Didera Kabar Pemimpinnya Terbunuh, Taliban Raih Kemajuan di Helmand

KIBLAT.NET, Helmand – Mujahidin Taliban Afhanistan, Rabu (29/07), mengontrol wilayah baru di provinsi Helmand selatan. Kemenangan ini diraih disaat pemerintah Afghanistan memunculkan rumor pemimpin Taliban, Mulla Umar, meninggal.

Dilansir dari Reuters Arabic, sejumlah pejabat di Helmand mengatakan distrik Nawa Zad direbut gerilyawan Taliban pada Rabu. Terlepasnya distrik itu setelah pasukan pemerintah tidak mampu menghadang serangan Taliban dalam pertempuran dua hari.

“Saat ini, pasukan kami berada di pinggir-pinggir distrik tersebut dan masih bertempur dengan Taliban,” kata Ubaidillah Abaid, juru bicara kepolisian Helmand.

Dia menolak memberikan keterangan kerugian pasukan yang dialami pihaknya. Taliban juga belum mengeluarkan pernyataan.

Sementara itu, menurut keterangan warga Helmand yang dihubungi Reuter, jasad-jasad tergeletak di jalan-jalan setelah pertempuran di dalam kotanya berakhir. Jasad itu terdiri dari polisi dan sebagian pejuang Taliban.

Kemajuan Taliban ini diraih di saat pemerintah Afghanistan mengumumkan Mulla Umar terbunuh. Menurut keterangan pemerintah yang diramaikan banyak media, Mulla Umar sudah meninggal sejak dua atau tiga tahun lalu.

Saling membantah dan menguatkan berita yang dikeluarkan Afghanistan itu masih berlanjut. Sementara Taliban belum mengeluarkan pernyataan resmi.

Sumber: Reuters Arabic
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat