... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pakistan, Mesir dan Sejumlah Negara Identifikasi Korban Insiden Mina

KIBLAT.NET, Mina – Perwakilan negara Pakistan, Mesir, Iran dan sejumlah negara lain memulai tugas menyakitkan, yaitu mengidentifikasi warga mereka yang menjadi korban meninggal di antara 717 korban kecelakaan di Mina pada Kamis (24/09) lalu.

Mayat-mayat korban dipindahkan dari rumah sakit ke sebuah rumah pemulasaraan jenazah di wilayah Muaisam, Mina pada Kamis malam waktu setempat.

Di rumah pemulasaraan itu mayat-mayat dibersihkan dan difoto untuk diidentifikasi. Cap jari-jari mereka diambil untuk membantu mencocokkannya dengan database para jamaah yang dipegang pihak imigrasi Arab Saudi saat kedarangan mereka.

Pihak berwenang juga menunjukkan gambar-gambar 500 korban kepada para kerabat dan pemimpin kelompok haji untuk mengidentifikasinya.

Hampir 300 warga Pakistan dilaporkan hilang dalam kejadiaan di Mina. “Jamaah yang hilang sebenarnya adalah 432, tetapi 100 diantaranya hilang pada hari Jumat,” kata seorang relawan haji Pakistan yang tak mau disebutkan namanya. “Hilang dengan tak diketahui penyebabnya berarti mereka telah meninggal,” terangnya.

Sepuluh warga Pakistan telah dinyatakan meninggal dan tujuh lainnya terluka. Sementara warga India yang teridentifikasi sebanyak 16 orang. “Kami mengelurakan sebuah daftar kematian 14 jamaah pada Jumat dini hari,” kata Konsul Jenderal India BS Mubarak. “Kami mengidentifikasi dua mayat lagi pada Jumat malam,” imbuhnya.

Konsulat jenderal India itu tetap bersiaga bersama timnya hingga larut malam, untuk membantu para kerabat jamaah haji yang hilang.

BACA JUGA  Syiah Hutsi Yaman Rudal Bandara Saudi, 26 Pengunjung Terluka

Menurut sebuah organisasi relawan India, sekelompok besar jamaah dari Mangaluru masih belum ditemukan. Anggota kelompok itu mengatakan bahwa para jamaah dari kelompoknya berada di lokasi dimana kecelakaan terjadi.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Khalid Al-Falih berpendapat bahwa peristiwa terinjaknya para jamaah haji kemungkinan disebabkan oleh jamaah yang tidak mengikuti arahan dari petugas haji.

Dalam pernyataan yang dimuat di situs kementeriannya, Al-Falih mengatakan bahwa penyelidikan terhadap tragedi terburuk dalam ritual tahunan selama 25 tahun terakhir itu akan dilakukan secepatnya.

“Penyelidikan, yang kemungkinan disebabkan sejumlah jamaah bergerak tanpa mengikuti petunjuk otoritas terkait, akan dilakukan secepatnya dan akan diumumkan sebagaiman dalam insiden lainnya,” ungkapnya.

Al-Falih mengatakan bahwa korban yang terluka tengah dipindahkan ke rumash sakit di Mekkah, dan jika diperlukan akan dibawa ke sejumlah wilayah lain di negara itu.

Di antara para korban itu adalah para ekspatriat yang bertugas di negara kerajaan itu. Sebuah sumber mengatakan bahwa sekelompok ekspatriat asal Kerala, India yang tinggal di Mekkah meninggal dalam kecelakaan itu.

Sementara pihak berwenang Indonesia menyatakan bahwa setidaknya ada tiga orang jamaah haji asal Indonesia yang wafat. Pejabat Kenya pun mengatakan bahwa tiga orang jamaah yang meninggal diantaranya adalah dari negara mereka.

Menteri Agama dan Wakaf Mesir Muhammad Mukhtar Gomaa mengatakan kepada kantor berita MENA bahwa jumlah korban yang meninggal dari negaranya telah mencapai 14 orang, dan 30 lainnya luka-luka. Turki melaporkan meninggalnya empat orang warganya, dan lima jamaah masih hilang. Sementara, Iran menyatakan bahwa sebanyak 131 warga negaranya meninggal terinjak-injak dalam kejadian di jalan Arab 204 tersebut.

BACA JUGA  Syiah Hutsi Yaman Rudal Bandara Saudi, 26 Pengunjung Terluka

“Rincian lengkap asal kewarganegaraan (korban) akan memakan waktu,” kata seorang dokter di bagian gawat darurat di rumah sakit terkemuka di Mina. Dia mengatakan bahwa sebagian besar jamaah yang meninggal mengalami ganguan pernapasan. Dia juga mengatakan bahwa sebenarnya masih ada kemungkinan untuk menyelamatkan mereka, namun rumah sakit kewalahan saat terjadinya tragedi itu.

Menurutnya sebagain besar korban terinjak-injak sampai meninggal. “Terdapat jejak kaki berlumuran darah di dada, leher mereka, yang artinya para jamaah dari belakang mencoba memanjat mereka.”

 

Penulis: Imam S.
Sumber : Arabnews

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Citra Satelit Tampilkan Dua Fasilitas Militer Rusia di Latakia Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Sebuah gambar pencitraan satelit ADS (Airbus Defence and Space) yang dipublikasikan oleh...

Sabtu, 26/09/2015 20:30 0

Indonesia

Walikota Bandung Ditolak ‘Salaman’, Begini Komentar Netizen

KIBLAT.NET, Jakarta – Setelah Walikota Bandung Ridwan Kamil mengunggah foto saat ia ditolak bersalaman oleh...

Sabtu, 26/09/2015 18:46 0

Indonesia

Tolak Bersalaman, Akhwat Ini Bikin Walikota Bandung Tersipu Malu

KIBLAT.NET, Jakarta – Bersalaman antar lawan jenis bagi para pejabat publik adalah hal biasa. Dalam acara-acara...

Sabtu, 26/09/2015 18:32 0

Artikel

Perluas Peperangan dengan ISIS, Amerika Akan Fokus Persenjatai Pejuang

KIBLAT.NET – Terkait dengan kegagalan strategi Amerika di Iraq, para pejabat Sentral Komando AS pasti...

Sabtu, 26/09/2015 16:37 0

Indonesia

Usai Insiden Mina, 225 Jemaah Haji Indonesia Dilaporkan Hilang

KIBLAT.NET, Mekkah – Kantor Urusan Haji Republik Indonesia Kantor Daerah Kerja Makkah telah merilis data terkini...

Sabtu, 26/09/2015 16:00 0

Artikel

Masuki Suriah, Angkatan Kedua Milisi Bentukan AS Serahkan Seluruh Senjatanya untuk JN

KIBLAT.NET – Secara luas telah diberitakan betapa parahnya reputasi angkatan pertama pasukan oposisi “moderat” yang dilatih...

Sabtu, 26/09/2015 14:22 2

Artikel

Kampanye Ide Khomeini di Balik Duka Mina 1436 H.

KIBLAT.NET — Tragedi Mina yang terjadi kemarin (24/9) mengejutkan banyak pihak. Setelah sebelumnya badai pasir...

Jum'at, 25/09/2015 21:58 0

Indonesia

KPHI Imbau Masyarakat Pegang Info PPIH dan Kemenlu Soal Insiden Mina

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Drs. H. Slamet Effendy Yusuf, MSi...

Jum'at, 25/09/2015 10:30 0

Indonesia

KH.Ma’ruf Amin Sampaikan Bela Sungkawa untuk Syuhada Haji di Mina

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan takziyah kepada para Syuhada’ haji, khususnya yang...

Jum'at, 25/09/2015 09:54 0

Wilayah Lain

Israel Bolehkan Polisi Gunakan Peluru Tajam Hadapi Warga Pelestina

KIBLAT.NET, Tepi Barat – Kantor Perdana Menteri Israel mengumumkan bahwa Kabinet Urusan Politik dan Keamanan,...

Jum'at, 25/09/2015 09:51 0

Close