TPP Bantah Gabung ISIS

KIBLAT.NET, Pakistan — Sering ada rumor yang menyebutkan bahwa berbagai kelompok jihad akan membelot dari poros Taliban–Al Qaidah untuk kemudian bergabung dengan kelompok Negara Islam (ISIS). Salah satu organisasi yang sering disebut terkait dengan rumor itu adalah Gerakan Taliban di Pakistan atau TTP (Tehrik-e-Taliban). Namun, baru-baru ini juru bicara kelompok jihad TTP, Muhammad Khurasani membantah berbagai berita miring yang terus berulang itu.

Menurut Khurasani, laporan-laporan tersebut hanya berdasarkan pada kebohongan. Bahwa, informasi apapun yang menyatakan bahwa Mullah Fazullah, Pemimpin Taliban Pakistan telah berbaiat kepada Negara Islam (ISIS) adalah “tidak benar”.

Sebuah gambar postingan dari sayap propaganda dan media resmi TTP, Umar Media, membubuhkan tanda silang “besar pada sebuah akun yang mengklaim akan segera merilis  video Mullah Fazullah berbaiat kepada Abu Bakar Al-Baghdadi.

Para pemimpin Taliban Pakistan sebelumnya sudah menjelaskan bahwa mereka tidak akan bergabung dengan kelompok Al-Baghdadi. Pada bulan Mei 2015, kelompok ini menerbitkan sebuah pamflet 60an halaman, berisi penolakan terhadap “kekhilafahan” yang diklaim secara sepihak oleh kelompok Negara Islam di Iraq dan Suriah.

TPP Bantah Baiat ISIS

Terbitan pamflet tersebut ditulis oleh seorang mujahid yang dikenal dengan nama Abu Utsman Salarzai, dimaksudkan untuk mengungkap kesalahan-kesalahan al-Baghdadi yang mengklaim sebagai khalifah baru. Salarzai memuji pemimpin Taliban Afghanistan, Mullah Umar,  yang saat itu dikira masih hidup, demikian juga terhadap mendiang Syeikh Usamah Bin Ladin rahimahullah, dan juga penggantinya pemimpin Al-Qaidah Syeikh Aiman Adz-Dzawahiri.

BACA JUGA  Komisi III DPR Setuju Listyo Sigit Jadi Kapolri

 

Membelot ke ISIS; Siapa dan Mengapa?

Namun demikian, di lapangan memang ada fakta sejumlah komandan Taliban Pakistan yang tidak puas telah dan menyatakan bergabung dengan ISIS. Pada bulan Januari, sekelompok pemimpin TTP level menengah menyatakan baiatnya kepada Al-Baghdadi. Pada bulan Februari, amir TTP untuk wilayah kesukuan Bajaur juga dilaporkan menyeberang ke ISIS.

Pembelotan biasanya terjadi karena adanya pertentangan dan perselisihan di internal koalisi Taliban Pakistan pada tahun sebelumnya. Organisasi TTP merupakan aliansi beberapa kelompok jihad di Pakistan bagian utara. Sebagian pendiri kelompok-kelompok tersebut memutuskan untuk keluar dari aliansi dan beroperasi secara independen untuk sementara waktu.

Namun demikian, Al-Qaidah dan Taliban Afghanistan tidak pernah kehilangan sekutu-sekutu mereka di dalam tubuh organisasi TTP.

Di bulan Maret, satu faksi utama Jamaat ul-Ahrar memutuskan bergabung kembali dengan organisasi payung TTP. Sementara, kelompok jihadis lainnya Lashkar-e-Islam juga memutuskan bergabung dengan Taliban Pakistan.

Sumber: TLWJ
Penulis: Yasin Muslim

 

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat