Beberapa Negara Gelar Shalat Idul Fitri Hari Sabtu

KIBLAT.NET, Doha – Meski negara-negara Arab dan negara yang dihuni mayoritas Muslim di seluruh dunia melaksanakan shalat Idul Fitri 1436 H pada Jumat (17/07), beberapa negara melaksanakannya pada Sabtu (18/07). Negara itu adalah Pakistan, India dan negara berideologi Syiah Iran.

Seperti dilaporkan Al-Jazeera, puluhan ribu Muslim India menggelar shalat Ied di masjid Agung News Delhi yang terletak di pusat ibukota kota. Masjid itu sendir mampu menampung lebih dari 25 ribu jamaah.

Di Pakistan, umat Muslim juga melaksanakan shalat Idul Fitrik pada Sabtu. Ratusan ribu muslim berbondong-bondong memadati masjid Agung di kota Karachi. Ratusan ribu lainnya juga menggelar shalat Ied di ibukota Islamabad dan sejumlah provinsi lainnya.

Namun ada sedikit pemandangan berbeda pelaksanaan shalat Ied di Pakistan. Pihak berwenang terlihat berjaga-jaga di tengah pelaksanaan hari raya umat Islam itu.

Sebelumnya pemerintah Pakistan memutuskan menambah jumlah pasukan keamanan di kota-kota besar dan kota-kota sensitif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di tengah pelaksanaan hari raya Idul Fitri.

Sementara itu di negara Iran, pemimpin tertinggi Syiah saat ini Ali Khemenei berceramah di hadapan pengikutnya di Teheran.

Sebagaimana diketahui, mayoritas umat Islam di seluruh dunia melaksanakan shalat Idul Fitrik tahun ini pada Jumat lalu. Ratusan ribu umat Islam memadati masjid Haram di Mekah dan masjid Nabawai di Madinah untuk shalat Ied.

Puluhan ribu umat Islam juga menghadiri shalat Ied di masjid Al-Qasha, di kota Al-Quds yang dijajah Israel. Mereka memenuhi masjid kendali diawasi ketat oleh pasukan keamanan Zionis Israel.

Sumber: Al-Jazeera
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat