Rusia-AS Uji Komunikasi Operasi Jet Tempur di Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Sebuah pesawat tempur Rusia dan satu pesawat Amerika Serikat telah melakukan sebuah uji komunikasi terencana di wilayah udara Suriah. Hal itu diungkapkan oleh pejabat militer kedua negara..

Pentagon mengatakan bahwa uji komunikasi tersebut berlangsung sekitar tiga menit, sebagaimana dilansir BBC, Selasa (03/11). Percobaan itu dirancang sebagai validasi protokol keamanan yang telah disetujui bulan lalu.

Bulan lalu pesawat kedua negara memasuki wilayah pertempuran yang sama. Setelah itu kemudian ditandatangani kesepakatan untuk menghindari bentrokan antara armada tempur udara dua negara itu.

Pihak Pentagon menyebutkan bahwa uji komunikasi itu dilakukan di Suriah Selatan. “Untuk melatih awak serta pasukan lapangan untuk kecelakaan pesawat jarak dekat yang berbahaya,” kata pejabat militer senior Rusia.

Akhir September lalu Rusia mulai melancarkan serangan udara terhadap pejuang Suriah. Hal itu dilakukan menyusul sejumlah kekalahan yang dialami pasukan rezim Bashar Assad dari kelompok mujahidin.

Sumber: BBC
Penulis: Imam Suroso

 

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat