Saudi Akan Kumpulkan Para Komandan Oposisi Suriah

KIBLAT.NET, Riyadh – Harian berbahasa Arab, Al-Quds Al-Araby, Selasa (17/11), mengungkap bahwa pemerintah Arab Saudi tengah melakukan kontak dengan sejumlah komandan oposisi Suriah, baik yang tergabung dalam Koalisi Nasional untuk Revolusi Suriah maupun yang tidak. Tujuannya untuk mengadakan pertemuan di Arab Saudi pada pertengahan Desember mendatang.

Koran yang berpusat di London, Inggris, itu menurunkan laporan ini melansir dari sejumlah sumber Suriah yang ada di kota Riyadh, Saudi. Sumber itu berbicara tanpa ingin disebutkan nama, seperti dikatakan Al-Quds Al-Araby yang dilansir portal Yaman almashhad-alyemeni.com.

“Dalam pertemuan itu akan dibentuk komando bersatu yang mengawal negosiasi dengan pemerintah Suriah awal tahun depan. Komando ini bertujuan melancarkan terealisasinya pemerintahan transisi di Suriah sebagai persiapan pemilihan umum sebagaimana yang disepakati di pertemuan Wina,” kata Al-Quds Al-Araby dalam laporannya.

Sumber itu mengatakan, Zahran Alusy yang merupakan komandan faksi Jaisyul Islam yang berpusat di Ghouthah dan sekitar Damaskus beberapa pekan lalu mengunjungi Riyadh. Dia bertemu dengan sejumlah pejabat Saudi yang menjadi delegasi pertemuan Wina. Mereka membahas hal-hal yang perlu di lapangan.

Kontak itu dilakukan berdasarkan koordinasi dengan pemerintah Qatar dan Turki. Seluruh oposisi Suriah, baik yang bergerak di militer maupun politik, diharapkan bisa duduk bersama membentuk komando bersatu. Nantinya, komando itu bertugas bernegosiasi dengan rezim untuk membentuk pemerintahan transisi dan dilanjutkan dengan pemilihan umum.

Seperti diketahui, sebanyak 20 negara yang ikut dalam pertemuan Wina menyepakati gencatan senjata dan membentuk pemerintahan transisi di Suriah. Kemudian akan digelar pemilihan umum untuk memilih presiden baru.

Sumber: almashhad-alyemeni.com
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat