... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Usung Jurnalisme Dakwah, JITU Adakan Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan

KIBLAT.NET – Para insan media yang tergabung dalam Jurnalis Islam Bersatu (JITU) Bandung akan mengadakan Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan (PJK), Sabtu (07/10/2015) mendatang. Pelatihan bertajuk Bersinergi Membangun Jurnalisme Dakwah ini, diperuntukan untuk ormas, komunitas, dan kelompok Islam lainnya yang memiliki spirit berdakwah, khususnya lewat tulisan.

Akan hadir sebagai pemateri, Redaktur Pelaksana Islampos M.Pizzaro Novelan Tauhidi, Wartawan Senior HU Pikiran Rakyat Achmad Setiyaji, Pemimpin Redaksi Tabloid Alhikmah. Habe Sungkaryo, dan Ketua JITU, Agus Abdullah. Kegiatan perdana ini rencananya dilaksanakan selama satu hari penuh di Gedung Wakaf No 99 Sukaluyu – Bandung dari pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Ketua Pelaksana PJK Senandika M. Kevin mengatakan, kelompok-kelompok ini telah lama berkiprah di dunia dakwah. Hanya sayang, kegiatan mereka banyak yang tidak tersiar, tertahan di media publikasi masing-masing.

“Karenanya untuk menjangkau segmentasi yang lebih luas serta efektifitas dalam menyampaikan pesan, perlu ada kerja sama yang apik antara ormas atau kelompok-kelompok tadi dengan media itu sendiri,” kata Senandika, Selasa (03/10/2015).

“Ketika ada acara, untuk kebutuhan publikasi biasanya mereka mengundang wartawan untuk datang ke lokasi. Karena pelbagai hal, tidak selamanya wartawan itu bisa menghadiri undangan tersebut. Ya, alhasil, kegiatan sebagus apa pun, ketika tidak terberitakan bisa dikatakan berakhir begitu saja,” paparnya.

Senandika yang juga jurnalis dari Alhikmah.co ini menambahkan, ada juga yang melaporkan kegiatan sebagaimana versi yang mereka pahami. Namun, karena minimnya pengalaman menulis, misalkan, banyak content yang perlu dibenahi. Sehingga, imbuhnya, media kerap kerja dua kali lebih berat untuk bisa menghadirkan sajian berita yang sesuai gaya media tersebut, dengan tidak menghilangkan makna awal dari berita yang dikirimkan.

BACA JUGA  PKS: Kebakaran Hutan Setiap Tahun Terjadi, Seharusnya Pemerintah Bisa Antisipasi

“Dari sanalah lahir ide memberikan pelatihan menulis untuk ormas dan kelompok-kelompok Islam tadi. Dengan pelatihan ini mereka mendapatkan ilmu dan tips menulis. Feedback-nya, bisa membuat rilis sesuai standar-standar media,” lanjut Senandika.

Sedikit membocorkan, Senandika mengatakan, bukan hanya materi humas dan jurnalistik dasar yang akan diterima peserta. Melainkan ada juga diskusi-diskusi ringan semisal kasus-kasus ketimpangan pemberitaan di pelbagai media mainstream.

Senandika berharap, kegiatan perdana yang dihelatnya ini bisa menjadi ajang pencarian penulis potensial. Khususnya, yang bisa berkontribusi untuk media Islam dalam hal dakwah bil qalam. “Ya, memang ini proses yah, ke depannya juga akan ada pelatihan-pelatihan lanjutan yang masih erat kaitannya dengan hal-hal yang seperti ini. Jadi bagi sesiapa yang berkenan, penasaran, dan mempunyai waktu yang luang, jangan buang kesempatan segera daftar di acara ini,” ajaknya.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari Sinergi Foundation, Radio Fajri Bandung dan media-media Islam lainnya yang tergabung dalam JITU, baik cetak, elektronik, maupun online

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Rusia-AS Uji Komunikasi Operasi Jet Tempur di Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Sebuah pesawat tempur Rusia dan satu pesawat Amerika Serikat telah melakukan sebuah...

Rabu, 04/11/2015 09:11 0

Wilayah Lain

Pasca Jatuhnya Pesawat Rusia, Emirates Takut Lewati Sinai

KIBLAT.NET, Abu Dhabi – Maskapai Emirates mengumumkan telah menghentikan penerbangan di atas Semenanjung Sinai, Mesir....

Selasa, 03/11/2015 16:40 0

Yordania

Ali Al-Halabi: Tidak Boleh Membunuh Tentara Yahudi

KIBLAT.NET, Amman – Lagi-lagi ulama Yordania yang mengaku bermanhaj salafi, Syaikh Ali Hasan Al-Halabi, memunculkan...

Selasa, 03/11/2015 14:40 1

Amerika

Langgar Janji Tak Akan Kirim Tentara ke Suriah, Begini Kilah Obama

KIBLAT.NET, Washington – Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Senin (02/11), berkilah bahwa pengiriman puluhan pasukan...

Selasa, 03/11/2015 13:36 0

Analisis

Hekmatyar Menyangkal Hizb-i-Islami Mendukung ISIS

KIBLAT.NET – Masih ingat dengan Gulbuddin Hekmatyar? Di masa jihad Afghanistan era 80an melawan invasi...

Selasa, 03/11/2015 12:30 0

Amerika

Partai Republik: Obama Lemah di Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Partai Republik AS, Senin (02/11), menuduh Obama menunjukkan kelemahannya dalam kebijakan AS...

Selasa, 03/11/2015 11:45 0

Iran

Dituduh Hina Pemimpin Syiah, Wartawan Iran Dipenjara

KIBLAT.NET, Teheran – Iran kembali menangkap wartawan senior karena dituduh menghina pemimpin spiritual tertinggi Syiah...

Selasa, 03/11/2015 11:20 0

Mesir

Mesir Tahan Putri Mufti Ikhwanul Muslimin

KIBLAT.NET, Kairo – Polisi Mesir menahan putri seorang pemimpin senior Ikhwanul Muslimin yang ditetapkan sebagai...

Selasa, 03/11/2015 11:00 0

Rusia

Rusia Siap Kirim Sistem Pertahanan Rudal S-300 ke Iran

KIBLAT.NET, Moskow – Kantor berita Rusia, Interfax, melaporkan bahwa perlahan negara eksportir senjata Rosoboronexport mengatakan...

Selasa, 03/11/2015 09:50 0

Suriah

Kerugian Militan Syiah Hizbullah di Suriah Kembali Bertambah

KIBLAT.NET, Damaskus – Korban tewas Syiah Hizbullah Lebanon terus meningkat dalam sebulan terakhir, tepatnya sejak...

Selasa, 03/11/2015 09:12 0

Close