Datang ke Poso, Kapolri dan Panglima TNI Mengecek Operasi Camar Maleo IV

KIBLAT.NET, Poso – Kapolri Jendral Badrodin Haiti berserta Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo pada Selasa (17/11) siang mengadakan kunjungan dinas ke Poso. Kapolri dan Panglima TNI ke Poso membawa agenda evaluasi kepada tim Operasi Camar Maleo IV di Poso.

“Ya, kedatangan saya hanya untuk mengecek, memberi motivasi dan evaluasi terhadap operasi yang dilaksanakan di poso ini yaitu Operasi Camar Maleo IV,” ungkap Kapolri

Kapolri juga menyampaikan bahwa evaluasi Operasi Camar Maleo IV sudah memiliki beberapa kemajuan dan beliau optimis akan selesai dan berhasil pada deadline waktu yaitu tanggal 9 Januari 2016.

“Sudah ada beberapa kemajuan dan saya optimis operasi ini akan berhasil sesuai deadline tersebut, ya kalau gak optimis gak hidup,” kata dia.

Tentang keterlibatan TNI dalam Operasi Camar Maleo IV, Kapolri menyampaikan bahwa keterlibatan TNI hanya sebagian yang terdiri dari unit-unit operasi dan TNI juga melakukan kegiatan karya bakti di masyarakat.

“Mereka ada juga sebagian yang membantu kita dan ada juga yang melakukan karya bakti pembinaan terhadap masyarakat di desa-desa di pinggir gunung. Itulah yang dilakukan, jadi tidak semuanya membantu operasi kita tetapi juga ada kegiatan karya bakti,” tambah Badrodin.

Kapolri membantah isu keterlibatan TNI yang sebelumnya dikabarkan telah menurunkan prajurit TNI sebanyak 1 batalyon.

“Itu tidak benar, justru satuan –satuan yang banyak adalah yang terjun di masyarakat. Kalau dari TNI membina masyarakat dan karya bakti, dan apa yang bisa dikerjakan. Jumlahnya sekitar 5 sampai 6 unit satu unit sekitar 10 orang,” ujar Badrodin.

BACA JUGA  Pengacara HRS: Putusan Hakim Tunggal Sesat Menyesatkan

Ditanya tentang apakah titik persembunyian Santoso sudah ditemukan, Kapolri menjawab hal itu tidak bisa disampaikan kepada media. “Itu tidak kita beritahukan dan nggak perlu disampaikan.”

Sementara itu, di akhir rapat tertutup bersama tim Operasi Camar Maleo IV, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo tidak memberikan keterangan apa-apa hanya mengatakan semua diberikan ke Kapolri sambil bergegas masuk ke dalam mobil. “Langsung ke Kapolri aja mas.. saya datang ke sini (untuk) men-support beliau aja,” ungkap Panglima TNI.

 

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat