MUI: Laporan TPF Komnas HAM Soal Tolikara Sudah Sesuai Fakta

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH.Ma’ruf Amin mengatakam komisioner Komnas HAM, Manager Nasution bersama TPF Tolikara sudah menyampakan laporan sesuai fakta di lapangan.

“Laporan dia bersifat faktual bukan memihak,” katanya kepada wartawan seusai konferensi pers di gedung MUI Pusat, Jl. Proklamasi No.51, Jakarta, Rabu (21/10).

Kiyai Ma’ruf mempersilahkan pihak-pihak yang keberatan dengan laporan TPF Komnas HAM Tragedi Tolikara untuk membuktikan tuduhan mereka.

“Kalau mereka bisa membuktikan, dia (Maneger, red) tidak sesuai fakta silahkan saja diperiksa,” tegasnya.

Kalau menurut saya dia sudah sesuai dengan fakta apa yang dia lihat,” tutupnya.

Sekedar diketahui, sejumlah LSM mengadukan Maneger Nasution ke Komnas HAM karena dinilai berpihak kepada umat Islam di Tolikara.

Dalam suratnya, mereka menuding Maneger Nasution telah memiliki kesimpulan sendiri bahwa insiden di Tolikara adalah peristiwa “pembakaran masjid”. Kesimpulan itu dianggap dibuat seketika setelah peristiwa terjadi tanpa didasari fakta lapangan.

Di antara yang melaporkan adalah Abdurrahman Wahid Centre UI, Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika, Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Keadilan dan Perdamaian di Tanah Papua, LBH Jakarta, Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), dan Yayasan Satu Keadilan.

Mereka mendesak Komnas HAM untuk memeriksa Maneger Nasution karena dinilai melakukan pelanggaran kode etik dan dapat dikenakan pergantian antar waktu.

 

Reporter: Bilal Muhammad
Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat