala sesembahannya?

 

Disadur dari buku “Mereka Bertanya, Islam Menjawab” Penulis: Dr. Zakir Abdul Karim Naik, penerbit Aqwam

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

8 comments on “Islam Melarang Penyembahan Patung, Kenapa Kaum Muslimin Sujud kepada Ka’bah?”

  1. mr D

    “Perlu dicatat bahwa, walaupun kaum Muslimin menghadap Ka’bah dalam shalat, mereka tidak menyembah Ka’bah. Kaum Muslimin hanya menyembah dan bersujud kepada Allah. Disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 144”

    1. Kalau begitu apakah Tuhan nya orang muslim ada di Ka’bah? Atau di surga?
    2. Kalau dikalimatkan ke dalam bentuk lain maka akan bermakna seperti ini: “walaupun menyembah suatu benda tapi kita hanya menyembah dan bersujud kepada Allah”. Menyembah suatu benda yang secara bersamaan menyembah Tuhan? atau menyembah suatu benda yang mewakili Tuhan itu sendiri? Itu adalah benar-benar konsep paganisme! Kenapa saya harus menyembah suatu benda fisik jika objek yang menjadi sembahan kita itu tidak bisa diwakilkan sebagai benda. Apapun alasannya kita menyembah objek yang tidak terlihat bukanlah objek yang terlihat. Tidak bisa menjadikan suatu objek fisik sebagai yang disembah apapun alasannya. karena kalau itu dilakukan itu berarti sama dengan menyembah berhala (objek yang terlihat, berbentuk fisik). Entah saya berada di utara, selatan, barat, timur bumi, saya menyembah kepada Tuhan langsung kepada-Nya dan tidak perlu harus menghadap ke arah manapun juga.

    Terimah kasih.

  2. hamba Allah

    1. tidak dua-duanya, Allah itu bersemayam di arsy, tempat yang tertinggi, surga masih dibawah
    Maka jika kalian meminta kepada Allah, mintalah Al-Firdaus, karena sungguh ia adalah surga yang paling tengah dan paling tinggi. Di atasnya singgasana Sang Maha Pengasih, dan darinya sungai-sungai surga mengalir.” (HR. Al-Bukhari)

    2 muslim tidak menyembah kabah, dulu kibalat muslim sebelum kabah adalah AL-Aqsa. kabah itu cuma arah kiblat, dan kalau shalat kami tidak menyembah kabah, tapi Allah SWT

  3. H.A.

    Ka’bah adalah kiblat. Bukti orang Islam tidak menyembah Ka’bah: Muslim yang shalat di rumah atau masjid didaerah masing-masing tidak perlu dihadapannya dipajang gambar/patung Ka’bah, krn umat Islam hanya menyembah Allah SWT.

  4. Ajinomoto

    Lha emang ada yang nyembah patung atau berhala ….. Kalo ga ngerti tuh tanya biar kalian memahami agama lain ….. Agama kok persatuan …..agama tuh keyakinan … Islam menghendaki persatuan ….nyatanya orang islam gontok gontokan …. Mbok ya punya malu dikit klo ngomong …..

  5. One

    Maaf @ajinomoto
    Yang anda sebutkan tadi adalah “oknum” dari orang islam jadi jangan langsung menjudge sama ratakan semua umat islam.

  6. Tentara Islam

    Orang Islam tidak menyembah Ka’bah atau batu Hajar Aswad. Orang Islam hanya menyembah Allah Tuhan satu2nya yang tidak ada lagi Tuhan selainNya. Orang Islam sholat bersujud ke Ka’bah dan mencium Hajar Aswad bukanlah menyembah Ka’bah dan Hajar Aswad tetapi karena perintah Allah dan Nabi Muhammad SAW didalam Al Qur’an dan Hadits sebagaimana para Malaikat, Jin dan seluruh penghuni Surga bersujud kepada Nabi AdamAS. Mereka tidak menyembah Nabi Adam tetapi mereka mentaati perintah Allah SWT untuk sujud kepada Nabi Adam AS.

  7. Helfin

    Allah diatas segalanya. Sebelum anda ada allah menciptakan nenek moyang mu. Sebelum manusia ada allah menciptakan bumi dan seisinya. Dan semua yang diciptakan manusia bukan pencipta manusia. Seperti patung atau benda apapun itu diciptakan manusia.
    Allah ada dalam keyakinan umat islam.
    Jangan menyembah manusia atau patung . Gunung laut. Dan segala benda apapun. Selain allah

  8. Anggun janeetha

    Kami tidak menyembah ka’bah..
    Ka’bah hanyalah patokan arah kami saat melaksanakan sholat dan jelas sekali bukan berhala yg di sembah umat islam.

    Kain penutup ka’bah juga rutin diganti dengan cara menaiki ka’bah .

    Didalam ka’bah juga hanyalah ruangan kosong, bahkan nabi dan sahabat dulu Juga sering sholat di dlm ka’bah itu sendiri.

    Terakhir juga presiden kita Joko widodo melaksanakan sholat di dlm ka’bah.

    Penjelasan secara ilmiah :
    Doa dan dzikir serta enegi positif umat islam dari seluruh dunia di arahkan pada satu titik yaitu ka’bah, kemudian para jemaah di masjidil haram melaksanakan tawaf 7x mengelilingi ka’bah berlawanan jarum Jam. Sehingga energi positif tersebut terpencar kuat ke atas… Hal ini Dlm ilmu matematika dan fisika di sebut “”Kaedah tangan kanan””.
    Dan ini berlangsung terus menerus tanpa henti.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yaman

Presiden Yaman Siap Gelar Gencatan Senjata

KIBLAT.NET, Jenewa – Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi telah menyatakan siap untuk menggelar gencatan...

Kamis, 10/12/2015 16:14 0

Tarbiyah Jihadiyah

Jangan Mengumbar Ancaman di Saat Lemah

KIBLAT.NET – Perang Badar adalah perang pertama yang langsung dipimpin Rasulullah SAW. Peperangan yang tidak seimbang...

Kamis, 10/12/2015 16:00 0

Indonesia

Dorong Kontribusi Syariat Islam dalam Hukum Nasional, Halaqoh Nasional Digelar

KIBLAT.NET, Jakarta – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di DPR bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI)...

Kamis, 10/12/2015 15:30 0

Inggris

Di Tengah Kampanye Boikot Produk Israel, Hubungan Dagang Inggris-Israel Justru Meningkat

KIBLAT.NET, Inggris – Inggris menilai bahwa gerakan boikot terhadap Israel adalah hal yang berlebihan, padahal hubungan...

Kamis, 10/12/2015 15:00 0

Amerika

AS Akan Wajibkan Perusahaan Teknologi Laporkan Aktivitas Teroris

KIBLAT.NET, Washington – Dua senator AS memperkenalkan RUU yang akan memaksa perusahaan elektronik, termasuk perusahaan-perusahaan...

Kamis, 10/12/2015 12:45 0

Timur Tengah

Perusahaan Ritel Raksasa Dubai Boikot Produk Trump

KIBLAT.NET, Dubai – Sebuah perusahaan multinasional terkemuka di Timur Tengah, Landmark Group telah menghentikan penjualan...

Kamis, 10/12/2015 12:01 0

Palestina

Hamas Serukan Solusi untuk Blokade Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Gerakan perlawanan Palestina Hamas pada hari Senin menyatakan siap untuk mendengar saran...

Kamis, 10/12/2015 11:15 0

Amerika

Anggota Kongres AS: Departemen Keamanan Dalam Negeri Disusupi “Teroris”

KIBLAT.NET, Amerika Serikat – Seorang anggota Kongres dari Partai Demokrat menyatakan bahwa terdapat 72 orang...

Kamis, 10/12/2015 10:30 0

Indonesia

Warga NU Bingung Soal ‘Islam Nusantara’, Moqsith Ghazali: Konsepnya Belum Selesai

KIBLAT.NET, Purwakarta – Islam Nusantara ternyata menimbulkan kebingungan tersendiri bagi kalangan NU di tingkat bawah....

Kamis, 10/12/2015 09:44 2

Yaman

AQAP Rilis Biografi Empat Komandannya Saat ini

KIBLAT.NET, Mukalla – Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) baru-baru ini merilis biografi empat pemimpin...

Kamis, 10/12/2015 08:04 0

Close