... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jundul Aqsa Garis Depan Al-Qaidah Raih Kemajuan Di Sebuah Kota Kunci Di Suriah

KIBLAT.NET – Kelompok pejuang garis depan al-Qaidah di Suriah, Jundul Aqsa, menyatakan telah meraih kemajuan dengan merebut dan menguasai kota Morek dari tangan rezim Bashar Assad.

Posisi kota Morek dianggap strategis karena terletak di jalan utama yang menghubungkan kota-kota lainnya termasuk Aleppo dan Hama.

Pada hari Kamis (05/11), Jundul Aqsa merilis foto-foto mujahidin yang sedang merayakan kemenangan melalui Twitter resmi mereka, di antaranya menampilkan para jihadis tengah menguasai sejumlah posisi di dalam kota Morek.

Salah satu foto memperlihatkan para pejuang Jundul Aqsa berhasil merebut sebuah tank dari pasukan Assad. Sementara foto-foto lainnya terlihat para pejuang jihadis itu sedang mengumpulkan barang-barang ghanimah serta mengibarkan bendera ‘kalimat tauhid” warna hitam khas al-Qaidah di dalam kota.

Hingga berita ini dilaporkan, masih belum jelas apakah para pejuang Jundul Aqsa itu telah menguasai kota Morek secara keseluruhan ataukah baru sebagian. Sebuah cuitan di Twitter Jundul Aqsa mengindikasikan bahwa pertempuran masih sedang berlangsung.

Terdapat juga sebuah video berdurasi 30 detik yang memperlihatkan para mujahidin sedang bergerak melalui pusat kota Morek, sebagian terlihat ada yang terluka akibat pertempuran sengit tersebut. Banyak bangunan mengalami kerusakan parah dan sebagian reruntuhan jatuh di jalan raya.

Jundul Aqsa secara terbuka menyatakan sumpah setia kepada pemimpin al-Qaidah Syeikh Aiman adz-Dzawahiri dan selama ini telah bekerja bersama dengan sejumlah veteran al-Qaidah. Pada bulan April, akun resmi Twitter mereka memposting berita syahidnya Adel Radi Saker al Wahabi al Harbi, seorang agen al-Qaidah yang ditugaskan ke Suriah sebagai bagian dari kelompok Khurasan. Dari postingan Jundul Aqsa, diduga kuat bahwa al Harbi merupakan komandan militer mereka.

BACA JUGA  Kemenag: Harus Ada Standar Imam Masjid

Di bulan Mei, seorang anggota al-Qaidah lainnya yang cukup berpengalaman, Said Arif, dilaporkan gugur saat sedang memimpin pasukan Jundul Aqsa. Berita mengenahi gugurnya Said Arif ini juga dirilis oleh banyak pihak di kalangan jihadis melalui media sosial. Sang komandan tersebut diduga gugur dalam sebuah serangan udara koalisi pimpinan Amerika.

Jundul Aqsa didirikan oleh Syeikh Abdul Aziz al Qatari yang dilaporkan berperang dalam barisan al-Qaidah di Afghanistan. Beliau dekat dengan mendiang Syeikh Usmah Bin Ladin Rahimahullah dan juga dengan Dr. Aiman Adz-Dzawahiri. Kemudian ada laporan bahwa mayat beliau (Syeikh Qatari) ditemukan di akhir tahun 2014, selang beberapa bulan setelah beliau hilang secara misterius.

Sempat diberitakan oleh situs intelijen SITE, bahwa Jundul Aqsa menyatakan keluar dari koalisi Jaisyul Fatih yang notabene didirikan oleh Jundul Aqsa sendiri bersama JN. Namun dalam sebuah pernyataannya, Jundul Aqsa secara tegas menyatakan bahwa Syeikh Aiman Adz-Dzawahiri sebagai “Syeikhul Mujahidin” hari ini dan menyebut Dr. Aiman dengan “Yang Mulia” saat merujuk kepadanya, serta mendoakan perlindungan Allah SWT atas beliau (Dr. Aiman). Hal ini mengindikasikan bahwa Jundul Aqsa masih memberikan komitmen kesetiaannya kepada al-Qaidah.

Sementara itu, Jundul Aqsa juga masih terus berperang bersama Jabhah Nusrah. Pada tanggal 26 Oktober, Jundul Aqsa merilis pernyataan via Twitter yang memuji tiga pejuang yang gugur akibat terkena ranjau. Paling tidak salah satu dari ketiga mujahidin yang gugur tersebut adalah anggota JN.

 

BACA JUGA  Umat Islam dan Sejarah 1965

Penulis: Yasin Muslim
Sumber: The Long War Journal


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Erdogan Berkomitmen untuk Terus Perangi Kurdi

KIBLAT.NET, Turki – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu (04/11) mengatakan bahwa Turki...

Jum'at, 06/11/2015 06:39 0

Indonesia

Pemerhati Timur Tengah: Palestina Menjadi Pusat Perhatian Dunia

KIBLAT.NET, Depok – Pemerhati Timur Tengah, Dr Muhammad Luthfi mengatakan Palestina menjadi pusat perhatian dunia...

Kamis, 05/11/2015 23:45 0

Indonesia

Palestina Berjasa Bagi Kemerdekaan Indonesia

KIBLAT.NET, Depok – Pemerhati Timur Tengah, Dr Muhammad Luthfi mengatakan eksistensi Palestina begitu penting bagi...

Kamis, 05/11/2015 23:15 0

Indonesia

CIIA: Motif Politik Membonceng SE Hate Speech

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Community Islamic Ideological Analyst, Harits Abu Ulya mengatakan Surat Edaran (SE)...

Kamis, 05/11/2015 23:00 0

Munaqosyah

Perang Suriah, Fitnah yang Harus Dijauhi Atau Jihad yang Diberkahi?

KIBLAT.NET – Beberapa hari yang lalu, seorang ustadz dari salah satu kelompok Salafi memberikan ceramah...

Kamis, 05/11/2015 13:35 1

Indonesia

SNH Advocacy Center Duga SE Kapolri Pesanan Kelompok Tertentu

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Eksekutif SNH Advocacy Center Sylviani Abdul Hamid meminta agar Kapolri mencabut...

Kamis, 05/11/2015 11:30 0

Indonesia

SE Kapolri Tentang Ujaran Kebencian Dinilai Mirip dengan UU Subversif

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Eksekutif SNH Advocacy Center Sylviani Abdul Hamid menilai, terbitnya Surat Edaran Kapolri...

Kamis, 05/11/2015 10:36 0

Wilayah Lain

Bahrain Kembali Tangkap Organisasi Teroris Terkait Iran

KIBLAT.NET, Manama – Pemerintah Bahrain kembali mengumumkan, Rabu (04/11), menangkap kelompok teroris yang memiliki hubungan...

Kamis, 05/11/2015 09:15 0

Video Kajian

Kiblat Mimbar : Potret Ulama Bersama K.H Aminudin Bustomi

KIBLAT.NET – Saat ini ada kegelisahan diantara aktifis muda, bahwa sekarang banyak ulama yang menjadi selebriti...

Kamis, 05/11/2015 08:08 0

Indonesia

Sudah Ada UU ITE, IPW Nilai Surat Edaran Kapolri Mubazir

KIBLAT.NET, Jakarta – Surat Edaran Kapolri ‎No.06/X/2015 tentang ujaran kebencian atau hate speech dinilai mubazir...

Kamis, 05/11/2015 07:33 0

Close
CLOSE
CLOSE