Pasukan Loyalis Presiden Yaman Dilaporkan Berhasil Rebut Selat Bab Al-Mandeb

KIBLAT.NET, Aden – Pasukan loyalis presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi dilaporkan telah berhasil merebut Selat Bab Al-Mandeb. Sebelumnya wilayah tersebut dikuasai oleh pemberontak Syiah Hautsi.

Pejabat senior militer Yaman mengatakan bahwa pasukan pemerintah telah kembali mengontrol selat strategis tersebut, termasuk pulau Mayun. Keberhasilan itu diraih atas kerja sama dengan kelompok perlawanan rakyat yang mendukung Hadi.

Selat Bab Al-Mandeb merupakan salah satu wilayah yang dianggap sangat strategis. Perairan itu memisahkan Semenanjung Arab dengan Tanduk Afrika, serta menghubungkan Laut Merah dengan Teluk Aden.

Sumber militer tersebut tak memberikan keterangan rinci terkait oprasi perebutan selat tersebut. Sementara, pihak pemberontak Hautsi juga belum menyampaikan pernyataan terkait hal itu.

Ketegangan di Yaman terjadi sejak September tahun lalu, saat pemberontak Syiah Hautsi menduduki ibukota Yaman. Akibatnya, pemerintah di bawah kepemimpinan Abd Rabbuh Mansur Hadi memindahkan ibukota ke Aden, yang kemudian juga direbut oleh pemberontak yang didukung Iran itu.

Atas permintaan pemerintah Yaman, negara-negara Teluk kemudian membentuk koalisi. Mereka kemudian melakukan serangan udara yang menargetkan pemberontak Syiah, hingga Aden dapat diambil alih.

Sumber : Anadolu

Penulis : Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat