... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Inilah Soulmate-nya Umar bin Khattab saat Hijrah ke Madinah

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Ikatan persaudaraan yang paling kuat adalah ikatan iman dan Islam. Sebagaimana yang diperagakan kaum Anshar manakala menyambut kedatangan saudaranya seiman dari Mekkah, kaum Muhajirin. Mereka tak segan-segan memberikan harta, tempat tinggal untuk saudaranya.

Saudara dan sahabat yang sejati adalah seseorang yang selalu mengingatkan kita dalam kebaikan. Dirinya tidak pernah rela sahabatnya terjerumus dalam kemaksiatan, dan ia selalu berusaha menuntunnya ke jalan yang terang benderang.

Salah satu kisah yang menarik diperagakan seorang shahabat yang tidak asing bagi kita, Umar bin Khattab dan sahabat karibnya Iyasy. Kala itu, kaum Muslimin sedang gencar-gencarnya berhijrah ke Madinah Al-Munawarah. Simak kisahnya berikut ini:

Umar RA memiliki seorang sahabat karib yang dipanggil dengan sebutan Iyasy bin Abi Rabi’ah. Keduanya hijrah bersama-sama ke Madinah. Iyasy termasuk dalam keluarga yang kaya di Mekkah. Tatkala Al-Harits—saudara laki-lakinya—dan Abu Jahal mengetahui bahwa Iyasy turut keluar berhijrah hijrahnya, keduanya sangat marah. Mereka bertekad hendak memintanya kembali dan menyusulnya hingga ke Madinah.

Ketika Al-Harits dan Abu Jahal telah mendapati Iyasy, mereka berkata kepadanya, “Sesungguhnya ibumu telah bersumpah tidak mau berteduh dan mandi hingga engkau kembali.” Jiwa Iyasy mulai terbesit untuk kembali ke Mekkah. Namun Umar berkata kepadanya, “Mereka hendak membuatmu murtad dari agamu. Jangan khawatirkan ibumu. Jika ia berdiri di bawah panas, niscaya akan akan letih dan akan berteduh.”

Iyasy lalu berkata, “Aku memiliki harta yang banyak Mekkah. Jika aku kembali, maka aku akan dapat membawa hartaku dan dapat berbuat baik kepada ibuku,” Umar berkata lagi, “Wahai Iyasy, jika engkau telah pergi maka engkau tidak akan dapat kembali lagi.” Iyasy berkata, “Aku akan datang dengan membawa hartaku dan aku akan kembali.”

Umar lantas berkata kepadanya, “Engkau tahu wahai Iyasy, bahwa aku adalah penduduk Mekkah paling banyak harta. Aku akan membagi hartaku untukku setengah, dan untukmu setengah.” Iyasy tetap menolak dan ia bersikukuh akan kembali. Umar lalu berkata padanya, “Ambillah untaku dan kembalilah semoga ia mengingatkanmu dengan keadaan kaum muslimin.”

Kembalilah Iyasy ke Mekkah. Dia menetap di sana hingga turun firman Allah SWT:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah, ‘Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Az-Zumar: 53).

Umar menulisnya di sebuah surat lalu ia kirimkan kepada Iyasy. Sesampainya di tangan Iyasy, ia membacanya. Tetapi tidak dapat memahami maknanya. Kemudian ia berdoa kepada Allah agar ia dapat memahami maknanya hingga ia tahu apa yang dimaksudkan oleh Umar mengenai ayat yang dikirimnya tersebut. Umar mengabarkan bahwa waktu untuk kembali kepada Allah selalu ada dan pintu taubat tidak pernah tertutup. Setelah itu, Iyasy pun kembali dan berhijrah menuju Madinah.

Kisah Umar bersama Iyasy, saudaranya di atas menampakkan keikhlasan dalam memberi nasihat dan semangat yang sudah seharusnya disambung di antara orang-orang yang mendapat siksaan karena Allah. Rasa takutnya terhadap saudaranya dari fitnah membuatnya mengutamakan hartanya atas saudaranya dan tidak berlambat-lambat dalam memberi nasihat dan peunjuk kepadanya. Inilah hak seorang muslim atas saudaranya.

 

Disadur dari buku “Jejak Para Khalifah” karya Amru Khalid, Penerbit Aqwam

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Hadirilah!! Kajian Umum Mewaspadai Bahaya Syiah dan Krisis Timur Tengah

        KIBLAT.NET – Hadirilah!! Kajian umum ‘Mewaspadai Bahaya Syiah dan Krisis Timur...

Kamis, 10/12/2015 18:25 0

Wilayah Lain

PBB Kecam Tindakan Rusia di Wilayah Ukraina

KIBLAT.NET, Ukraina – Organisasi persatuan bangsa-bangsa (PBB) pada Rabu, (09/12) mengecam tindakan Rusia di wilayah...

Kamis, 10/12/2015 18:00 0

Suriah

Dalam Waktu Dekat, Amir Jabhah Nusrah Dikabarkan Akan Muncul dalam Konferensi Pers

KIBLAT.NET, Suriah – Jabhah Nusrah mengumumkan bahwa pemimpinnya, Abu Muhammad Al-Jaulani akan muncul “segera” dalam...

Kamis, 10/12/2015 17:30 0

Artikel

Kenapa Ya, Islam Melarang Pembuatan Patung ?

KIBLAT.NET – Objek tiga dimensi ini semakin akrab di kalangan kita. Ya, saat ini patung...

Kamis, 10/12/2015 17:00 0

Indonesia

Kerjasama MUI, Fraksi PPP Menggelar Halaqoh Nasional Kontribusi Syariat Islam dalam Hukum Nasional

KIBLAT.NET, Jakarta – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPR) bekerjasama dengan Majelis...

Kamis, 10/12/2015 16:46 0

Konsultasi

Islam Melarang Penyembahan Patung, Kenapa Kaum Muslimin Sujud kepada Ka’bah?

KIBLAT.NET – Mengagungkan berhala atau memuja-muja patung jelas terlarang di dalam Islam. Ia termasuk bagian...

Kamis, 10/12/2015 16:30 8

Yaman

Presiden Yaman Siap Gelar Gencatan Senjata

KIBLAT.NET, Jenewa – Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi telah menyatakan siap untuk menggelar gencatan...

Kamis, 10/12/2015 16:14 0

Tarbiyah Jihadiyah

Jangan Mengumbar Ancaman di Saat Lemah

KIBLAT.NET – Perang Badar adalah perang pertama yang langsung dipimpin Rasulullah SAW. Peperangan yang tidak seimbang...

Kamis, 10/12/2015 16:00 0

Indonesia

Dorong Kontribusi Syariat Islam dalam Hukum Nasional, Halaqoh Nasional Digelar

KIBLAT.NET, Jakarta – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di DPR bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI)...

Kamis, 10/12/2015 15:30 0

Inggris

Di Tengah Kampanye Boikot Produk Israel, Hubungan Dagang Inggris-Israel Justru Meningkat

KIBLAT.NET, Inggris – Inggris menilai bahwa gerakan boikot terhadap Israel adalah hal yang berlebihan, padahal hubungan...

Kamis, 10/12/2015 15:00 0

Close