... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Sirajuddin Zuraiqat, Sosok Tangguh Penentang Syiah di Lebanon

Foto: Syaikh Sirajuddin Zuraiqat

KIBLAT.NET – Dia dikenal sebagai sosok tangguh penentang Syiah. Suaranya lantang dalam mengajak segenap umat Islam –terkhusus di Lebanon—untuk memerangi Syiah. Beberapa operasi militer telah dia lakukan untuk menargetkan Syiah di Lebanon. Selaku Amir organisasi yang dipimpinnya, dia bertanggung jawab atas seluruh operasi tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukannya adalah serangan bom syahid ganda terhadap Kedutaan Besar Iran di Beirut pada 19 November 2014. Dia juga pernah memberi ultimatum kepada Syiah Hizbullah dan menyerunya untuk angkat kaki meninggalkan Suriah serta tidak ikut campur tangan dalam konflik di sana.

Siapakah mujahid mulia ini? Dia adalah Amir Brigade Abdullah Azzam (AAB), Syaikh Sirajuddin Zuraiqat. Sirajuddin adalah Amir ketiga setelah dua pemimpin sebelumnya wafat. AAB mulai beroperasi pada tahun 2009 dan pendirinya adalah Saleh Al-Qarawi  yang akhirnya syahid diterjang drone di Pakistan.

Setelah itu tampuk kepemimpinan dipegang oleh Majid bin Muhammad Al-Majid  pada Juni 2012 hingga 4 Januari 2014. Majid Al-Majid wafat karena sakit gagal ginjal dalam sebuah penahanan. Setelah itu, kepemimpinan AAB dipegang oleh Syaikh Sirajuddin Zuraiqat. Baik Saleh Al-Qarawi maupun Majid bin Muhammad Al-Majid termasuk dari 85 orang terduga teroris dan paling dicari oleh Arab Saudi.

Brigade Abdullah Azzam

Brigade Abdullah Azzam

Mengenal Syaikh Sirajuddin Zuraiqat

Tidak banyak sebenarnya yang dapat diketahui tentang jati dirinya sebagai amir AAB. Sirajuddin adalah penduduk asli Lebanon. Lahir di wilayah ibu kota Lebanon, Beirut dan hidup dalam lingkungan keluarga yang sederhana. Ayahnya adalah seorang arsitektur dan ibunya keturunan ahlu bait dari jalur Miqdad.

Perikahannya terhitung muda, yakni  pada usia dua puluhan tahun. Dia pernah bercerai dengan seorang wanita dan akhirnya menikah lagi untuk kedua kalinya. Gelar sarjana ia raih di Universitas Al-Azhar cabang Beirut Fakultas Syariah. Setelah lulus, Sirajuddin bergabung dengan Dar Al-Fatwa di Beirut. Karakternya yang kuat dan kelembutannya membuatnya disenangi orang-orang di sekitarnya. Hingga, ia dipercaya untuk menjadi khatib sekaligus imam di beberapa masjid di ibukota Lebanon.

Sirajuddin adalah pekerja ulet. Selain bekerja di Dar Al-Fatwa, ia juga membuka sebuah toko kaset ceramah keagamaan. Kegigihannya dalam membela sunnah terlihat  ketika bekerja di Dar Al-Fatwa. Ia memperjuangkan kaum Sunni agar bangkit dari keterpurukan dan kehinaan. Namun, usaha itu tidak berjalan mulus begitu saja. Ia mendapat tekanan dan gangguan yang tidak sedikit dari orang yang tidak suka padanya.

BACA JUGA  Belajar Tentang Belajar (Bag. 1)

Kiprah Sirajuddin Zuraiqot dalam Jihad

Kejadian yang menjadi titik balik dari kehidupannya adalah ketika berada di tahun 2008. Saat itu, pasukan rahasia Syiah Hizbullah mencaplok perkampungan Sunni di Beirut Barat. Setelah kejadian ini, Sirajuddin gencar mengkritik Hizbullah. Sirajuddin menjadikan Dar Al-Fatwa sebagai senjata untuk menolong umat Islam yang tertindas oleh Syiah.

Logo Dar Al-Fatwa Lebanon

Logo Dar Al-Fatwa Lebanon

Sejak awal, AAB adalah sebuah organisasi yang berafiliasi dengan Al-Qaidah. Pendirinya, Saleh Al-Qarawi adalah pemimpin dari Al-Qaidah cabang Saudi Arabia (sebelum melebur menjadi AQAP). Sebelum bergabung dengan AAB dan diangkat sebagai amir, Sirajuddin pernah dipenjara dan ditangkap intelijen Lebanon karena diduga terlibat kegiatan terorisme.

Penahanannya tersebut tidak berlangsung lama. Sirajuddin tidak terbukti terlibat dalam kegiatan terorisme, meskipun dirinya memang terkenal lantang menyuarakan kejahatan Syiah Hizbullah. Salah seorang  mufti yang bernama Syaikh Rasyid Muhammad Qabbani menentang penahanan Sirajuddin. Karena desakan inilah pihak intelijen membebaskan calon Amir AAB ini dari penjara.

Bergabung dengan Brigade Abdullah Azzam

Setelah dikeluarkan dari penjara sekitar bulan Agustus 2012, selang beberapa bulan kemudian Sirajuddin bergabung dengan AAB dan secara otomatis berafiliasi dengan Al-Qaidah.

Sepeninggal Amir AAB kedua, Majid bin Muhammad Al-Majid, diangkatlah Sirajuddin sebagai penggantinya pada tahun 2014. Sirajuddin dipercaya memegang tampuk kepemimpinan AAB karena kapabilitasnya yang mumpuni. Hingga saat ini, dirinya sering muncul dalam media online dan mengecam Syiah Hizbullah.

Pada 1 Juli 2014, Sirajuddin memberi ultimatum kepada Syiah Hizbullah untuk keluar dari Suriah, “Saya katakan kepada partai Iran (Hizbullah) secepatnya menarik diri dari Suriah sebelum terlambat,” ancam Sirajudin Zuraiqat dalam akun resminya di situs jejaring sosial Twitter, Selasa (01/07). Dalam twitnya itu, ia juga menuliskannya dengan bahasa Persia. “Ini bagi yang tidak memahami bahasa Arab,” tulis Zuraiqat.

Hizbullah Lebanon

Hizbullah Lebanon

Zuraiqat menuduh Syiah Hizbullah telah menciptakan ‘terorisme’ di Lebanon. Dia juga membantah kelompoknya dituduh melakukan aksi “terorisme” ketika meledakkan Kedutaan Besar Iran di Beirut dan di basis-basis Hizbullah lainnya di Lebanon. “Serangan itu untuk menolong orang-orang yang dizalimi di Suriah dan Lebanon serta membalas segala kejahatan,” tegasnya.

BACA JUGA  Massa PA 212 Akan Kepung DPR Siang Ini

Dia mengatakan kepada Syiah Hizbullah bahwa jika aksi “terorisme” merupakan satu-satu jalan untuk membalas kejahatan kalian, tunggulah aksi-aksi “teroris” selanjutnya, hingga keamanan kembali dirasakan saudara-saudara dan anak-anak kami di Suriah.

Pada 13 Oktober 2014, Sirajuddin Zuraiqat menyerukan serangan anti-Hizbullah dalam serangkaian postingan melalui akun Twitter resminya. Kicauannya juga telah dikumpulkan menjadi satu pernyataan dari pemimpin AAB lainnya.

Dalam pidato berjudul “pemuda kita di Tripoli,” Syaikh Zuraiqat mengatakan bahwa para pemuda harus menyerang milisi dan posisi Syiah Hizbullah, bukan Tentara Lebanon. Hizbullah adalah “dalang” di balik tentara dan dinas keamanan Lebanon. Menurutnya, Hizbullah-lah yang telah merubah pemerintah menjadi penentang Sunni.

“Oleh karena itu, seranglah dalangnya dan jangan disibukan dengan kaki tangannya. Jika kepala hancur, tangan akan lumpuh,” kata Zuraiqat dalam kicauannya yang diterjemahkan oleh The Daily Star.

Seruan Syaikh Zuraiqat untuk melawan Hizbullah konsisten dengan kampanye propaganda anti-Iran yang dilancarkan oleh Jabhah Nusrah, cabang resmi Al-Qaidah di Suriah. Jabhah Nusrah beroperasi di Lebanon dan telah menyerukan kaum Sunni di negara itu untuk bangkit melawan pemerintah Lebanon, Hizbullah dan Iran.

Sirajuddin Zuraiqat dalam sebuah video

Sirajuddin Zuraiqat dalam sebuah video

Pada bulan September, Zuraiqat membahas sandera Lebanon dalam sebuah rekaman audio yang dirilis di dunia maya. Ia menyalahkan setiap orang yang bergabung dengan Tentara Lebanon.

“Jika kalian melawan kaum Sunni, tidak ada di antara kalian dan kami kecuali pedang.” kata Zuraiqat seperti dikutip Al-Akhbar. “Mujahidin menguasai Irak pada hari ini, dan di hari-hari ini mereka juga bisa berada di pusat kota Beirut.” lanjutnya.

Pada 19 November 2014, Sirajuddin mengaku bertanggung jawab atas serangan bom syahid ganda terhadap Kedutaan Besar Iran di Beirut dalam akun twitternya.

Brigade Abdullah Azzam brigade berada di balik serangan terhadap Kedutaan Besar Iran di Beirut,” tulis Syaikh Sirajuddin Zuraiqat.

Sirajuddin juga  mengancam akan melancarkan serangan lebih banyak di Lebanon, hingga Iran menarik pasukannya dari Suriah dan para tahanan Sunni dibebaskan dari penjara Lebanon.

Sampai saat ini, Sirajuddin Zuraiqat tetap gigih memimpin AAB untuk memerangi Syiah Hizbullah yang telah semena-mena menumpahkan darah  kaum muslimin di Lebanon. Segala daya upaya ditempuhnya dengan satu tujuan, yaitu menghancurkan eksistensi Syiah di Lebanon.

 

Penulis : Dhani El_Ashim

Editor: Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Ini Jawaban Amir Baru Imarah Afghanistan bagi Semua yang Membaiatnya

KIBLAT.NET, Afghanistan – Pemimpin baru Imarah Islam Afghanistan, Mullah Akhtar Muhammad Manshur, menyambut seluruh baiat...

Sabtu, 15/08/2015 08:30 1

Indonesia

Dianggap Kembalikan Ideologi Komunis, FUI Tolak RUU KKR

KIBLAT.NET, Jakarta – Selain menolak rencana permintaan maaf Presiden kepada keluarga PKI, Forum Umat Islam...

Sabtu, 15/08/2015 08:00 0

Video Kajian

[Video] Wawancara: Mencari Format Perjuangan Politik Islam Bersama Ust. Abu Rusydan (Bag 3)

KIBLAT.NET- Ketika upaya memperjuangkan Islam lewat parlemen dihadapkan kepada dua fenomena; tuntutan terhadap nash syariat...

Sabtu, 15/08/2015 07:48 0

Afghanistan

Imarah Afghanistan Sambut Baik Baiat Pemimpin Al-Qaidah

KIBLAT.NET, Afghanistan – Imarah Islam Afghanistan (Taliban) menyambut baik baiat pemimpin organisasi Al-Qaidah, Syaikh Aiman...

Sabtu, 15/08/2015 07:12 0

Indonesia

FUI Tolak Rencana Presiden Minta Maaf Kepada PKI

KIBLAT.NET, Jakarta – Dalam sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Partai Komunis Indonesia (PKI)...

Sabtu, 15/08/2015 06:28 0

Amerika

AS Dikabarkan Menghentikan Misi Pelatihan Oposisi Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat dikabarkan berniat menghentikan misi pelatihan militer oposisi Suriah. Kabar ini...

Jum'at, 14/08/2015 21:00 0

Yaman

AQAP Tampakkan Diri dalam Pertempuran di Provinsi Shobwah

KIBLAT.NET, Hadramaut – Organisasi Al-Qaidah Yaman, yang juga dikenal Ansharu Syariah, Rabu malam hingga Kamis...

Jum'at, 14/08/2015 20:00 0

Amerika

AS Sudah Gunakan Pangkalan Militer Turki Luncurkan Serangan Terhadap ISIS

KIBLAT.NET, Ankara – Amerika Serikat pada Rabu (12/8) meluncurkan serangan udara berawak pertama menargetkan kelompok...

Jum'at, 14/08/2015 19:00 0

Pakistan

Pakistan Jatuhi Hukuman Mati 6 Militan Terkait Serangan di Sekolah Militer

KIBLAT.NET, Islamabad – Tentara Pakistan pada hari Kamis (13/08) mengumumkan vonis hukuman mati kepada enam...

Jum'at, 14/08/2015 18:02 0

Indonesia

Kemarau Panjang, ACT Salurkan 200.000 Liter Air Bersih ke Klaten dan Jogja

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kantor Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyalurkan air bersih sebanyak...

Jum'at, 14/08/2015 17:35 0

Close