Jaisyul Fath Terus Bergerak Bersihkan Sisa-sisa Rezim di Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Mujahidin Suriah yang tergabung dalam Jaisy Fath di Idlib, Kamis (05/06), bergerak membersihkan sisa-sisa daerah yang dikontrol rezim Suriah di provinsi yang berdekatan dengan basis pengikut Bashar Assad itu. Sejumlah daerah berhasil direbut dan mujahidin terus berupaya meruntuhkan garis pertahanan rezim.

Jabhah Nusrah, salah satu faksi di Jaish Fath, mengumumkan merebut kota Kafr Syalaya dan bukit Saryatil serta kota Sanqarah di dekat kota Muhambal. Daerah-daerah itu merupakan basis terakhir rezim di pedesaan Idlib bagian barat.

Abu Abdullah Al-Nashari, salah satu anggota Jaisy Fath, kepada Al-Jazeera mengatakan bahwa daerah-daerah itu berhasil direbut setelah mujahidin menghujani militer rezim dengan rudal rakitan, Madfa’ Jahannam. Lebih dari lima tank dan sejumlah kendaraan militer hancur akibat pertempuran itu.

Serangan mujahidin juga menghancurkan empat kendaraan militer yang dilengkapi peluncur roket dan senjata berat. Serangan dahsyat itu membuat mental militer Suriah runtuh dan melarikan diri.

Kini, mujahidin berupaya bergerak membebaskan kota Muhambal. Kota yang terletak di perbukitan itu sangat strategis karena memungkinkan menargetkan daerah Sahlu Al-Ghab. Sahlu Al-Ghab dikenal sebagai garis pertahanan rezim Suriah pertama yang melindungi provinsi Lattakia.

Di sisi lain, Abu Abdurrahman As-Suri, anggota Ahrar Syam, mengatakan bahwa mujahidin sedikitnya lagi merebut Muhambal dan kota Sanqul, yang berdekatan. Ia menegaskan, militer rezim hanya memiliki dua pilihan, melarikan diri atau tewas.

BACA JUGA  Banjir Terjang Ratusan Tenda Pengungsi Suriah di Idlib

Sumber: Al-Jazeera
Penulis: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat