Yayasan Amanatul Ummah Poso Gelar Training Dai Ramadhan

KIBLAT.NET – Bidang Dakwah Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso pada Sabtu, (06/06) mengadakan “Training Dai Ramadhan” di Graha Pemuda Jl. Jend. Sudirman Kelurahan Bonesompe Kabupaten Poso. Sebanyak 36 orang peserta dari berbagai daerah turut hadir dalam kegiatan tersebut. Peserta tersebut berasal dari Poso Kota, Poso Pesisir, Napu dan Malino Morowali.

Acara dimulai pukul 09.20 WITA diawali dengan pemateri pertama oleh Ustadz H. Muhammad Adnan Arsal, S.Ag. Dalam materinya,  H. Adnan menyampaikan bahwa seorang dai harus dapat memberikan contoh suri teladan yang baik, siap mental, berpenampilan menarik dan bersih, iklash tidak berangan-angan mendapat materi.

H. Adnan juga menyampaikan bahwa dakwah harus penuh hikmah agar penerima dakwah tidak terkesan digurui dan tidak menyingung pendengar dengan kasar. “Menyampaikan dakwah itu harus dengan hikmah, berdakwah sasaran utamanya adalah hati nurani pendengar. Seorang da’i harus pandai mengemas materi jangan sampai pendengar merasa tersinggung seperti ditampar,” ujarnya.

Materi kedua merupakan materi Retorika Dakwah yang dibawakan oleh Ustad Yusrin Ichtiwan. Dengan mencontohkan video para dai kondang, Ustad Yusrin menyampaikan bahwa seorang dai harus memperhatikan materi yang disampaikan agar fokus dan pembahasan tepat.

Setelah beberapa materi disampaikan, peserta diberi kesempatan untuk menyusun sebuah materi kultum kemudian tampil di depan untuk menyampaikan kultumnya.

Acara selesai tepat pukul 16.30 WITA diakhiri oleh pemateri ketiga ustad Afif Asy Syuhada, S.Pd.I, MM. Beliau menyampaikan materi Fiqih Dakwah.

BACA JUGA  SKB 6 Kementrian/Lembaga Tak Berlaku Bagi Front Persatuan Islam

Menurut Burhan, Ketua penyelenggara Training Dai Ramadhan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para calon da’i sekaligus menseleksi para calon da’i yang insya Allah akan ditugaskan di beberapa masjid wilayah Kabupaten Poso saat bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah, acara berjalan lancar. Ini adalah seleksi calon da’i yang akan kita tugaskan setelah ini kita akan menjadwalkan safari ramadhan di beberapa masjid untuk para da’i ini,” ungkap Burhan kepada Kiblat.net.

 

Reporter: Ahmad Sutedjo

Editor: Fajar Shadiq

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat