... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AQAP Rilis Video Pertempuran Hadapi Syiah Hautsi di Taiz

KIBLAT.NET, Taiz – Mujahidin AQAP di Yaman merilis video panjang operasi militer yang dilakukan oleh para pejuang mereka di kota strategis Taiz di wilayah selatan. Dalam beberapa adegan terlihat para mujahidin terlibat baku tembak di jalanan dengan para pemberontak Syiah Hautsi dukungan Iran.

Video bertajuk “Pertempuran Jahmaliyah” itu diawali wawancara dengan sejumlah penduduk kota Taiz mengenahi serangan Hautsi terhadap mereka. Bangunan-bangunan telah hancur serta mayat-mayat warga sipil yang tewas dan terluka terlihat di mana-mana pasca serangan Syiah Hautsi di salah satu distrik kota tersebut. Selanjutnya, ditampilkan diskusi dan tanggapan sejumlah warga mengenahi dampak serangan tersebut serta persiapan mujahidin yang akan menyerang balik pemberontak Syiah. Pertempuran akhirnya pecah setelah seorang mujahidin AQAP menembakkan peluncur granat RPG-7 ke arah bangunan yang ditempati oleh Syiah Hautsi.

Pejuang lainnya membantu menyerang ke arah Hautsi dengan menggunakan berbagai macam senjata ringan Kalashnikov, PK, dan senapan mesin berat Dashaka. Pertempuran terjadi di dalam kota dari rumah ke rumah dan terus berlangsung siang dan malam sebelum kemudian beralih ke sebuah view atau sudut pandang seorang pejuang yang mengenakan action-camera. Mujahid tersebut memberikan arahan/perintah kepada pasukannya di jalan-jalan sebelum kemudian terlihat ia terluka saat mencoba menyeberangi sebuah jalan.

Taiz yang merupakan ibukota kultural Yaman, saat ini sedang diperebutkan antara Hautsi bersama sekutu mereka pendukung Ali Abdullah Saleh dengan pasukan pendukung Abd Rabbuh Mansur Hadi. Para pejuang AQAP dilaporkan juga terlibat dalam usaha menguasai kota strategis yang terletak di selatan tersebut. Video AQAP ini dirilis hanya beberapa pekan berselang setelah pasukan pemerintah dukungan koalisi pimpinan Arab Saudi dilaporkan meraih kemajuan di kota itu. Pasukan loyalis mantan Presiden Hadi dilaporkan berhasil meraih kemajuan di pegunungan yang tepat berada di pinggiran kota. Di samping itu, Uni Emirat Arab mengatakan bahwa mereka sedang mengirimkan pasukan tambahan ke area tersebut untuk membantu membebaskan kota Taiz yang terkepung.

BACA JUGA  Pemimpin Al-Qaidah Yaman Dilaporkan Terbunuh oleh Drone AS

Meskipun meraih kemajuan dalam melawan Syiah Hautsi di Marib, Aden, dan beberapa propinsi lainnya, Arab Saudi dan sekutu-sekutunya harus membayar mahal kebijakan intervensi mereka di Yaman. UEA paling banyak kehilangan tentara mereka sejak negara kerajaan tersebut berdiri pada tahun 1971, sementara pasukan Saudi juga banyak yang tewas baik di Yaman maupun di Saudi bagian selatan. Pasukan koalisi negara-negara Teluk tersebut juga kehilangan banyak kendaraan lapis baja mereka termasuk tank canggih M1 Abrams buatan Amerika yang hancur maupun terambil musuh.

Di saat pasukan koalisi fokus memerangi Syiah Hautsi, intervensi negara-negara Teluk tersebut justru berdampak memperkuat AQAP.

Kelompok jihadis itu dinilai mampu memanfaatkan dan mengelola situasi chaos yang sedang terjadi serta berhasil membuat banyak kemajuan di negara semenanjung Arabia tersebut. Pada bulan April, AQAP berhasil menguasai kota pesisir Mukallah di propinsi Hadramout dan membebaskan 300 tahanan setelah menyerang penjara di kota itu. Pada saat Syiah Hautsi menyerang Sanaa, AQAP berhasil menduduki sebuah basis militer di propinsi Shabwa. AQAP juga dilaporkan telah menguasai sejumlah distrik di dalam kota pelabuhan strategis Aden. Di samping itu, cabang al-Qaidah di Semenanjung Arabia ini juga menguasai wilayah propinsi di Abyan, Al Bayda, Lahj, dan Marib.

Kelompok ISIS juga hadir di Yaman dengan membentuk “embrio” wilayah di Yaman serta sudah beberapa kali menyerang masjid-masjid Syiah. Kelompok “khilafah” al-Baghdadi itu juga mengklaim melakukan sebuah serangan terhadap pasukan negara-negara Teluk di Aden yang menewaskan 15 tentara Saudi dan UEA, di samping serangan-serangan lainnya terhadap target sipil Syiah. Dalam video yang dirilis pada bulan Mei, kelompok “wilayah” ISIS ini terlihat memenggal sejumlah tentara pemerintah. Meski demikian, di Yaman kelompok Negara Islam (ISIS) masih fokus dengan melakukan serangan terhadap Syiah.

BACA JUGA  AQAP Klaim Insiden Penembakan di Pangkalan Militer AS di Florida

AQAP mencoba untuk menahan diri dari melakukan serangan terhadap masjid-masjid Syiah dan target-target sipil lainnya, dengan alasan mereka berkomitmen dan mengikuti arahan pemimpin al-Qaidah Syeikh Aiman adz-Dzawahiri. Di antara arahan beliau adalah melarang menyerang masjid, pasar, dan tempat-tempat umum lainnya untuk menghindari jatuhnya korban Muslim yang tak berdosa. Sebaliknya, Dr Aiman memberi arahan untuk memprioritaskan target-target yang lebih penting. Di Yaman, strategi AQAP yang membatasi operasi serangan-serangan hanya terhadap target militer dan pemerintah telah berhasil meraih simpati dan dukungan dari suku-suku sebagai basis untuk memperluas kekuasaan aktor non-state tersebut di negara semenanjung Arabia.

Sumber: TLWJ
Penulis: Yasin Muslim

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Siyasah

Beginilah Cara Penjajah Salibis Barat Menelikung Revolusi Umat (Bag. 1)

KIBLAT.NET – Perjalanan sejarah modern membuktikan bahwa setiap kali umat Islam dan bangsa-bangsa muslim bangkit...

Sabtu, 14/11/2015 09:41 0

Indonesia

Aliansi Tarik Mandat: SE Larangan Hate Speech Bentuk Ketakutan Pemerintah terhadap People Power

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Presidium Aliansi Tarik Mandat (ATM), Beni Pramula mengatakan Surat Edaran Kepala...

Jum'at, 13/11/2015 20:05 0

Indonesia

Komnas HAM Kutuk Teror terhadap Masjid Asy-Syuhada Bitung

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi Nasional untuk Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) mengecam keras tindakan intoleransi...

Jum'at, 13/11/2015 19:44 0

Indonesia

Mahasiswa dan Pemuda Islam Protes Keras Isi Ceramah Maulana ‘Jamaah O Jamaah’

KIBLAT.NET, Jakarta – Ceramah M. Nur Maulana di sebuah stasiun televisi, Senin (9/11/) lalu menuai banyak...

Jum'at, 13/11/2015 19:20 0

Indonesia

Datangkan Ketua Komunitas Gay, Seminar LGBT di Kampus Undip Semarang Dibubarkan

KIBLAT.NET, Semarang – Aksi protes dari puluhan Laskar Jamaah Ansharusy Syariah Semarang berujung pada dibubarkannya acara...

Jum'at, 13/11/2015 19:09 0

Indonesia

Didatangi Jamaah Ansharusy Syariah Semarang, Seminar LGBT Bubar

KIBLAT.NET, Semarang – Puluhan anggota Jamaah Ansharusy Syariah (JAS) mendatangi Kampus Universitas Diponegoro yang beralamat di...

Jum'at, 13/11/2015 18:58 0

Manhaj

Kenapa Harus Mengangkat Pemimpin Muslim?

KIBLAT.NET – Dalam ceramahnya di sebuah stasiun TV swasta nasional, seorang ustadz kondang kembali membuat...

Jum'at, 13/11/2015 15:39 0

Info Event

Hadirilah! Tabligh Akbar Bantu Suriah Pertahankan Al-Aqsha di Masjid Al-Furqon Kudus

KIBLAT.NET – Hadirilah!! Tabligh Akbar “Bantu Suriah Pertahankan Al-Aqsha” Pada hari Ahad 15 November 2015...

Jum'at, 13/11/2015 14:40 0

Indonesia

Komnas HAM Desak Negara Tindak Massa Peneror Masjid Asy-Syuhada di Sulut

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyampaikan keprihatinan yang mendalam...

Jum'at, 13/11/2015 11:10 0

Profil

Syaikh Yusuf Al-Ayiri, Sosok “Sahabat” yang Muncul di Abad Ini (1/2)

KIBLAT.NET – Ibarat satu jiwa yang mampu meneladani beberapa akhlak para sahabat Rasulullah SAW, generasi...

Jum'at, 13/11/2015 10:43 0

Close