Menlu Saudi: Solusi untuk Krisis di Suriah, Bashar Assad Harus Pergi

KIBLAT.NET, Riyadh – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adil Al-Jubair menegaskan bahwa krisis Suriah tidak akan bisa diselesaikan selama Bashar Assad masih berkuasa. Karenanya, pemimpin rezim Suriah itu harus pergi.
“Solusi untuk krisis di Suriah adalah bagi Assad harus pergi,” kata Al-Jubair, Rabu (11/11), setelah penutupan KTT Arab-Amerika Selatan ke-4 yang diselenggarakan di ibukota Saudi, Riyadh.
Menteri Luar Negeri Arab Saudi itu juga menyampaikan pernyataan terkait situasi di Yaman. Menurutnya negaranya memilih sebuah solusi politik untuk menyelesaikan konflik di negara tetangganya itu.
Dia juga mengapresiasi kesediaan dua kubu yang berseteru di Yaman, kubu pemerintah dan pemberontak Syiah Hautsi, yang akan menghadiri pembicaraan yang akan digelar PBB. Rencananya, pembicaraan itu akan dilaksanakan di Jenewa akhir bulan ini.
Dalam hal ini, Al-Jubair juga mencatat peran penting yang dimainkan oleh utusan khusus PBB di Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmad. Keberadaannya di Yaman menggantikan utusan PBB sebelumnya Jamal Benomar yang mengundurkan diri pada 15 April 2015.
Seperti diketahui konflik di Suriah telah berlangsung sejak tahun 2011, dan telah menyebabkan lebih dari 250.000 jiwa melayang. Sementara, jutaan warga Suriah terpaksa mengungsi ke sejumlah negara tetangga seperti Turki, Lebanon, Yordania bahkan hingga ke Eropa.
Sementara di Yaman, konflik meletus sejak pemberontak Syiah Hautsi melakukan kudeta pada September 2014. Kelompok pemberontak yang didukung oleh Iran itu menduduki kota Sanaa, dan memaksa pemerintah Abd Rabbuh Mansur Hadi memindahkan ibukota ke Aden.
Sumber : Anadolu
Penulis : Imam S.
Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat