... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Konfirmasi Jubir Taliban: Mullah Umar Meninggal Dunia April 2013

Foto: Foto Mulla Muhammad Umar, pemimpin sekaligus pendiri Taliban. Beliau meninggal dua tahun lalu akibat sakit keras

KIBLAT.NET – Juru bicara Taliban Dzabihullah Mujahid telah mengonfirmasi bahwa Mullah Umar Mujahid Amir Imarah Taliban telah meninggal dunia pada 23 April 2013 lalu.[1] Namun kabarnya disembunyikan oleh para petinggi Imarah dan baru diumumkan kepada publik Kamis 30 Juli 2015. (baca juga: Pengarus ISIS Pasca Kematian Amir Taliban).

Sebelum pengumuman resmi itu, media-media Barat mengabarkan bahwa Mullah Umar telah meninggal sejak tahun 2013 lalu. Kabar ini bersumber dari Haseeb Sediqi, juru bicara dinas intelijen Afghanistan.

Sementara itu pengumuman resmi dari Keluarga dan Gerakan Taliban keluar sehari setelah pengumuman dinas Intelijen Kabul. Teks dalam pengumuman resmi itu memang tidak menyebutkan tanggal kematian Mullah Umar, tetapi mengatakan bahwa “kesehatannya memburuk dalam dua minggu terakhir.”

Dari kalimat tersebut, sebagian analis kemudian menyimpulkan bahwa kematiannya tidak kembali ke bulan April 2013 sebagaimana klaim otoritas Kabul.[2] Belakangan, Juru bicara resmi Taliban dalam wawancaranya yang dimuat empat hari lalu di website resmi Imarah membenarkan tanggal kematian tersebut.

Dampak Kematian Pemimpin Berpengaruh

Syaikh Abu Mundzir Asy-Syinqithi salah satu ulama Mimbar Tauhid wal Jihad mencatat, kematian seorang pemimpin berpengaruh sering menjadi masa kritis dalam sejarah bangsa dan rakyat. Setelah kematiannya bisa terjadi disintegrasi loyalitas dan perselisihan.

Seorang pemimpin besar itu mampu menyatukan kata dan barisan. Dengan kematian mereka, para pengikut hawa nafsu dan kerusakan akan mendapatkan angin segar.

Sejarah banyak mengabadikan terjadinya kekacauan dan munculnya pemberontakan serta perselisihan kematian seorang pemimpin diumumkan. Contohnya adalah meluasnya wabah kemurtadan di sebagian besar wilayah jazirah Arab setelah wafatnya Nabi saw.

Malik bin Nuwairah adalah salah satu bukti dalam hal ini. Ia telah diamanahi oleh Nabi saw untuk mengumpulkan zakat dari sukunya. Ketika kabar kewafatan Nabi saw sampai kepadanya, ia menahan zakat dan berbalik dari tugasnya.

BACA JUGA  Pria Kulit Putih Bersenjata Meneror Masjid di Norwegia, Seorang Muslim Terluka

Contoh lain, Ibnu Khaldun telah melaporkan bahwa Sultan Thughral Bek (Dinasti Saljuk) berjalan dari Baghdad sampai ke negeri Jail. Ketika ia sampai di Ar-Ray, ia jatuh sakit dan meninggal. Kabar kematiannya pun terdengar ke Baghdad. Maka seketika kondisi berubah guncang dan masyarakat mengangkat senjata untuk memerangi orang-orang Arab badui. Kematian itu menjadi sebab banyaknya kerusuhan.(Tarikh Ibnu Khaldun III/467)

Beberapa Kasus Kematian yang Disembunyikan

Oleh karena itu, sejarah banyak mencatat kematian pemimpin yang disembunyikan sampai ada suasana yang kondusif untuk diumumkan dan aman dari fitnah.

Contoh-contohnya dalam sejarah adalah:

  1. Kematian Al-Manshur

Ketika Al-Manshur meninggal dunia, Ar-Rabi’ Al-Hajib menyembunyikan kematiannya sampai khalifah baru (Al-Mahdi) dibaiat oleh para senior dan tokoh Bani Hasyim. Setelah itu baru Al-Manshur dikuburkan.” (Al-Bidayah wan An-Nihayah, X/129).

  1. Kematian Ali bin Yusuf bin Tasyifin

Amirul Mukminin Ali bin Yusuf meninggal dunia 7 Rajab 537 H. Kabar kematiannya disembunyikan selama tiga bulan, sampai 7 Syawal. Kematiannya diumumkan, setelah putranya, Abu Muhammad Tasyiqin memegang kekuasaan.

Ali bin Yusuf memang seorang khalifah yang berpengaruh tinggi. Ia dikenal sebagai amir daulah murabithah terbaik, setelah ayahnya. (Daulah Islam fil Andalus, III/241)

  1. Kematian Raja Al-Kamil

Ibnu Khallikan mengatakan tentang kematian Raja Al-Kamil, ”Dia meninggal pada Rabu sore dan dimakamkan di benteng Damaskus pada Kamis, 22 Rajab. Saya hadir di Damaskus pada saat itu. Dan pada Sabtu pagi, saya berada di masjid Jami’ Damaskus. Mereka menyembunyikan kematiannya sampai shalat Jumat. Ketika shalat Jumat selesai, beberapa dai naik kursi di depan mimbar dan mengucapkan bela sungkawa untuk Raja Al-Kamil.”

Ibnu Khallikan juga mendoakan keselamatan untuk Raja Al-Adil penguasa Mesir. Saya hadir di situ pada waktu itu. (Syadzarat Adz-Dzahab, V/173)

  1. Kematian Maula Ibrahim bin Yazid

“Ketika Maula Ibrahim bin Yazid Amir Tathawin (Magrib Al-Aqsha) meninggal dunia, para petinggi negaranya menyembunyikan kematiannya selama dua atau tiga hari. Mereka kemudian memanggil penduduk untuk membaiat saudaranya Maula Said bin Yazid. (Al-Istiqsha li Akhbaril Maghrib Al-Aqsha, III/152).

  1. Kematian Sultan Abu Marwan Abdul Malik Al-Mu’tashim Billah bin Muhammad.
BACA JUGA  RAND CORPORATION: Dari Radikalisme ke Imperialisme AS

Sultan Abu Malik meninggal karena diracun dalam peperangannya dengan Nasrani yang berani melawan karena diprovokasi oleh keponakannya sendiri Muhammad bin Abdullah Al-Maslukh.

Dalam kondisi sakit, ketika itu ia dibawa di dalam tandu untuk memimpin perang. Atas takdir Allah, tidak ada yang mengetahui bahwa ia telah meninggal dunia kecuali orang dekatnya. Ia menyembunyikan kematiannya dan langsung masuk ke barisan pasukan dan mengatakan bahwa Sultan memerintahkan si fulan untuk pergi ke suatu tempat. Si fulan lainnya agar memegang bendera perang, fulan lainnya lagi maju atau mundur.

Ia adalah seorang pemberani. Bahkan ketika mati, dalam keadaan meletakkan jarinya di mulut seolah-olah memberi isyarat kepada orang yang tahu agar menyembunyikan kematiannya sampai kemenangan diraih dan tidak perlu gentar. Maka mereka pun menyembunyikan kematiannya, lalu meraih kemenangan atas kaum Nasrani. (Al-Iqtisha fi Akhbaril Maghribil Aqsha, V/80-83).

  1. Kematian Ibnu Tumrat

Ketika meninggal, ia dikafani oleh Abdul Mukmin bin Ali dan dishalatkan, lalu dikubur secara rahasia di tempat sujudnya seperti wasiatnya. Orang-orang dekatnya menyembunyikan kematiannya selama tiga tahun dan tidak mengumumkan kecuali tahun 527 H. Setelah mereka sepakat untuk membaiat Abdul Mukmin bin Ali (Daulah Al-Muwahhidin, 86).

Masih banyak lagi sederet pemimpin yang Kematiannya disembunyikan,  seperti Syah Mazandaran Rustum bin Ali bin Syahrayar bin Qarin (Al-Kamil fi At-Tarikh, V/95); Sultan Dzahir Baybars (As-Suluk li Ma’rifati Duwalil Muluk, I/216); dan Makmun Al-Muwahhidin Idris bin Abdullah Mukmin bin Ali (Al-Ihathah fi Akhbari Gharhathah, I/99). (Lanjutkan membaca….)

 

Reporter: Salem

Editor: Abdullah

Sumber:

 

[1] http://www.shahamat-arabic.com/archives/7473

[2] http://www.raialyoum.com/?p=294344

[3] http://al-aren.com/vb/showthread.php?t=10937

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

CIA Gulirkan Operasi Khusus Targetkan Komandan Jihadis di Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Surat kabar Amerika Serikat, Washington Post, Selasa (01/09), melaporkan bahwa Badan Intelijen...

Rabu, 02/09/2015 12:50 0

Turki

Bulan Sabit Merah Turki Gelontorkan $354 Juta untuk Pengungsi Suriah

KIBLAT.NET, Ankara – Lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Turki telah menggelontorkan dana hampir 345 juta...

Rabu, 02/09/2015 10:51 0

Afrika

Al-Shabab Duduki Pangkalan Militer Uni Afrika

KIBLAT.NET, Shabelle – Gerakan Al-Shabab Mujahidin, Selasa (01/09), mengontrol pangkalan militer pasukan Uni Afrika (AMISOM)...

Rabu, 02/09/2015 09:45 0

Yordania

Ratusan Ribu Anak Suriah Mulai Belajar di Sekolah Yordania

KIBLAT.NET, Amman – Pemerintah Yordania menyatakan bahwa ratusan ribu anak-anak Suriah mulai masuk sekolah di...

Rabu, 02/09/2015 09:19 0

Afrika

Milisi Loyalis Haftar Bunuh Imam Masjid di Benghazi, Libya

KIBLAT.NET, Benghazi – Militan loyalis mantan panglima militer Libya, Khalifah Haftar, membunuh seorang imam masjid...

Rabu, 02/09/2015 08:29 0

Video Kajian

[Video] Kiblat Mimbar : Agar Hajimu Diterima Bersama Ust. Abu Rusydan

KIBLAT.NET- Musim haji telah tiba. Jutaan kaum muslimin di seluruh dunia yang mampu, berbondong-bondong menuju...

Rabu, 02/09/2015 08:06 0

Yaman

Koalisi Teluk Kirim Bantuan Militer ke Provinsi Marib dan Al-Jauf, Yaman

KIBLAT.NET, Marib – Koalisi Teluk dan militer Yaman mengirim bala bantuan untuk membantu pejuang suku...

Rabu, 02/09/2015 07:31 0

Yaman

Pemberontak Syiah Hautsi Tangkapi Puluhan Aktivis di Sanaa

KIBLAT.NET, Sanaa – Pemberontak Syiah Hautsi beberapa hari terakhir melakukan kampanye penggerebekan dan penangkapan besar-besaran...

Rabu, 02/09/2015 06:30 0

Afrika

Al-Shabaab Lancarkan Serangan ke Pangkalan Uni Afrika

KIBLAT.NET, Mogadhisu – Pejuang Al-Shabaab Somalia berafiliasi ke Al-Qaeda menghantamkan pangkalan militer Uni Afrika dengan...

Selasa, 01/09/2015 18:05 0

Myanmar

Myanmar Larang Rohingya Perbaiki Masjid yang Rusak Diterjang Banjir

KIBLAT.NET, Arakan – Pihak berwenang Myanmar melarang warga Muslim Rohingya membenahi tempat ibadah mereka yang...

Selasa, 01/09/2015 18:00 0

Close