... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Jabhah Nusrah dan ISIS Rilis Video Latihan Perang Kota di Suriah

KIBLAT.NET, Aleppo – Dua kelompok jihadis utama di Suriah, Jabhah Nusrah dan Negara Islam al-Baghdadi (ISIS), dilaporkan sedang melakukan pelatihan perang kota bagi para pejuang masing-masing di sejumlah kamp di Suriah.

Dalam beberapa hari terakhir ini, keduanya merilis video propaganda melalui media sosial berisi aktifitas para pejuang mereka yang sedang berlatih taktik perang kota atau UO (Urban Operation – terminologi Amerika) dan FIBUA (Fighting In Built Up Areas – terminologi Inggris).

Kelompok Negara Islam mengadakan latihan tersebut di sebuah kota yang berada di wilayah kekuasaan mereka, sementara JN berlatih taktik gerilya kota di sebuah lokasi dekat dengan kota yang masih diperebutkan di Aleppo.

Dalam tayangan propaganda itu, terlihat ISIS memamerkan kegiatan latihan pasukan mereka di kota kuno Palmyra yang berada di tengah gurun Homs. Para pejuang loyalis al-Baghdadi itu terlihat sedang berlatih melakukan infiltrasi ke sebuah bagian di dalam kota sebelum kemudian mereka mempraktekkan navigasi secara efektif dalam sebuah model pertempuran. Senjata yang mereka gunakan di antaranya: senapan mesin (Dashaka 12,7 mm), senapan serbu Kalashnikov, dan peluncur granat RPG-7.

Cabang resmi Al-Qaidah, JN, merilis sebuah video dari unit Batalyon Saifullah Syisyani yang sedang melakukan latihan perang kota di dalam gedung-gedung di propinsi Aleppo. Batalyon Saifullah Syisyani ini memiliki banyak anggota yang mayoritas berasal dari Kaukasus dan sejumlah mujahidin lainnya yang berbahasa Rusia. Dinamakan Saifullah Syisyani merujuk kepada seorang komandan militer JN asal Chechnya yang gugur dalam pertempuran di Aleppo di awal tahun 2014.

BACA JUGA  Omnibus Law: Pesta Oligarki di Tengah Pandemi

Dalam tayangan video terlihat komandan baru mereka yang berasal dari Uzbek memberikan briefing kepada para pejuang peserta latihan sebelum praktek teknik “clearing” gedung. Keterangan dwi-bahasa Arab & Rusia juga digunakan untuk menjelaskan penggunaan senapan mesin M240 buatan Amerika (atau FN Mag – versi NATO) yang didapatkan saat JN memerangi kelompok oposisi dukungan Amerika di wilayah tersebut.

Sebelum ini, sejumlah kelompok jihadis juga dilaporkan membuat video propaganda yang sama, di antaranya: Jaisyul Muhajirin wal Anshor dan Katibah Tauhid wal Jihad sebelum keduanya menyatakan bergabung dengan JN. Pada tahun 2014, Jamaah Sabiri pro-ISIS yang memiliki anggota para pejuang asal Dagestan dan Uzbekistan juga merilis video latihan perang kota.

Kamp Latihan Jihadis di Iraq & Suriah
Menurut penelusuran TLWJ, kelompok Daesh atau ISIS mengoperasikan 68 kamp/muaskar (35 di Iraq, 33 di Suriah). JN mengoperasikan 26 kamp di Suriah. Kelompok-kelompok lain yang berafiliasi dengan mereka mengoperasikan 45 kamp (43 di Suriah, 2 di Iraq), di mana 12 di antaranya dikelola oleh para jihadis Kaukasus, 5 kamp oleh kelompok jihadis Uzbek, 3 kamp oleh jihadis Uighur, sementara mujahidin asal Gaza, Maroko, dan Kazakhstan masing-masing menjalankan 1 kamp/muaskar.

Beberapa waktu yang lalu, al-Qaidah menggunakan berbagai fasilitas pelatihan milik mereka untuk melatih para pejuang menghadapi pertempuran dalam sebuah perlawanan lokal, mengidentifikasi dan merekrut pejuang yang potensial untuk misi serangan terhadap kepentingan Barat, serta untuk mendukung kelompok-kelompok jihad lainnya yang menjadi sekutu lokal mereka.

BACA JUGA  Cekal Dicabut, Habib Rizieq Bersiap ke Indonesia

Ketakutan Barat atas ancaman yang timbul dari latihan taktik gerilya kota semacam ini tergambar dalam serangan dahsyat terhadap Charlie Hebdo di Paris di awal tahun ini. Dalam insiden itu, dua orang laki-laki bersenjata diketahui terkait dengan AQAP (Al-Qaidah in Arabian Peninsula) menunjukkan betapa mereka terlatih secara profesional.

Latihan ISIS

Latihan Jabhah Nusrah

Penulis: Yasin Muslim
Sumber: The Long War Journal


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Jabhah Nusrah dan ISIS Rilis Video Latihan Perang Kota di Suriah”

  1. Arham

    mana videonya???? ini beneran latihan gabungan atau menarik simpati rakyat?

  2. Rifqi Ridha

    Masya Allah, mudah2an mereka semua yang ikhlas dalam berjihad diberikan kemenangan dan atau kemuliaan. mereka itu bukan latihan gabungan tapi kebetulan menggelar latihan yang sama di wilayah masing2. Wallahu a’lam.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Syaikh Adz-Dzawahiri Seru Mujahidin Dunia Bersatu Lawan Koalisi AS-Rusia

KIBLAT.NET, Doha – Pemimpin organisasi Al-Qaidah, Syaikh Aiman Adz-Dzawahiri, menyeru seluruh kelompok jihad bersatu melawan...

Senin, 02/11/2015 09:25 0

Palestina

Pengemudi Palestina Tabrak Tentara Israel, Satu Kritis

KIBLAT.NET, Tepi Barat – Setidaknya tiga tentara Israel luka-luka, Ahad (01/11), setelah ditabrak mobil yang...

Senin, 02/11/2015 08:49 0

Video Kajian

Tadzkirah : Fitnah Akhir Zaman (Vocal by Ust. Abu Fatiah Al Adnani)

KIBLAT.NET- Setiap Nabi sudah menginggatkan kepada umatnya tentang Dajjal yang akan datang pada akhir zaman kelak....

Senin, 02/11/2015 08:05 0

Mesir

Beberapa Kemungkinan Penyebab Kecelakaan Pesawat Rusia di Sinai

KIBLAT.NET, Mesir – Kecelakaan pesawat yang menimpa sebuah maskapai Rusia Sabtu lalu (31/10) masih menimbulkan...

Senin, 02/11/2015 07:12 0

Indonesia

Ini Dia Kriteria Calon Gubernur DKI Jakarta Versi PKS

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemilihan Gubernur DKI Jakarta baru akan digelar tahun 2017. Namun, PKS memiliki...

Ahad, 01/11/2015 15:26 0

Indonesia

Awal November, PKS Agendakan Musyawarah Kerja Nasional

KIBLAT.NET, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-4. Acara...

Ahad, 01/11/2015 14:30 0

Indonesia

Aksi Leopard di Mall Alam Sutera Buktikan Teori Terorisme Ala BNPT

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat terorisme Mustofa Nahrawardaya menyatakan bahwa aksi terorisme yang terjadi di Mall...

Ahad, 01/11/2015 14:00 0

Suriah

Dalam Sehari, Jet Tempur Rusia Habisi 64 Warga Sipil Suriah

KIBLAT.NET, Aleppo – Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, dalam dua puluh empat jam...

Ahad, 01/11/2015 13:35 0

Indonesia

Soal Larangan Asyura, Bima Arya Telah Berikan Penjelasan kepada Komnas HAM

KIBLAT.NET, Bogor – Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan tanggapan terkait teguran Komnas HAM terhadap surat...

Ahad, 01/11/2015 13:25 0

Afrika

Mujahidin Asy-Syabab Rilis Foto Hasil Operasi Ambush Di Somalia Tengah

KIBLAT.NET, Somalia – Gerakan Syabab Mujahidin, kelompok jihadis cabang resmi Al-Qaidah di Somalia melalui situs...

Ahad, 01/11/2015 12:15 0

Close
CLOSE
CLOSE