Citra Satelit Tampilkan Dua Fasilitas Militer Rusia di Latakia Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Sebuah gambar pencitraan satelit ADS (Airbus Defence and Space) yang dipublikasikan oleh Stratfor, sebuah lembaga konsultan geopolitik dan intelijen di Austin – Texas, memperlihatkan setidaknya terdapat 16 pesawat tempur Rusia yang ditempatkan di pangkalan udara Bassel al-Assad dekat kota Latakia pada tanggal 20 September 2015.

Pesawat-pesawat tempur tersebut meliputi 12 unit (mirip) Su-25, 4 unit (mirip) Su-30, dan 7 unit (mirip) helikopter Mi-24.

Sementara sejumlah foto satelit yang diambil pada pertengahanan September dan yang didapatkan oleh HIS Jane’s memperlihatkan pasukan Rusia sedang membangun dua fasilitas militer tambahan di dekat pesisir barat Suriah yang menghadap laut Mediterania. Demikian menurut laporan dari sebuah sumber Rob Munks, editor (Information Handling Service) IHS Jane’s divisi Ulasan Intelijen pada hari Selasa (22/09) kemarin.

Sebelumnya Munks mengatakan bahwa pekerjaan rahasia oleh militer Rusia sedang berlangsung di sebuah fasilitas penyimpanan senjata dan di sebuah pangkalan militer di sebelah utara Latakia, mengindikasikan bahwa Rusia sedang melakukan persiapan untuk menempatkan pasukannya di kedua lokasi tersebut.

Rusia dilaporkan telah menambah jumlah pasukan mereka secara signifikan di sebuah pangkalan udara di bagian selatan Latakia yang merupakan kantong pertahanan rezim Basyar Assad, termasuk menempatkan berbagai pesawat tempur dan helikopter, tank, artileri, dan asrama-asrama militer.

Washington mengkhawatirkan dukungan Moskow terhadap Assad dan para pejabat AS mengatakan bahwa hubungan Moskow-Damaskus yang semakin erat itu sangat mengganggu meskipun AS dan Rusia sama-sama punya kepentingan memerangi kelompok-kelompok jihadis di Suriah.

BACA JUGA  Dari Pembubaran ke Pembaruan

Menurut laporan Wall Street Journal, penyedia layanan informasi pertahanan dan intelijen, IHS Jane’s memperoleh gambar fasilitas militer Rusia tersebut dari sebuah divisi satelit komersial Grup Airbus SE, yang dalam publikasi pertamanya dalam bentuk pencitraan satelit.

Munks menyampaikan kepada Reuters bahwa salah satu fasilitas militer tersebut berlokasi di suatu tempat berjarak 7 km sebelah utara Latakia, sementara yang kedua berjarak 3 km di sebelah baratnya. Dalam gambar tersebut terlihat pembangunan gedung-gedung baru dan pengerjaan tanah, termasuk sejumlah tenda-tenda militer yang biasa digunakan oleh unit-unit tentara Rusia.

“Salah satu situs atau fasilitas militer tersebut berdekatan dengan fasilitas peluncuran rudal anti-pesawat SAM (Surface to Air Missile) untuk pertahanan udara,” pungkas Munks.

 

Penulis: Yasin Muslim
Sumber: Reuters

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat