... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Beginilah Cara Salafushalih Menyikapi Ramadhan yang Telah Berakhir

Foto: ilustrasi

KIBLAT.NET – Bulan Ramadhan yang penuh keberkahan telah berakhir. Siang hari dan malam-malamnya telah beranjak pergi meninggalkan kita semua. Sebuah bulan yang di dalamnya umat Islam berpuasa pada siang hari dan meramaikan masjid dengan shalat di malam harinya sudah mengucapkan salam perpisahan. Ya, Ramadhan, bulan yang begitu banyak rahmat, maghfirah, dan pembebasan dari neraka telah berlalu.

Sebagaimana kedatangan bulan ini memberikan kabar gembira, perpisahan dengannya tentulah menyedihkan jiwa. Perpisahan Ramadhan dengan orang-orang yang beriman adalah layaknya perpisahan seorang kekasih dengan pujaan hatinya, perpisahan yang dikhawatirkan ini adalah pertemuan terakhir dengannya.

Lalu, apakah perpisahan kita dengan Ramadhan layaknya perpisahan seseorang yang lemah perhatiannya dan tidak mengenal ketekunan beribadah ataukah ia layaknya perpisahan para ulil albab dari kalangan hamba Allah?

Merekalah generasi awal dan generasi terbaik umat ini. Mereka menggabungkan kesungguhan dalam beramal dan ketakwaan di dalam hati. Di jiwa mereka terdapat harapan besar agar ibadahnya diterima dan kekhawatiran apakah ia akan tertolak sia-sia.

Para Salafushalih telah merindukan Ramadhan, jauh sebelum kedatangannya. Mereka berdoa kepada Allah agar usia mereka disampaikan kepada Ramadhan sejak 6 bulan sebelum bulan yang mulia ini tiba. Ketika Ramadhan berlalu, selama 6 bulan berikutnya mereka berdoa agar Allah menerima amalan mereka di bulan Ramadhan (Lathaif al-Ma’arif, Hal: 209).

Ekspresi kesedihan sangat terlihat tatkala Ramadhan pergi meninggalkan mereka. Senantiasa wasiat dan nasihat agar tetap tekun beribadah pasca Ramadhan menghiasi hari-hari orang-orang shaleh ini. Demikianlah memang seharusnya seorang muslim, setiap bulan adalah hari-hari ketaatan dan sepanjang rentang usia adalah masa-masa ibadah kepada-Nya.

BACA JUGA  PTUN Jabar Putus Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Tidak Sah

Umar bin Abdul Aziz rahimahullah berangkat dari rumahnya menuju tempat shalat Idul Fitri. Dalam khotbahnya, beliau mengatakan, “Wahai jamaah sekalian, sesungguhnya kalian telah berpuasa selama 30 hari karena Allah. Dan kalian juga telah shalat di malam harinya selama 30 malam. Hari ini kalian keluar, meminta kepada Allah agar berkenan menerima apa yang telah kalian lakukan.”

Di antara mereka (para salaf) ada yang dikatakan kepada mereka, “Sesungguhnya hari Id adalah hari kebahagiaan dan suka cita.” Lalu dijawab, “Benar. Namun, aku adalah seorang hamba, Tuanku memerintahkan aku untuk melakukan suatu pekerjaan. Aku tidak tahu apakah ia menerima apa yang telah aku kerjakan atau tidak.”

Wahab bin Wardi pernah melihat sekelompok orang yang tertawa-tawa di hari Id, lalu ia mengatakan, “Seandainya amalan puasa mereka diterima, maka bukanlah demikian perilaku orang-orang yang bersyukur. Jika amalan mereka belum diterima, maka hal itu bukanlah sikap orang-orang yang takut.”

Dari Hasan al-Bashri, ia mengatakan, “Sesungguhnya Allah menjadikan bulan Ramadhan sebagai arena pacu bagi para hamba-Nya untuk melakukan ketaatan demi meraih rihda-Nya. Ada kelompok yang mereka (cepat dalam pacua) sehingga mendahului, dan mereka memenangkannya. Ada juga yang tertinggal, dan mereka merana. Beruntunglah mereka yang bergembira di hari suksesnya orang-orang yang telah berbuat baik. Dan merugilah orang-orang yang berbuat kejelekan,” kemudian beliau menangis.

BACA JUGA  HNW Ungkap Keanehan Saat UU Ciptaker Dibahas

Saudara-saudaraku, lihatlah para pendahulu kita ini, bagaimana keadaan mereka saat berpisah dengan Ramadhan. Betapa sedihnya mereka dengan perginya bulan yang penuh berkah ini. Yang demikian ini adalah teladan bagi kita semua.

Kita memohon kepada Allah agar menerima amalan puasa dan shalat malam kita, serta amalan-amalan lainnya di bulan Ramadhan ini. Taqobbalallahu minna wa minkum..

 

Oleh: Nurfitri Hadir
Sumber: www.KisahMuslim.com


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Lebanon

Militer Lebanon Sita Drone Diduga Milik Pejuang Suriah

KIBLAT.NET, Arsal – Militer Lebanon mengaku pasukannya telah menyita drone di timur Lembah Bekaa, mereka...

Kamis, 16/07/2015 16:00 0

Mesir

Doakan Agar Penguasa Zalim Dihukum, Syaikh Muhammad Jibril Dilarang Bepergian

KIBLAT.NET, Kairo – Pemerintah Mesir pada hari Rabu (15/07) melarang seorang ulama terkenal untuk melakukan...

Kamis, 16/07/2015 16:00 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Fitri 1436 H: Musibah Terbesar, Hilangnya Kepekaan Umat atas Kesesatan dan Kemungkaran

KIBLAT.NET – Teks khutbah Idul Fitri ini disampaikan oleh: Tengku Azhar, S.Sos.I pada Khutbah Idul Fitri...

Kamis, 16/07/2015 15:31 0

Afghanistan

Pidato Idul Fitri 1436 H dari Mullah Umar yang Menggentarkan Jiwa

KIBLAT.NET – Melalui situs remi Imarah Islam Afghanistan, Amirul Mukminin Mullah Umar merilis pidato Idul Fitri...

Kamis, 16/07/2015 14:31 0

Analisis

Strategi Baru Amerika dan Dampaknya terhadap Al-Qaidah dan ISIS (Bag.1)

KIBLAT.NET – Pasca peristiwa 11 September 2001, Amerika mulai menginvasi dunia Islam dengan segenap kekuatan...

Kamis, 16/07/2015 14:00 0

Suriah

AS-Iran Bersepakat Soal Nuklir, Bashar Assad Ucapkan Selamat pada Khamenei

KIBLAT.NET, Damaskus – Pemimpin rezim Suriah Bashar Assad mengucapkan selamat atas kesepakatan nuklir yang dicapai...

Kamis, 16/07/2015 12:00 0

Suriah

Lawan ISIS, Pasukan Kurdi Suriah Gunakan Anak-anak untuk Berperang

KIBLAT.NET, Kobani – Organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) internasional pada Rabu (15/07) menyatakan bahwa milisi...

Kamis, 16/07/2015 11:22 0

Amerika

Pekan Depan, DK PBB Lakukan Voting Terkait Penghentian Sanksi Iran

KIBLAT.NET, New York – Dewan Kemanan PBB diperkirakan akan melakukan voting terkait resolusi terhadap Iran...

Kamis, 16/07/2015 11:00 0

Indonesia

Sinergi Foundation Sosialisasikan WAZIN Lewat Street Campaign

KIBLAT.NET, Bandung – Sinergi Foundation (SF) sosialisasikan Wakaf, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Wazin) lewat strategi...

Kamis, 16/07/2015 10:30 0

Info Event

Sinergi Foundation Buka Layanan Konsultasi 24 Jam & Jemput Zakat

KIBLAT.NET, Bandung – Di Pengujung Ramadhan 1436 H, yang tinggal hitungan hari, Sinergi Foundation (SF)...

Kamis, 16/07/2015 10:10 0

Close
CLOSE
CLOSE