Tokoh dan Ulama Jakarta Gelar Muzakarah Ulama Sokong Gubernur Muslim

KIBLAT.NET, Jakarta – Ulama dan Tokoh Umat Islam Jakarta menggelar Muzakarah dan Silaturahim ulama untuk memenangkan pemimpin Muslim pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

“Majelis Muzakarah ini adalah suatu forum musyawarah habaib, ulama, dan tokoh masyarakat untuk mencari solusi kepemimpinan bagi masyarakat Jakarta yang berpenduduk mayoritas Muslim,” kata Presidium Muzakarah Ulama, Habib Riziq Shihab saat konferensi pers seusai Muzakarah Ulama dan Tokoh untuk Gubernur Muslim di Masjid Al-Ittihad, Tebet Mas, Jakarta Selatan, Kamis Siang (19/11).

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu menegaskan, Muzakarah Ulama saat ini pada tahap berkonsentrasi menyambut persiapan pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

“Karena, langkahnya persiapan pilgub, kita konsentrasi, fokus, serius bagaimana mengatur langkah terbaik secara konstitusional agar Gubernur Muslim dapat memenangkan pilgub mendatang, kita harus optimis,” papar Habib Rizieq.

Adapun kekhawatiran bila pemilihan Gubernur tidak dimenangkan oleh pemimpin Muslim, Habib Rizieq menegaskan, bahwa para ulama tetap akan memantau situasi dan mencari jalan keluar untuk kemaslahatan umat Islam di Jakarta.

Jika terjadi kemungkinan terburuk, kita tetap melakukan musyawarah untuk mencari solusi-solusi lanjutan. Artinya muzakarah tetap berkelanjutan, bukan hanya bicara pilgub, tetap membicarakan hal-hal di luar pilgub,” ucapnya.

Muzakarah itu menghasilkan sejumlah keputusan, di antaranya Muzakarah menetapkan Habib Rizieq Shihab sebagai ketua Majelis Tertinggi Forum Muzakarah Ulama dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Itqon KH. Mahmud Assirun sebagai Ketua Dewan Pemilih.

BACA JUGA  PBNU: Kapolri Baru Tak Boleh Pandang Bulu dalam Penegakan Hukum

Selain itu, Muzakarah bertagline ‘Insya Allah Jakarta Bersyari’ah’ ini juga merumuskan sejumlah kriteria pemimpin Muslim untuk ditawarkan kepada pihak-pihak yang siap bertarung pada perhelatan pilgub.

Dalam acara itu, sejumlah tokoh ormas Islam dan Ulama Jakarta turut hadir meramaikan musyawarah. Di antaranya, ulama Jakarta KH. Abdul Rosyid Syafii, KH. Kholil Ridwan, Sekjen FUI KH.Muhammad Al Khaththath, Ketua Kispa Ustadz Ferry Nur, Ketua Taruna Muslim Ustadz Alfian Tanjung, Direktur An-Nashr Insitute Munarman, Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Ustadz Farid Okbah dan lain-lain.

 

Reporter: Bilal Muhammad
Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat