... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Ritual Syiah Asyura: Cinta Keluarga Nabi atau Fanatik Dinasti Persi?

KIBLAT.NET — Setiap tanggal 10 Muharram, kaum Syiah memperingati ritual Asyura. Dengan dalih memperingati kematian Husain bin Ali RA, mereka mencambuk dan melukai diri sendiri sebagai tanda bersedih dan berduka. Dalam acara tersebut, mereka berteriak-teriak, “Ya Husain.. ya Husain.” Ritual ini disebut juga dengan tathbir.

Kegiatan menyiksa diri itulah yang sedang ramai dibicarakan, terutama terkait Walikota Bogor Bima Arya yang dengan tegas melarang perayaan Syiah tersebut di kotanya. Bima beralasan, kegiatan tersebut meresahkan warga. Seperti sudah diperkirakan, keputusan tersebut menuai tsunami. Pegiat Syiah berkolaborasi dengan kelompok liberalis dan kiri menggalang penentangan dan pengecaman terhadap Bima.

Secara akal, banyak logika terbolak-balik yang terjadi pada ritual ini. Salah satu pertanyaan yang hingga kini belum terjawab, dari sekian putra Ali bin Abi Thalib RA, mengapa hanya Husain RA saja yang diperingati kematiannya secara dramatis ini? Sebagai pendahuluan, mari kita mengenal nama-nama putra Ali bin Abi Thalib, yaitu: 1. Al-Hasan, 2. Al-Husein, 3. Al-Muhsin, 4. Al-Abbas, 5. Hilal, 6. Abdullah, 7. Ja’far, 8. Utsman, 9. Ubaidillah, 10. Abu Bakar dan 11. Umar.

Lalu mengapa hanya Al-Husein saja yang diperingati sedemikian hebohnya? Kalau cara kematian Al-Husein RA yang dibunuh secara tragis, maka sang bapak, Ali bin Abi Thalib RA juga meregang nyawa oleh sebuah pengkhianatan yang tak kalah kejamnya. Kalau Al-Husein memiliki nasab yang tersambung ke Rasulullah SAW, yang tidak dimiliki Ali bin Abi Thalib, maka mengapa 10 saudara Al-Husain yang sama-sama cucu langsung Nabi SAW “dianak-tirikan?”

Kultus terhadap Al-Husain RA yang dilakukan oleh kelompok Syiah tidak berhenti di sini. Dari jalur keturunan Al-Husain inilah mereka menetapkan 12 orang yang disebut sebagai Imam yang sangat disakralkan. Semuanya adalah keturunan Al-Husain RA, tidak ada satupun cucu Ali bin Abi Thalib RA dari jalur anaknya yang lain.

Mengapa sedemikian jauh perlakuan Syiah terhadap Al-Husain dibandingkan cucu-cucu Nabi SAW lainnya? Mari simak fakta berikut ini.

Ketika kerajaan Persi runtuh oleh serangan kaum Muslimin di masa kekhilafahan Umar bin Khattab RA, raja Persi saat itu, Yazdajir terbunuh. Beberapa putri Yazdajir kemudian menjadi tawanan pasukan Muslimin. Oleh Khalifah Umar bin Khattab RA, anak-anak Yazdajir tersebut dihadiahkan kepada beberapa orang.

Dalam kitab Al-Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir menyebutkan masing-masing nama putri Yazdajir tersebut. Jumlahnya tiga orang, dihadiahkan kepada Abdullah bin Umar; lalu satunya lagi dihadiahkan kepada Muhammad bin Abu Bakar, dan seorang lagi bernama Syahzanah diberikan kpada Al-Husein bin Abi Thalib RA. Pernikahan Al-Husein dengan Syahzanah inilah yang kemudian melahirkan generasi, dan dari garis keturunan ini pulalah kaum Syiah menetapkan 12 Imam mereka yang ma’shum.

Dari sini, sangat kentara sekali ada unsur pengkultusan terhadap keturunan dinasti Persi dari putra-putra Syahzanah, anak Raja Yazdajir. Dari sini pulalah kemudian muncul pertanyaan besar: sebenarnya ritual Asyura yang menggambarkan duka cita atas kematian Al-Husein, lalu penetapan imam 12 yang ma’shum bagai kedudukan Nabi, benarkah semua itu wujud dari kecintaan kepada keluarga Nabi SAW, atau sebuah fanatisme dinasti Persi, kaum Majusi penyembah api?

Penulis: Fahrudin

Editor: Hamdan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Ritual Syiah Asyura: Cinta Keluarga Nabi atau Fanatik Dinasti Persi?”

  1. Anda kenapa sih pada ribut ngurusin Syiah, kaya kebakaran jenggot aja dan sepertinya sekte anda rapuh hingga takut pengikutnya kepincut lari ke Syiah,, orang Syiah mau asyuro mau beda dg sunni biarkan saja lah, itu hak manusia masing2, ini Indonesia bro bukan Saudi yang memonopoli sekte

  2. Anonymous

    maslahnya bukan karena piajakan sunni yang rapuh, tapi pokok ajaran syiah sendiri yang mengganggu keyakinan umat islam. mereka itu menghina ushul aqidah islam dalam perkara syahadat, shahabat, ummul mukminin dsb. ketika kaum muslimin meyakini para sahabat sebagai umat yg terbaik dan mndapat keridhoan dr Allah, eh sama mereka malah dihina dan dicela. parahnya lagi, hinaan itu mereka susupkan ke dalam keyakinan orng2 awam di kalangan umat islam. ini yg harus kita perhatikan. memyelamatkan akidah umat dari ajaran2 sempalan dalam islam,

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Mujahidin Pukul Mundur Tentara Rezim di Desa Pedesaan Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Mujahidin Suriah beberapa waktu lalu (Rabu sore, 28/10), merebut kembali desa Skaik...

Kamis, 29/10/2015 08:00 0

Irak

Hadapi Serangan Daulah di Samarra, Militer Iraq Minta Dukungan Militer

KIBLAT.NET, Shalahudin – Pasukan keamanan Iraq, Rabu (28/10), meminta bantuan pasukan untuk menghadang serangan Daulah...

Kamis, 29/10/2015 07:45 0

Afghanistan

Pertempuran Sengit Berkecamuk di Afghanistan Utara

KIBLAT.NET, Takhar – Pertempuran antara pasukan pemerintah dan pejuang Taliban di Afghanistan Utara, Rabu (28/10),...

Kamis, 29/10/2015 07:00 0

Amerika

AS Akan Kirim Pasukan Khusus ke Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat mulai bergerak mengirim pasukan khusus ke Suriah dan helikopter serbu...

Kamis, 29/10/2015 06:15 0

Iran

AS Undang Iran Hadir dalam Pertemuan Membahas Suriah

KIBLAT.NET, Teheran – Iran yang merupakan negara utama pendukung rezim Bashar Assad akan berpartisipasi dalam...

Kamis, 29/10/2015 05:36 0

Mesir

Mesir Perpanjang Status Darurat di Sinai

KIBLAT.NET, Kairo – Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi pada Rabu (28/10) memperpanjang status darurat di beberapa...

Rabu, 28/10/2015 21:00 0

Indonesia

CIIA: Tidak Semua Pelarangan Kegiatan Kelompok Agama Melanggar HAM

KIBLAT.NET, Jakarta – Pelarangan ritual Asyuro kaum syiah oleh Walikota Bogor Bima Arya di wilayah...

Rabu, 28/10/2015 20:34 0

Indonesia

Peringati Sumpah Pemuda, BNPT Gelar Pencegahan Radikalisme di Yogyakarta

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar rangkaian...

Rabu, 28/10/2015 19:24 0

Profil

Profil Dr Hani As-Siba’i: Ulama Mesir Pemerhati Dunia Jihad

KIBLAT.NET – Dari bumi Nabi Musa, terlahir ulama-ulama jihadi terkemuka. Sebut saja Dr Aiman Az-Zawahiri...

Rabu, 28/10/2015 17:29 0

Indonesia

Inilah 7 Poin Penting Tabligh Akbar ‘Ini Indonesia Bukan Indoneshia’

KIBLAT.NET, Pekanbaru – Tabligh Akbar “Ini Indonesia, Bukan Indoneshia” pada Ahad (25/10) di Pekanbaru menghasilkan...

Rabu, 28/10/2015 16:29 0