Mantan Ketua GP Ansor: Sibuk Jaga Gereja, Ansor dan Banser Lupa Jaga Ulama dan Masjid

KIBLAT.NET, Tolikara – Tragedi pembakaran Masjid Baitul Muttaqin di Jalan Irian Kecamatan Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua saat kaum Muslimin menunaikan shalat Idul Fitri 1436 H mengejutkan semua pihak.

Tak ketinggalan, Mantan Ketua PP GP Ansor 2005-2010, Khatibul Umam Wiranu ikut ambil suara. Dalam seruannya kepada pimpinan GP Ansor dan Banser, Khatibul Umam menegaskan peristiwa pembakaran tempat ibadah umat Islam ini merupakan perbuatan orang yang tidak senang terhadap Islam.

Ketum GP Anshor sebelum era Nusron Wahid ini juga menyindir Ansor dan Banser yang sibuk jaga gereja saat acara ritual dan kebaktian umat kristiani sampai-sampai melupakan tugas utama menjaga ulama dan masjid.

“Peristiwa pembakaran tempat shalat Idul Fitri oleh siapapun harus jadi instropeksi pemimpin Ansor dan Banser agar tidak lupa akan tujuan pendirian Ansor dan Banser,” ujar Khatibul Umam seperti dilansir dari NUgarislurus.com pada Ahad, (19/07).

Khatibul Umam menyatakan dirinya tidak keberatan Banser menjaga tempat-tempat ibadah non muslim saat mereka menjalankan ibadah dan ritual menurut keyakinannya. Tapi, ia juga minta agar Banser tidak melupakan penjagaan terhadap tempat-tempat ibadah umat Islam.

“Islam ahlussunah wal jamaah telah mengajarkan kepada kita bagaimana seorang muslim bersikap terhadap sesama manusia (ukhuwah basyariyah), sesama orang Islam (ukhuwah Islamiyah), dan sesama warga bangsa (ukhuwah wathoniyah),” tandasnya.

Ia berharap Ansor dan Banser harus tetap mendahulukan tugas utama dan semangat dasar pendirian Banser. Sembari mengingatkan bagian akhir surat Al-Ashr, yang mengandung makna saling menasihati supaya menaati kebenaran dan menetapi kesabaran.

BACA JUGA  Tak Tegakkan Protokol Kesehatan, Kapolda Metro dan Jabar Dicopot

Sebagaimana diketahui, Banser merupakan laskar ormas Nahdlatul Ulama yang kerap menjaga gereja saat perayaan natal. Bahkan, pada tahun 2014 lalu, anggota Banser turut mengawal puncak perayaan natal di Jayapura, Papua.

 

Sumber: NUgarislurus.com

Penulis: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat