Prancis Desak PBB Keluarkan Resolusi Perangi “Teroris”

KIBLAT.NET, Paris – Presiden Prancis Francois Hollande mendorong PBB secepatnya mengeluarkan resolusi untuk memerangi “terorisme”. Desakan ini dilakukan menyusul serangan Paris yang menewaskan 130 orang lebih.

Hollande dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon membahas hal itu pada Rabu (18/11). Pembicaraan ini dilakukan melalui sambungan telepon sebagaimana dikatakan kantor kepresidenan Prancis.

“Hollande menyampaikan keinginannya segera dikeluarkan resolusi yang menguatkan cara-cara perang melawan terorisme dan organisasi Daulah Islamiyah secepat mungkin,” kata pernyataan kantor kepresidenan Prancis seraya menunjukkan Ban Ki-moon mendukung keinginan itu.

Sebelumnya, Hollande meminta parlemen menggelar pertemuan dengan Dewan Keamanan Internasional secepat mungkin untuk mengeluarkan keputusan memerangi “teroris” bersama.

Ban Ki-moon memuji dan mendukung langkah Hollande setelah serangan di negaranya yang belakangan diklaim oleh Daulah Islamiyah itu. Terlebih, tambahnya, pada 30 November nanti, Prancis menjadi tuan rumah KTT PBB.

Pasca serangan Paris, Prancis mencari dukungan negara-negara besar untuk memerangi ISIS dan “teroris”, tak terkecuali kepada Rusia. Presiden Hollande mengancam memerangi apa yang ia sebut teroris sampai habis.

Perlu dicatat, serangan yang terjadi di Prancis tak terlepas keterlibatan negara itu dalam koalisi anti ISIS pimpinan AS. Negeri yang terkenal dengan menara Eifel itu mengirimkan jet tempur dan pasukan ke Iraq. Prancis juga memimpin pertempuran di Mali menghadapi mujahidin.

Sumber: Al-Jazeera
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat