Pasca Serangan Bersenjata, Palang Merah Internasional Hentikan Operasi di Aden Yaman

KIBLAT.NET, Aden – Komite Internasional Palang Merah (ICRC) pada Selasa (25/08) menghentikan sementara kegiatannya di kota pelabuhan Yaman selatan, Aden, setelah kantornya diserbu oleh orang bersenjata tak dikenal satu hari sebelumnya.

Wilayah Aden sebagian besar berada dalam kondisi tanpa hukum, karena menjadi garis depan dalam konflik antara pendukung pemerintah dukungan Barat Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi dan gerakan Syiah Hautsi sekutu-Iran.

Meskipun pasukan yang setia kepada pemerintah Hadi merebut kembali Aden dari Syiah Hautsi bulan lalu, militan al-Qaeda masih mampu menyebar ke daerah itu pada hari Sabtu.

Para pejabat keamanan Yaman di Aden kepada Reuters mengatakan, sekitar 50 pasukan Saudi telah tiba di kota pelabuhan pada hari Selasa untuk membantu membangun kembali pasukan polisi lokal, yang telah ambruk terpisah dalam lima bulan pertempuran.

Kepala operasi ICRC Aden, Samer Jarjouhi mengatakan serangan hari Senin di kantor Palang Merah terbaru dalam 10 insiden lainnya.

Para penyerang menahan staf di bawah todongan senjata dan mencuri mobil, uang tunai dan peralatan, demikian juru bicara ICRC Dibeh Fakhr mengatakan dalam sebuah komentar di email.

Lembaga bantuan itu telah memindahkan 14 staf internasionalnya, kata Fakhr kepada Reuters di Jenewa.

Dalam rangka menghadang pengaruh Iran di Yaman, koalisi Arab berusaha mengalahkan Houthi dengan kampanye serangan udara sejak Maret. Setidaknya 4.300 orang tewas sejauh ini dan Yaman telah jatuh ke dalam krisis kemanusiaan saat negara telah runtuh.

Milisi Syiah Hautsi mengklaim mereka memerangi pemerintah korup yang bersekutu dengan al-Qaeda.

Satiu dari beberapa lembaga bantuan masih beroperasi di Aden dan Yaman secara keseluruhan, Palang Merah telah memainkan peran kunci dalam menyediakan pasokan medis dan pengobatan untuk warga.

 

Sumber: Al Arabiya
Penulis: Qathrunnada

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat