Ratusan Demonstran Kutuk Iran di Depan Kantor PBB

KIBLAT.NET, New York – Ratusan orang menggelar demonstrasi di depan kantor pusat PBB di New York, AS, di saat konferensi Majelis Umum PBB yang 70. Mereka mengutuk kebijakan politik dan intervensi Iran dalam urusan negara-negara Arab.

Aksi yang dilakukan pada Selasa (29/09) bertepatan dengan pidato Presiden Iran Hassan Rauhani di hadapan peserta konferensi.

Dilansir dari Al-Jazeera, para demonstran adalah aktivis dan oposisi Iran, Suriah dan Yaman. Kendati demo ini digelar setiap tahun oleh aktivis, namun kali ini pesertanya lebih banyak dan dari berbagai warga negara.

Demonstran mengangkat slogan-slogan mengutuk dukungan Iran terhadap organisasi-organisasi zalim di Suriah dan Yaman. Begitu juga, dukungan Iran terhadap faksi-faksi bersenjata yang membuat kerusuhan di negara Arab.

Mereka menuduh Iran berada di balik kekacauan dan kerusakan di Suriah, Yaman dan Iraq. Segala peran rezim Iran dalam menyelesaikan kekacauan itu harus ditolak.

Para demonstran juga mendesak PBB mengakhiri kebijakan Iran di wilayah Arab. Iran harus dipaksa untuk tidak mengganggu urusan negara tetangga.

Sementara itu, Rauhani dalam pidatonya menyampaikan tentang pecahnya krisis di lebih dari satu negara Arab. Menurutnya, krisis itu lebih buruk karena ada campur tangan militer negara lain.

Sumber: Al-Jazeera
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat