Syiah Hizbullah Gempur Kota Zabadani, Pedesaan Damaskus

KIBLAT.NET, Damaskus – Milisi Syiah Hizbullah, Rabu (08/07), mengintensifkan serangan ke sejumlah daerah di kota Zabadani, pedesaan Damaskus. Gempuran itu dilakukan setelah mengalami sejumlah kegagalan menyerbu kota penting bagi rezim itu.

Dilaporkan Al-Jazeera, milisi bentukan Iran itu menggempur sejumlah daerah di jalan Urthuz, Kurnisy dan Nabuk di barat Zabadani. Di sisi timur, jalan Sakkah menjadi target milisi Syiah tersebut.

Belum diketahui kerugian yang diderita mujahidin akibat gempuran itu.

Gerakan ofensif Syiah Hizbullah ini terjadi setelah empat anggota mereka kembali tewas dalam pertempuran di kota tersebut. Di antara keempat yang tewas itu merupakan komandan lapangan.

Mujahidin juga dilaporkan sukses menggagalkan gerakan militer Suriah dan milisi Syiah di front Qal’ah Zahra di utara Zabadani. Pertempuran sengit meletus berlangsung antara kedua kekuatan sehingga mengakibatkan korban tewas dan luka-luka di dua kubu.

Jaringan berita langsung Suriah melaporkan, mujahidin menewaskan 13 tentara dan milisi Syiah Hizbullah dalam sejumlah pertempuran di sekitar kota Zabadani. Mujahidin juga sukses merebut pos militer yang sebelumnya dikendalikan militer.

Di sisi lain, senjata udara Suriah menjatuhkan sejumlah birmil ke Zabadani. Bom berbentuk tong itu menimbulkan kebakaran hebat di perkebunan warga.

Militer dan milisi Syiah memulai operasi militer merebut Zabadani pada Jumat lalu. Operasi itu dimulai dengan gempuran udara sengit selama dua hari yang disusul serangan darat.

Kota Zabdani dikontrol mujahidin sejak 2012 lalu. Militer Suriah segera menutup dan menduduki jalan-jalan utama menuju kota tersebut. Akibatnya, kebutuhan pokok tidak bisa masuk ke kota itu sejak setahun lalu.

Zabadani juga kota penting bagi rezim dan Syiah Hizbullah. Jalan internasional yang menghubungkan Damaskus dan Beirut melintas di kota itu.

Sumber: Al-Jazeera
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat