... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Sujud Malaikat kepada Adam, Apa Sih Maksudnya?

Foto: Sujud di padang pasir

KIBLAT.NET – Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abi Aufa, ia berkata, “Tatkala Muadz bin Jabal datang dari negeri Syam, ia sujud kepada Nabi SAW, maka beliau saw bersabda, ‘Apa ini?’

Muadz menjawab, ‘Ya Rasulullah, saya datang dari negeri Syam dan ternyata saya menjumpai mereka sujud kepada panglima dan para uskup mereka, maka dari itu saya ingin melakukan hal seperti itu kepadamu.’

Beliau SAW lalu bersabda: ‘Jangan kamu melakukannya! Sebab sesungguhnya aku, kalau (boleh) memerintahkan sesuatu untuk sujud kepada sesuatu, niscaya aku perintahkan kepada perempuan untuk sujud kepada suaminya. Dan demi Rabb (Tuhan) yang jiwaku ada di TanganNya, seorang perempuan belum menunaikan hak Rabbnya sebelum ia menunaikan hak suaminya’.” (HR. Ibnu Majah)

Hadits di atas menjadi salah satu dalil yang mendasari para ulama dalam menetapkan hukum haramnya bersujud kepada manusia. Namun ketika membaca cerita Nabi Adam, mungkin sebagian di antara kita ada yang bertanya-tanya, jika memang sujud kepada manusia tidak diperbolehkan, mengapa Allah SWT memerintahkan malaikat untuk bersujud kepada Adam.

Pertanyaan tersebut muncul sangat wajar, karena sebagaimana diketahui bersama, bahwa dalam salah satu fragmen kisah Nabi Adam AS terdapat perintah Allah SWT kepada malaikat untuk bersujud kepada Adam, firmanNya:

وَ إِذْ قُلْنَا لِلْمَلاَئِكَةِ اسْجُدُوْا لِآدَمَ فَسَجَدُوْا إِلاَّ إِبْلِيْسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَ كَانَ مِنَ الْكَافِرِيْنَ

BACA JUGA  Isu Radikalisme Ibarat Menggaruk yang Tak Gatal

“Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para malaikat, ‘Bersujudlah kamu kepada Adam!’ maka mereka semua pun bersujud, kecuali Iblis. Dia enggan dan menyombongkan diri, dan dia termasuk dalam golongan orang-orang kafir.” (Al-Baqarah: 34)

Lantas, apa yang dimaksud dari sujud yang diinginkan Allah dari para malaikat ini? Apakah sujud diperbolehkan kepada selain Allah?

Sebagaimana redaksi hadits di atas, apapun bentuk sujud hanya diperuntuk kepada Allah SWT semata. Adapun sujud yang dilakukan oleh para malaikat kepada Adam hanyalah sujud penghormatan. Setiap kali Anda meletakkan kening di atas tanah, setiap kali itu pula Allah meninggikan derajat Anda. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tsauban, dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda:

“Sesungguhnya tidaklah kamu melakukan sekali sujud kepada Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dengannya.” (HR. Muslim)

Lalu, apakah sujud di permukaan bumi yang diperintahkan Allah kepada para malaikat untuk Adam serupa dengan sujud yang kita lakukan ketika shalat?

Untuk menjawab pertanyaan ini, syaikh Aidh Al-Qarni mengemukakan dua pendapat dari para ulama:

Pendapat pertama: maksud sujud di sini (sujud malaikat) adalah merunduk dan menunduk, yaitu merundukkan dan merendahkan kepalanya.

Pendapat kedua: maksud sujud di sini adalah bersujud ke bumi. Jadi, pada hakikatnya ketika itu para malaikat bersujud kepada Allah juga. Akan tetapi, di sini maksudnya adalah sebagai penghormatan kepada Adam dan dalam rangka memenuhi perintah Allah.

BACA JUGA  Narasi Menyesatkan Fundamentalisme dan Radikalisme Islam

Pendapat yang kedua adalah pendapat yang lebih benar, karena bersujud pada syariat umat sebelum kita merupakan bentuk penghormatan, sebagaimana firman Allah ketika menerangkan kisah Nabi Yusuf:

وَرَفَعَ أَبَوَيْهِ عَلَى الْعَرْشِ وَخَرُّوا لَهُ سُجَّدًا

“Dan ia (Yûsuf) menaikkan kedua orangtuanya ke atas singgasana. Lalu mereka semua merendahkan diri dan bersujud kepada Yusuf.” (Yusuf: 100)

Ketika menafsirkan  ayat di atas, Ibnu Katsir menjelaskan, “Dulu sujud itu diperbolehkan dalam syari’at mereka. Apabila mereka memberi salam kepada orang tua, maka mereka bersujud kepadanya. Kebolehan ini terus berlaku dari jaman Adam hingga syari’at Isa AS, lalu diharamkan oleh agama Islam. Islam menjadikan sujud hanya dikhususkan pada Allah SWT.” (Tafsir ibnu Katsir, 4/412)

Jadi, dalam syariat kita, bersujud hanyalah kepada Allah SWT semata, dan tidak ada kata sujud kepada seorang pembesar dari jenis apapun, dan tidak boleh merendahkan diri kepadanya, karena merendahkan diri terlarang dan tidak diperbolehkan. Wallahu ‘alam bis showab!

 

Disadur dari buku “Manusia Langit Manusia Bumi” karya Dr. ‘Aidh Al-Qarni,  Penerbit Aqwam

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Uhuyy.. Pengamat Terorisme dan Komnas HAM Satu Suara Usulkan Pembubaran BNPT

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat terorisme dan Komisioner Komnas HAM sepakat terkait pembubaran Badan Nasional Penanggulangan...

Rabu, 02/12/2015 20:00 0

Afrika

Militer Nigeria Tak Akui Kehilangan 107 Personelnya Usai Diserang Boko Haram

KIBLAT.NET, Nigeria – Sebanyak 107 tentara Nigeria dilaporkan menghilang setelah pejuang Boko Haram menghancurkan pangkalan...

Rabu, 02/12/2015 19:20 0

Indonesia

Peneliti Asing: Identitas Islam Indonesia Masih Kurang Dikenal Masyarakat Dunia

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Riset dan Program Akademik International Institute of Islamic Thought (IIIT), Dr....

Rabu, 02/12/2015 18:59 0

Indonesia

Bidang Dakwah Yayasan Amanatul Ummah Adakan Kajian di Desa Malino Morowali Utara

KIBLAT.NET, Morowali Utara – Bidang Dakwah Yayasan Wakaf Amanatul Ummah mengadakan kajian rutin bulanan di Desa...

Rabu, 02/12/2015 18:27 0

Indonesia

Muhammadiyah Dorong Kader Mahasiswa Hasilkan Kader Pengusaha

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Anwar Abbas menghimbau agar kader Ikatan Mahasiswa...

Rabu, 02/12/2015 18:00 0

Indonesia

Ada Banyak Kasus Diskriminasi Polisi pada Orang Dekat Terdakwa Terorisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Kesan ditelantarkannya kasus pembunuhan dan perampokan terkait korban ibu mertua Daeng Koro, mantan...

Rabu, 02/12/2015 17:35 0

Indonesia

Jelang Akhir Tahun, Pengamat Terorisme Minta Aparat Waspadai Ancaman Ini

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat terorisme Ridlwan Habib menyatakan bahwa peningkatan kewaspadaan terhadap kemungkinan serangan terorisme...

Rabu, 02/12/2015 17:18 0

Suriah

Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Guna Atasi Tembakan Udara Turki

KIBLAT.NET, Suriah – Setelah pekan lalu Turki menembak jatuh jet tempur Rusia Su-24 di wilayah udara...

Rabu, 02/12/2015 17:00 0

Indonesia

Pembunuhan Mertua Daeng Koro, Komnas HAM Minta Polisi Tak Beda-bedakan Korban

KIBLAT.NET, Jakarta – Meski telah beberapa bulan berlalu, kasus perampokan dan pembunuhan terhadap Nafisah, 65...

Rabu, 02/12/2015 16:25 0

Wilayah Lain

Untuk Pertama Kalinya, Israel Mengaku Ikut Campur dalam Konflik Suriah

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa, (02/12), untuk pertama kalinya...

Rabu, 02/12/2015 16:09 0

Close